Foto : Nakoula (kiri) bersama Gurji (nick stern)

Untuk pertama kalinya, wajah sutradara film kontroversi Innocent of Muslims, Nakoula Basseley Nakoula, muncul di publik. Dalam foto yang baru saja muncul, pria berusia 55 tahun itu terlihat sedang duduk di samping aktris bernama Anna Gurji.

Pria yang juga dikenal dengan nama Sam Bacile itu sedang menjalani pemeriksaan oleh polisi di Amerika Serikat (AS). Meski demikian, Nakoula tidak ditahan di penjara. Pria itu juga bersedia untuk menjalani pemeriksaan.

Nakoula adalah seorang warga Kristen Koptik Mesir yang saat ini tinggal di California. Pria itu sempat menjadi terdakwa atas kasus narkoba dan sempat mendekam di penjara pada 2011 lalu. Demikian, seperti diberitakan Daily Mail, Minggu (16/9/2012).

Selain kasus narkoba, Nakoula juga dikabarkan terlibat dalam skandal bank pada 2010 lalu. Namun Nakoula dibebaskan pada Juni 2011. Sebelumnya, pria itu difoto tanpa menunjukkan wajahnya, pada saat digiring oleh kepolisian. Namun saat ini, media pun berhasil mempublikasikan foto Nakoula.

Dalam foto itu, Nakoula terlihat sedang duduk dengan Anna Gurji, aktris yang ada di film Innocent of Muslims. Gurji berperan sebagai istri Nabi Muhammad merasakan ketakutan dengan insiden itu. Gurji sendiri tidak tahu menau tentang perubahan naskah film itu.

“Saya berperan sebagai pengantin muda dari seorang pria bernama George. Saya pun tidak tahu mengapa nama George diubah dengan nama Muhammad. Saya mengurung diri di rumah saya, saya takut warga di Timur Tengah akan menyalahkan saya,” ujar Gurji.

Gurji menambahkan kembali bahwa saat itu, dirinya berperan sebagai perempuan yang bernama Hilary. Film itu sendiri merupakan cerita di mana komet jatuh ke wilayah Timur Tengah, shooting film itu juga menggunakan layar hijau dan sangat murah.