Pesawat Malaysia Airlines MH 17 Jatuh di Ukraina

TRIBUN-MEDAN.com, KIEV — Sebuah pesawat terbang milik Malaysia Airlines dikabarkan jatuh di Ukraina. Demikian sejumlah sumber penerbangan yang dikutip kantor berita Rusia, Interfax, Kamis (17/7/2014).

Pesawat tersebut, yang tengah menjalani rute dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, mengangkut 295 orang di dalamnya, diperkirakan jatuh di dekat perbatasan Ukraina dan Rusia.

Seorang juru bicara Malaysia Airlines membenarkan telah terjadi “sebuah insiden” terhadap salah satu pesawatnya dan akan mengeluarkan pernyataan resmi dalam waktu singkat.

Pesawat terbang yang jatuh itu diyakini sebuah Boeing 777 dengan nomor penerbangan MH17, yang meninggalkan Amsterdam, Belanda pada pukul 12.14 waktu setempat atau kira-kira pukul 19.14 WIB.

Pesawat itu sedang terbang dekat kota Shaktarsk di wilayah Donetsk yang dikuasi pemberontak pro-Rusia, ketika hilang dari radar dan tim penolong sedang menuju ke wilayah itu.

Mendagri Ukraina: 295 Penumpang Pesawat Malaysia Tewas

Mendagri Ukraina: 295 Penumpang Pesawat Malaysia Tewas
Pesawat Malaysia Airlines MH17 Ditembak jatuh di perbatasan Rusia dan Ukraina

TRIBUN-MEDAN.COM – Pesawat milik maskapai Malaysia Airlines MH-17 ditembak jatuh oleh militan di sebelah timur Ukraina, Kamis (17/7/2014), dan menewaskan 295 penumpangnya.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina seperti dikutip oleh kantor berita Interfax-Ukraina.

Seperti dikutip Reuters, sumber-sumber lain mengatakan Boeing 777-200 yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur, itu turun dekat kota Donetsk.

Anggota pemberontak pro-Rusia, Anton Gerashchenko, mengatakan, pesawat tersebut terkena rudal darat ke udara. Tidak ada konfirmasi soal laporan itu. Yang terang, para pejabat Ukraina mengatakan warga setempat telah menemukan puing-puing pesawat.

Pada Twitter feed, Malaysia Airlines mengatakan telah kehilangan kontak dengan penerbangannya MH-17 dari Amsterdam. “Posisi terakhir yang diketahui adalah atas wilayah udara Ukraina,” katanya.

“Sebuah pesawat sipil perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur baru saja ditembak jatuh oleh sistem antipesawat. Sebanyak 280 penumpang dan 15 awak tewas,” kata Gerashchenko seperti dikutip Reuters.

Interfax-Ukraina mengutip pejabat lain Ukraina mengatakan pesawat hilang dari radar ketika terbang pada 10 ribu meter atau 33 ribu kaki, sebuah jelajah ketinggian khas untuk pesawat.

 

100 Jenazah Ditemukan Dekat Lokasi Jatuhnya Malaysia Airlines MH17

100 Jenazah Ditemukan Dekat Lokasi Jatuhnya Malaysia Airlines MH17
Gambar puing di-capture dari siaran langsung Russian TV diunggah lewat akun Twitter terverifikasi @Mashable, Kamis (17/7/2014)

TRIBUN-MEDAN.com, KIEV – Sekitar 100-an jenazah dan serpihan sayap pesawat dengan warha khas Malaysia Airlines ditemukan di dekat kota Grabovo. Demikian dilaporkan koresponden Reuters di Ukraina.

“100 jenazah bergelimpangan di dekat puing-puing sebuah pesawat jet yang jatuh di wilayah timur Ukraina,” demikian lapor koresponden Reuters.

Sebuah tim keamanan setempat mengatakan sedikitnya 100 jenazah sudah ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat dan puing-puing pesawat berserakan di area berdiameter 15 kilometer.

Pecahan sayap pesawat dengan warna biru dan merah, warna yang sama dengan lambang Malaysia Airlines yang hilang kontak saat melintasi wilayah udara Ukraina.

Pesawat Malaysia Airlines yang membawa 280 penumpang dan 15 orang awak hilang kontak di dekat perbatasan Ukraina-Rusia dalam perjalanan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur.

Pemerintah Ukraina menduga pesawat tersebut jatuh karena ditembak karena melintas di atas wilayah Donetsk yang dikuasai milisi pro-Rusia.

Namun, milisi pro-Rusia membantah telah menembak pesawat itu karena tidak memiliki persenjataan yang bisa mencapai pesawat yang terbang di ketinggian 10.000 meter tersebut.

 

 

 

Sumber ; http://tribunnews.com

 

FOTO – FOTO JATUHNYA MH 17

VIDEO EKSLUSIF  JATUHNYA MH 17