Sukiat memberi pengarahan siswa saat merakit mobil.

Mobil Kiat Esemka kini berkibar seantero Nusantara. Tapi, tahukah Anda di balik kesuksesan mobil ini ternyata ada seseorang yang bersahaja.

Sukiyat namanya. Dialah sosok penting di balik terciptanya mobil karya anak bangsa itu. Kiat Esemka pun diambil dari nama Sukiyat yang juga pemilik bengkel Kiat Motor di Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah.Ide pembuatan mobil Kiat Esemka muncul pertengahan 2008 lalu. Bersama SMK Negeri I Trucuk, Klaten, perakitan mobil terus dilakukan secara bertahap hingga akhirnya Sukiyat menggandeng 15 SMK di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jakarta untuk bersama merakit mobil tersebut.

Tujuan Sukiyat sederhana saja. Ia ingin mendidik siswa SMK agar mahir merakit mobil dan nantinya bisa mandiri. “Pertama, untuk pembelajaraan anak-anak SMK agar bisa tahu bagaimana merakit mobil,” kata Sukiyat, baru-baru ini. “Agar anak-anak SMK bisa mandiri.”

Perjalanan hidup Sukiyat menuju kesuksesan saat ini ternyata juga banyak liku-likunya. Maklum, ia adalah seorang difabel atau penyandang cacat. Namun, siapa sangka, meski fisiknya terbatas, mantan tukang tambal ban yang kini dijuluki Henry Ford dari Klaten ini sukses memajukan mobil nasional.

Berawal dari niat sederhana, kini Kiat Esemka jadi buruan. Mulai pejabat, artis hingga tokoh politik berloma-lomba memesan mobil karya anak bangsa ini.

http://otomotif.liputan6.com/read/371726/sukiyat-pelopor-mobil-kiat-esemka