Latest Entries »

Ilustrasi (Antara/Ari Bowo Sucipto)Ilustrasi (Antara/Ari Bowo Sucipto)

Habis. Tamat. Tak ada lagi yang bisa dibanggakan dari Liga Indonesia – baik yang super (ISL) maupun utama (DU). Masalah praktik utang gaji tanpa kejelasan pelunasan, bahkan ada pula hingga pemain asing tutup usia, kematian suporter, dan kini dilengkapi pertandingan akal-akalan. Hanya untuk menghindari lawan tertentu, para pemain di dua klub rela menjatuhkan martabatnya sedemikian rupa.

Insiden menyedihkan itu terjadi dalam partai PSS Sleman vs PSIS Semarang (3-2) di Yogyakarta pada 8 Besar Divisi Utama 2014 hari Minggu (26/10). Lima gol pada pertandingan itu tercipta lewat bunuh diri. Semua gol juga bukan datang dari permainan layaknya sebuah pertandingan. Orang teringat pada insiden “sepak bola gajah” Indonesia di Piala Tiger 1998. Andai gajah bisa bicara, dia pasti marah. Dia pasti tersinggung karena sosoknya tinggi besar. Sedangkan “pertandingan” seperti di atas justru memalukan dan kerdil. Lebih baik sebut “sepak bola tikus” meski binatang pengerat ini tak pernah main bola.

Setiap kompetisi memang punya masalah masing-masing. Tapi mungkin Liga Indonesia salah satu, jika bukan satu-satunya, yang level masalahnya begitu laten. Ironisnya, terkesan tak ada upaya perbaikan dari pengelola dan pihak terkait. Stakeholder sepak bola nasional tak bisa lagi (pura-pura) menutup mata bahwa kompetisi profesional, baik ISL maupun Divisi Utama memang sangat bermasalah.

Liga Indonesia bukan kompetisi yang disiapkan menjadi baik. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang sedang naik daun itu mengatakan, segala sesuatu harus disiapkan untuk mengantisipasi masalah (prepare to anticipate). Lalu bagaimana mungkin kompetisi sekelas Liga Indonesia senilai minimal Rp800 miliar dijalankan seadanya tanpa konsep dan visi jelas. Jangan-jangan kompetisi sekelas antarkampung (tarkam) atau galadesa justru punya manajemen lebih baik. Uniknya, meski cacat tak karuan, Liga Indonesia jarang mogok di tengah jalan. Ajaib. View full article »

KOMPAS/FRANS SARTONOSroto sokaraja yang aromanya saja sudah bikin orang bergairah menyantap.

JAKARTA adalah ibu kota soto-soto. Varian soto berkumpul di sini. Salah satunya adalah sroto sokaraja. Soto versi Banyumas ini bergabung dengan rekan sebangsanya, yaitu soto betawi, soto madura, coto makassar, soto lamongan, soto padang, soto bandung, soto banjar, dan lain-lain.

Di Jakarta, sroto sokaraja bisa dinikmati, salah satunya, di Sroto Eling-eling, kawasan Tebet, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Abdullah Syafei dan Jalan Tebet Utara I. Keduanya dikelola oleh Sukimin (70) yang memang berasal dari ”kampungnya” sroto, yaitu Desa Kanding, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Itulah mengapa pada papan nama rumah makannya Sukimin perlu menunjukkan otentisitas sroto: Sroto & Mendoan Eling-eling Asli Banyumas-Sokaraja.

Berbeda dengan varian soto lain, sroto menggunakan kacang tanah tumbuk sebagai campurannya. Si kacang inilah yang menjadikan sang sroto berkuah bening itu terasa gurih dan segar. Ada pilihan daging ayam, daging sapi, atau campuran keduanya. Semua sama-sama membekaskan rasa gurih segar. Kegurihan terasa khas kala kacang tanah tumbuk itu berpadu dengan kaldu ayam atau kaldu daging sapi. Ditambah remukan kerupuk merah dan taoge, semangkuk sroto terasa mantap di lidah. View full article »

Di tahun 1960, Sukarno bikin gempar perusahaan minyak asing, dia panggil Djuanda, dan suruh bikin susunan soal konsesi minyak “Kamu tau, sejak 1932 aku berpidato di depan Landraad soal modal asing ini? soal bagaimana perkebunan-perkebunan itu dikuasai mereka, jadi Indonesia ini tidak hanya berhadapan dengan kolonialisme tapi berhadapan dengan modal asing yang memperbudak bangsa Indonesia, saya ingin modal asing ini dihentiken, dihancurleburken dengan kekuatan rakyat, kekuatan bangsa sendiri, bangsaku harus bisa maju, harus berdaulat di segala bidang, apalagi minyak kita punya, coba kau susun sebuah regulasi agar bangsa ini merdeka dalam pengelolaan minyak” urai Sukarno di depan Djuanda.

Lalu tak lama kemudian Djuanda menyusun surat yang kemudian ditandangani Sukarno. Surat itu kemudian dikenal UU No. 44/tahun 1960. isi dari UU itu amat luar biasa dan memukul MNC (Multi National Corporation). “Seluruh Minyak dan Gas Alam dilakukan negara atau perusahaan negara”.

Inilah yang kemudian menjadi titik pangkal kebencian kaum pemodal asing pada Sukarno, Sukarno jadi sasaran pembunuhan dan orang yang paling diincar bunuh nomor satu di Asia. Tapi Sukarno tak gentar, di sebuah pertemuan para Jenderal-Jenderalnya Sukarno berkata “Buat apa memerdekakan bangsaku, bila bangsaku hanya tetap jadi budak bagi asing, jangan dengarken asing, jangan mau dicekoki Keynes, Indonesia untuk bangsa Indonesia”.

Ketika laporan intelijen melapori bahwa Sukarno tidak disukai atas UU No. 44 tahun 1960 itu Sukarno malah memerintahkan ajudannya untuk membawa paksa seluruh direktur perusahaan asing ke Istana. Mereka takut pada ancaman Sukarno. Dan diam ketakutan. View full article »

Kalimat Sumpah Pemuda Acuan Saat Ini Ditengarai Palsu

Ada lagi fakta tersembunyi dari Sumpah Pemuda. Sebuah tulisan apik Ruslan Jusuf, seorang Kompasianer di Kolom Opini Kompasiana menyajikan fakta yang selama ini tersembunyi. Melaui tulisannya setahun lalu, Ruslan mengemukakan beberapa fakta yang ia kumpulkan dari berbagai literatur. Berikut tulisannya dikutip dari akun Kompasiana miliknya.

TEPAT pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2013, ”Kongres Pemoeda-Pemoeda Indonesia”. Hasil rapat ini diberi judul ”Poetoesan Congress Pemoeda-pemoeda Indonesia,” yang di kemudian hari ”diganti” judulnya menjadi ”Soempah Pemoeda” oleh Muhammad Yamin. Bila mengacu pada dokumen asli, pemuda Indonesia tidak pernah bersumpah pada tahun 1928 silam. Rapat yang digagas selama dua hari (27 – 28 Oktober 1928) oleh Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) saat Kongres pemuda II di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Jakarta, hanya menghasilkan suatu ”putusan”. Lantas, bagaimana perubahan judul sekaligus isi putusan menjadi Sumpah Pemuda?

Menurut Peneliti Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial (Pussis), Universitas Negeri Medan (Unimed), Erond Damanik, menerangkan bahwa telah terjadi rekayasa sejarah terhadap peristiwa yang hingga kini dikenal sebagai ”Sumpah Pemuda”.

Perubahan kata ”Putusan Kongres” menjadi ”Sumpah Pemuda,” berawal dari dari Kongres Bahasa Indonesia Kedua yang diadakan di Medan pada 28 Oktober 1954. Erond menuturkan bahwa Yamin berperan penting dalam pembelokan kata Putusan Kongres. Dengan lihai ia merumuskan skenario baru terhadap judul beserta isi Putusan Kongres Pemuda-pemuda Indonesia. View full article »

Tersebar foto yang diklaim sebagai admin FP Komunitas Anti Islam yang meresahkan

FP Komunitas Anti Islam dan foto orang yang disebut-sebut sebagai adminnya.

Komunitas Anti Islam merupakan sebuah halaman facebook yang berisi pernyataan-pernyataan kebencian dan peghinaan terhadap Islam. Dalam keterangan halaman kontroversial itu, si admin bahkan mengklaim: ISLAM ITU AGAMA SESAT, TIDAK ADA KEBENARAN DI DALAMNYA. HANYA TEMPAT IBLIS BERNAUNG.

Halaman yang bergabung dengan facebook sejak 9 Juni 2008 lalu dan diikuti oleh lebih dari 11.000 likers itu kerap menafsirkan ayat Al-Qur’an dan hadist nabi secara serampangan dan penuh kesesatan.

Screecshoot FP Komunitas Anti Islam

Dalam salah satu postingnya, mereka bahkan menghina Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan menampilkan gambar seekor anjing yang dipakaikan baju dan sorban putih. Dengan penuh kedengkian, mereka mengatakan, “Harusnya nabi orang islam itu tuh ini.. soalnya islam itu senangnya berkoar-koar.. penuh kekrasan.. gak ada toleransi buat sesama manusia… islam memang agama ***.” Innalillahi wa inna ilaihi raji’un.

Belakangan ini, sejumlah pengguna facebook yang semakin geram terhadap perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab di balik halaman itu menyeru agar semua orang yang benar-benar memahami makna toleransi beragama untuk segera melaporkan halaman itu. View full article »

Punya Vokalis Cewek Unyu, Killing Me Inside Tetap Cadas!

 

Punya Vokalis Cewek Unyu, Killing Me Inside Tetap Cadas!

Killing Me Inside ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

 

Kehilangan sosok seorang vokalis merupakan sebuah ujian berat bagi keberlangsungan sebuah band. Peran band yang sudah terlanjur terwakili oleh sang frontman tak jarang membuat pamor band tersebut menurun.

Namun Killing Me Inside tak ingin terpuruk setelah kepergian Onad, sosok yang selama ini jadi andalan mereka. Merekrut penyanyi cantikVira Razak, band beraliran modern rock dan emo ini optimis masih bisa bersaing di kancah musik tanah air.

Kendati diperkuat oleh vokalis unyu nan cantik, gitaris Killms,Jo menegaskan takkan mengubah musik mereka selama ini. Sebagai band penganut musik keras, mereka berharap kehadiran Vira bisa memberikan sentuhan baru tanpa menghilangkan karakter mereka.

Killms tetap cadas meski punya vokalis unyu ©KapanLagi.com/Agus Apriyantoo

“Biar vokalis perempuan, kami tetap cadas ya. Basic-nya kita kan 2 vokal, satu lagi si Rudi biasanya kalau scream,” ungkap Jo saat ditemui di acara Indonesia’a Hottest Music & Street Fashion Festival 2014, di FX Mall, Jakarta Pusat, Selasa (14/10).

Bergabungnya Vira memang tak serta merta mendapat respon positif dari fans setia Killing Me Inside. Hal ini disadari benar oleh Jo dan kawan-kawan. Perlahan mereka berusaha buktikan bahwa formasi anyar mereka bakal lebih menjanjikan.

“Kita nggak bisa maksain, kalau ada yang suka vokalis lama yaudah, tapi banyak juga yang support dengan format baru,” pungkas Jo. View full article »

  • kecelakaan

 

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan raya Ajibarang-Wangon tepatnya di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Banyumas Jawa Tengah, Kamis (16/10) sore. Peristiwa terjadi karena sebuah truk pengangkut barang rongsok menabrak 7 motor dan 3 mobil sehingga menyebabkan satu pengendara sepeda motor dan 10 orang lainnya alami luka-luka.

Kecelakaan ini berawal dari truk pengangkut barang rongsok bernomor polisi N 8401 UA yang melaju dari arah Purwokerto menuju Semarang melalui jalur pantura alami rem blong saat berada di jalan menurun. Kondisi tersebut menyebabkan sang sopir, Poniji (52) tidak bisa mengendalikan kendaraan bermuatan penuh tersebut sejauh satu kilometer. Akibatnya, truk menabrak beberapa motor, dua mobil boks serta mobil Avanza.

Tidak hanya kendaraan tersebut, truk juga menerjang dua teras rumah, satu tiang listrik dan akhirnya berhenti setelah menabrak tumpukan genteng di halaman rumah warga setempat. Seorang saksi mata, Aji Susanto mengatakan, truk sempat terlihat oleng sejak pertigaan lampu merah Ajibarang.

“Sekitar satu kilometer truknya meluncur, bahkan di sini sudah menabrak tiga motor dan mobil boks,” ujarnya di lokasi kejadian.

Sementara itu, seorang pemilik rumah, Maksum (60) mengemukakan, saat kejadian dirinya sedang menutup tumpukan genteng yang siap jual di halaman rumah. Kemudian, dia mendengar banyak orang berteriak serta klakson dari arah jalan raya. Tak lama kemudian, truk menabrak tumpukan genteng yang berada di halaman rumahnya. “Saya hanya dengar orang teriak awas-awas dan saat itu juga saya melihat truk oleng dan langsung menabrak genteng,” ujarnya.

Setelah kejadian tersebut, sopir truk, Poniji langsung diamankan warga sekitar. Menurut pengakuan Poniji, truk yang dikemudikannya alami rem blong sebelum memasuki Ajibarang. “Remnya sudah mulai blong di turunan Munggangsari. Karena itu saat ada lampu merah, akhirnya saya belok kiri. Ternyata malah jalannya turunan lagi,” ungkapnya. View full article »

KPI Berhentikan Sinetron “Ganteng-ganteng Serigala”

KPI Berhentikan Sinetron "Ganteng-ganteng Serigala"

“Ganteng-ganteng Serigala” live saat HUT SCTV ke-24 (SenoSusanto/BION)

KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menjatuhkan sanksi serius untuk sinetron Ganteng-ganteng Serigala (GGS).

Sinetron yang tayang di SCTV itu mendapat sanksi pemberhentian sementara selama tiga (3) hari berturut-turut, yaitu tanggal 21, 22 dan 23 Oktober.

KPI memberikan sanksi tersebut karena ditemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) pada tayangan 16 Agustus 2014.

KPI menemukan pada episode tersebut, ada karakter remaja perempuan melompat ke dalam api. KPI juga mendapati adegan remaja laki-laki dan perempuan berseragam sekolah berpelukan di lingkungan sekolah.

Sebelumnya, KPI menemukan adanya adegan siswa dan siswi berpelukan di sekolah pada tayangan tanggal 30 Mei 2014.

Dilansir situs resminya, KPI Pusat menilai bahwa inti cerita program sinetron GGS tidak mengandung nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan dan budi pekerti. View full article »

Dok. GoalSpanduk yang menyerukan bahwa Catalunya bukanlah bagian dari Spanyol.

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (LFP), Javier Tebas, mengatakan, Barcelona terancam tidak akan bermain di Primera Division jika Catalunya memisahkan diri dari Spanyol.
Catalunya memang sejak lama memperjuangkan kemerdekaannya dan selalu merasa bahwa mereka bukan bagian dari Spanyol. Oleh karena itu, mereka memiliki bahasa dan bendera sendiri.Barca dijadikan simbol rakyat Catalunya untuk merepresentasikan identitas mereka sebagai sebuah bangsa. Saat ini di Catalunya ada dua klub yaitu Barcelona dan Espanyol yang berkompetisi di Primera Division.

“Jika Catalunya merdeka, dengan mempertimbangkan Undang-Undang Olahraga yang berlaku di seluruh Spanyol, maka Barcelona tidak akan diizinkan untuk bermain (di Primera Division),” ungkap Tebas. View full article »

PM Xanana Ingin Timor Leste Gabung RI, Ini Tanggapan Jokowi

 

Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan keinginannya agar negaranya kembali bergabung dengan pemerintah Indonesia setelah berpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama 15 tahun. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Xanana saat mengikuti acara HUT TNI di Surabaya, Jawa Timur, Selasa 7 Oktober lalu.

Menanggapi pernyataan tersebut, presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) yang sempat bertemu dengan Xanana dalam acara yang sama mengaku tidak tahu pemimpin Timur Leste berkata demikian. Ia mengaku bertemu dan sempat berbincang dengan mantan aktivis pembebasan Timor Leste itu, namun tidak membicarakan terkait keinginannya kembali bergabung dengan Indonesia.

“Saya ketemu kok di Surabaya, ya ketemu, ngobrol, tanya kabarnya gimana? Timor Leste gimana kabarnya.  Cerita nggak banyak sih, kalau soal itu (keinginan bergabung dengan RI) saya nggak denger‎,” ucap Jokowi.

Setelah disebut kalau Xanana secara terang-terangan menginginkan agar negaranya kembali ke pangkuan ibu pertiwi, Jokowi pun mencoba untuk mengingat-ingat kembali, apakah Xanana pernah berkata demikian. View full article »

Satanisme dapat diartikan sebagai penyembahan setan dan menjadikannya sebagai Tuhan. Gerakan sesat ini memiliki ajaran melaksanakan hal-hal jahat, buruk dan negatif yang oleh agama dianggap berdosa. Satanisme juga menerima setan sebagai lambang kejahatan, sebagai pemimpin dan sebagai pembimbing. Namun secara singkat, sejatinya Satanisme adalah aliran melawan agama.

Sekte dari Kuil Sesat mengajarkan – yang menurut mereka adalah “kepercayaan” yang berarti “agama” juga – yaitu aliran sesat dari sekte setan atau The Satanic Temple.

Pihak kuil dari sekte beraliran satanis itu telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan pamflet tentang ajaran Setanisme kepada siswa-siswa di Orange County, Florida, dalam menanggapi keputusan dewan sekolah yang pada masa sekarang telah membolehkan bahan-bahan dan materi agama dapat disebarluaskan di sekolah umum.

Menurut siaran pers resmi, diantara bahan-bahan yang ditetapkan untuk didistribusikan adalah itu adalah pamflet berupa materi filsafat satanisme, prinsip setanisme, praktek satanisme dan ajaran Satanic Temple itu sendiri, serta informasi tentang hak hukum untuk berlatih Setanisme di sekolah.

Jadi, sekte itu juga memberitahukan kepada anak-anak sekolah tentang hak-hak hukum mereka untuk dapat memilih dan belajar aliran kepercayaan apapun, termasuk juga tentang aliran Setanisme. View full article »

Menyibak Misteri Salakanegara

 

Selama ini pelajaran Sejarah di sekolah2 selalu menyampaikan bahwa kerajaan tertua/pertama di Nusantara adalah Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur. Ternyata fakta tersebut terbantahkan dengan ditemukannya situs-situs purbakala di Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten, seperti situs Salakanagara, Pulosari, dan Batu Gaong Citaman.

Salakanagara, berdasarkan Naskah Wangsakerta – Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara(yang disusun sebuah panitia dengan ketuanya Pangeran Wangsakerta) diperkirakan merupakan kerajaan paling awal yang ada di Nusantara. Nama ahli dan sejarawan yang membuktikan bahwa tatar Banten memiliki nilai-nilai sejarah yang tinggi, antara lain adalah Husein Djajadiningrat, Tb. H. Achmad, Hasan Mu’arif Ambary, Halwany Michrob dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu banyak pula temuan-temuan mereka disusun dalam tulisan-tulisan, ulasan-ulasan maupun dalam buku. Belum lagi nama-nama seperti John Miksic, Takashi, Atja, Saleh Danasasmita, Yoseph Iskandar, Claude Guillot, Ayatrohaedi, Wishnu Handoko dan lain-lain yang menambah wawasan mengenai Banten menjadi tambah luas dan terbuka dengan karya-karyanya dibuat baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggeris. View full article »

Nagaland – Sudah pernah dengar nama Suku Konyak? Suku ini ada di Nagaland yang merupakan perbatasan India dan Myanmar. Para pria di sana punya ciri khas dengan tato di wajah dan dikenal sebagai pemburu kepala!

Salah satu alasan traveler menjelajahi berbagai negara di dunia adalah untuk bertemu suku-suku. Sebabnya, tiap suku memiliki tradisi dan kebudayaan yang khas. Salah satu suku yang menarik di datangi di dunia yakni Suku Koyak.

Dilansir dari BBC Travel, Selasa (30/9/2014) Suku Koyak merupakan satu dari 16 suku yang menempati kawasan Nagaland. Mereka tinggal di Desa Koyak yang ada di atas bukit dan seolah terpencil.

Para pria Suku Koyak bakal bikin Anda geleng-geleng kepala. Jika suku lainnya di dunia membuat tato di bagian tubuh seperti punggung, dada atau tangan, maka mereka membuat tato di wajah!

Tato para pria Suku Koyak tentu bukan sembarangan. Para pria Suku Koyak yang memiliki tato di wajah adalah prajurit perang. Mereka bertugas untuk melindungi desa dari serangan musuh, baik dari binatang buas atau suku-suku lain. Para pria Suku Koyak pun tak tanggung-tanggung ketika menyerang musuh. Mereka dikenal ganas dan bakal mengambil kepalanya untuk dijadikan sebagai bukti kemenangan. Ngeri! View full article »

Mungkin tidak ada orang yang membayangkan jika Nauru, negara kepulauan kecil yang berjarak 4 ribu KM dari Sydney Australia ini, dulunya merupakan negara makmur yang membuat cemburu seluruh dunia. Namun kini, Nauru hanyalah sebuah negara yang sekitar 75 persen wilayahnya sudah tidak layak huni.

Seperti dikutip news.com, kekayaan Nauru bermula saat ditemukannya fosfat atau pupuk yang berasal dari kotoran burung yang berumur lebih dari seribu tahun pada tahun 1960-an. Penemuan tersebut yang kemudian mengundang perusahaan asing untuk membuat tambang di negara tersebut untuk kemudian mengeruk semua persedian fosfat yang ada. Pada era kejayaan fosfat, Nauru adalah negara dengan pendapatan per kapita pendudukan paling tinggi di dunia.

Namun, penemuan sumber daya baru tersebut membuat masyarakat Nauru terlena. Banyak dari mereka yang menghabiskan uang yang dimiliki untuk sesuatu yang tidak mereka butuhkan.

Setelah fosfat yang terkandung di dalam perut bumi Nauru habis, perekonomian negara yang berada di Pasifik tersebut menjadi negara miskin. Bahkan Nauru harus berutang kepada Australia untuk bisa menjalankan pemerintahan. Nauru juga bergantung impor dari negara-negara seperti Australia, India dan Indonesia.

Berikut kisah Nauru, negara terkaya di dunia yang kemudian miskin karena sifat foya-foya warganya:

1. Kaya karena kotoran burung

Penemuan fosil kotoran burung yang berusia lebih dari seribu tahun telah mengubah negara ini selamanya. Pupuk kompos alami itu telah memicu pembuatan tambang pertama oleh perusahaan asing. View full article »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.587 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: