Habis nonton doraemon di tivi, membuat saya mau buat tulisan tentang doraemon nih😀.

Siapa yang belum pernah nonton doraemon? Pasti hampir semua orang baik dewasa maupun anak-anak pernah nonton doraemon. Kalau ada yang belum pernah nonton, berarti dia ga punya tivi di rumahnya…hehehe. Gimana enggak, doraemon selalu setia tayang pada hari minggu jam 8 pagi di RCTI.

Ngomongin doraemon, pasti sudah pada tau siapa aja tokoh yang ada di serial kartun doraemon. Selain doraemon itu sendiri yang jadi tokoh utamanya, ada juga nobita, shizuka, suneo dan giant. Mereka selalu tampil di setiap episode cerita doraemon. Tokoh lain yang sering muncul juga ada, seperti ibu nobita, bapak nobita, pak guru, dorami, jaiko, dekisugi dll (coba sebutin lagi satu-satu :p).

Ngomongin soal garis besar ceritanya nih, doraemon itu dikirim dari abad ke-22 ke masa nobita hidup oleh cicit nobita, yaitu sewashi, untuk memperbaiki kehidupan nobita agar merasakan kehidupan yang lebih baik. Soalnya dalam kehidupan aslinya (tanpa dibantu doraemon), nobita selalu gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam karier, dan meninggalkan keluarganya dengan masalah finansial. Begitu kira-kira garis besar ceritanya :p.

Pokoknya, si doraemon itu datang buat menolong nobita dengan kantung ajaib yang dimilikinya. Nah, di dalam kantung ajaib itu akan keluar berupa alat-alat canggih sesuai dengan permintaan nobita kepada doraemon. Sudah pada tau juga kan, alat-alat canggih itu apa? Kalau belum tau nih saya kasih tau contohnya seperti pintu kemana saja, baling-baling bambu, mesin waktu, selimut waktu, lingkaran penembus dll😀.

Tau ga kapan doraemon itu tayang di tivi Indonesia? Karakter kartun populer buatan Fujiko F. Fujio ini sebenarnya udah lama loh ada di tivi kita. Tahun 1974 (saya belum lahir nih hehhehe), doraemon sudah tayang di TVRI Yogyakarta tiap senin sampai jumat jam 6 pagi. Terus pernah juga tayang di TVRI nasional tahun 1979 sampai 1989 jam 7 pagi setiap hari. Nah, kalau sekarang ini kan kita sering liat di RCTI, itu sebenarnya juga sudah dari tahun 1989 sampai sekarang. Doraemon juga ga cuma tayang secara reguler di tivi loh, udah pernah kan teman-teman nonton versi movie-nya doraemon? Kalau belum, silahkan cari cd/dvdnya atau bisa juga download di beberapa website yang menyediakan film-film doraemon hehehe…

Walaupun banyak serial kartun bermunculan di tivi kita akhir-akhir ini, seperti naruto, digimon, dragon ball, avatar dll, saya masih menjadi penonton setia doraemon. Padahal kalau dilihat dari segi umur, saya bukan anak-anak lagi😀, tapi kenapa orang yang sudah “gede” seperti saya masih suka nonton kartun begituan😀. Bagi saya doraemon itu bukan cuma tontonan kartun untuk menghibur aja. Padahal kalau kita teliti, jalan cerita doraemon pasti sudah bisa ditebak. Paling ga ceritanya kaya gini: nobita yang punya masalah lalu datang ke doraemon untuk minta alat, doraemon lalu memberinya, dan pasti ada akibat yang ditimbulkan akibat nobita ceroboh dalam menggunakan alat doraemon itu. Yang paling saya suka adalah saat doraemon mengeluarkan alat-alat yang baru untuk nobita. Tapi entah kenapa, disitulah daya tariknya menurut saya. Barangkali saya & mungkin juga teman-teman selalu berimajinasi seandainya kita mempunyai alat doraemon dalam kehidupan nyata. Wah, pasti membuat kita semakin keasyikan ya hehehe…

Banyak cerita menarik tentang doraemon, mulai cerita senang, sedih, bahagia, haru, cerita tentang pertemanan, cerita tentang tolong-menolong terhadap sesama juga ada di dalam cerita doraemon. Dari beberapa cerita itu mungkin kita bisa mengambil makna yang ada dalam serial doraemon. Doraemon setidaknya memberi kita pelajaran seperti ini, kalau dalam hidup ini kita mesti bekerja keras, ga cuma mau enaknya aja, kalau mau yang serba instan pasti ada akibat yang akan ditimbulkan. Semuanya butuh proses & berkesinambungan, ga cuma datang sesaat (instan). Kira-kira begitu hikmah yang saya ambil dari saya nonton doraemon. Barangkali teman-teman setuju? atau bahkan tidak sama sekali? hehehe.. berbeda boleh saja tergantung penafsiran & penilaian pribadi masing-masing😀.

Oia kalau teman-teman mau tau tentang doraemon lebih lanjut, bisa mengunjungi beberapa website yang jadi acuan untuk mencari info-info tentang doraemon. Seperti,

http://id.wikipedia.org/wiki/Doraemon

atau website resminya doraemon di

http://www.dora-world.com/atau http://www.dora-movie.com/.

Terima kasih. Salam.

http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2012/04/08/doraemon-bukan-sekadar-kartun/