Boleh jadi orang akan kesal jika melihat coretan cat semprot di sekitar rumahnya, terutama di pintu pagar. Umumnya pemilik rumah akan menganggap coretan tersebut dilakukan anak-anak yang iseng.

Tapi, waspadalah, ada coretan yang sebenarnya bukan sekadar pekerjaan iseng belaka. Misalnya, di sekitar rumah terdapat coretan PAB2 524-STRONG dan kerap ditambahkan tanda silang (cross) berwarna putih atau merah. Coretan tersebut sejatinya adalah sebuah kode (sandi) komplotan perampok.

Kode sandi tersebut sebenarnya berupa pesan kepada kelompok perampok yang akan melakukan aksinya.

Kode sandinya begini:
Cross merah = ada penjaga.
Cross putih = tak ada penjaga.PA = Posisi Aman
B2 = Posisi alamat rumah (misal, Buaran Blok 2)
524 = Waktu aman untuk melakukan aksi perampokan (5 berarti mulai pukul 17.00-19.00, sementara 24 berarti mulai pukul 02.00-04.00)
STRONG = lokasi aman untuk melakukan aksi sekaligus sebagai kode rumah yang sangat recommended untuk dijadikan target.

Modus ini kerap dilakukan di perumahan mewah. Di Jakarta, beberapa tempat yang kerap menjadi sasaran adalah wilayah Pondok Indah, Sunter, dan Kelapa Gading. Tapi tak menutup kemungkinan aksi ini juga dilakukan di kompleks perumahan yang sepi.

Coretan biasanya disemprotkan di sekitar rumah yang akan menjadi sasaran perampokan seperti di pintu pagar, tiang telepon, tiang listrik atau tempat sampah. Biasanya beberapa orang dari kelompok perampok akan melakukan pengintaian selama tiga hari sampai satu minggu.

Kemudian setelah mempelajari kondisi lingkungan sekitar, mereka akan meninggalkan jejak dengan memberikan kode sandi tersebut. Si pemberi kode biasanya tidak ikut dalam aksi perampokan. Tugas ini akan dilakukan anggota lainnya.

Karena itu ketika melihat kode semacam ini, sebaiknya kamu segera menghapusnya dan meningkatkan kewaspadaan. Awas! Perampok di sekitar kita.