Tak banyak orang tahu tentang tempat ini, Pule itulah nama tempat ini. Tempat yang indah dengan pemandangan alam yang asri, berada disebelah ujung timur desa Karang tengah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas,tepatnya 20 Km sebelah barat kota Purwokerto. Ditempat ini kita dapat menikmati pemandangan alam yang benar-benar indah,sungai dengan bebatuan-bebatuan besar dan juga pohon pule yang besar dan rimbun membuat tempat ini sangat cocok sekali untuk nongkrong bareng teman-teman diakhir pekan. Tapi memang tempat ini bukanlah tempat wisata resmi di daerah tersebut, tempat ini untuk warga sekitar lebih dikenal sebagai tempat kumpul muda-mudi di akhir pekan. Hampir setiap hari sabtu atau minggu banyak remaja-remaja yang memanfaatkan tempat ini untuk nongkrong bareng atau sekadar menikmati suasana indah tempat ini.

Namun yang disayangkan yaitu akses jalan ke tempat tersebut belum diaspal jadi ini membuat tempat ini sangat susah untuk dilalui karena jalannya masih bebatuan dan cukup menyulitkan pengendara motor. Dan beberapa waktu yang lalu saya sempat mendengar adanya wacana akan di bangunnya bendungan di sekitar Gunung Tugel,gunung yang tepat di daerah sekitar Pule yang rencananya akan digunakan sebagai pemangkit listrik tenaga air. Seperti halnya bendungan Serayu di daerah selatan Banyumas harusnya nanti tempat seperti Pule inipun bisa dijadikan tempat wisata alternative dan nantinya bisa mendatangkanbanyak keuntungan untuk warga sekitar.

Bukan itu saja pembangunan jalan yang nantinya dilakukan di akses jalan menuju Pule nantinya diharapkan bisa memperlancar laju perekonomian di daerah tersebut karena jalan tersebut memang sebagai jalan alternative menuju bebrapa desa seperti Sambirata, Panembangan dan Ragung. Jadi seandainya proyek bendungan tersebut jadi direalisasikan diharapkan kepada semua pihak untuk memperhatikan juga Pule ini dan jangan biarkan menjadi tempat wisata yang terabaikan. Terimakasih..