Berbicara mengenai seorang time teraveler memang tidak akan pernah ada habisnya. Bagi para pecinta misteri, pastilah nama John Titor dan Carlssin tidak asing lagi. Mungkin mereka adalah sebagian orang yang mengaku dari masa depan dengan menggunakan mesin waktu. Nah, kali ini sebuah foto yang dikatakan berasal dari tahun 1905 menunjukkan seorang pria yang berpenampilan layaknya pria modern dengan gaya rambut mohawknya. Apakah orang ini berada dalam situasi yang sama seperti pria yang diduga seorang traveler beberapa waktu yang lalu? Monggo dilanjutkan…

Inilah foto yang saya maksud, foto tersebut diambil di dermaga pisang, New York Circa pada tahun 1905. Mungkin fotonya kurang menarik, namun gaya rambutnya seolah menunjukkan bahwa ia berbeda dengan orang lain di dermaga tersebut, apakah ia seorang time traveler? tentu saja bukan.

Jika kita mengira bahwa gaya rambut mohawak adalah gaya rambut yang baru populer di era modern ini, ternyata kita salah. Menurut wikipedia, gaya rambut mohawk tertua diduga berasal dari suku mohawk yang tersebar di berbagai wilayah di Kanada dan Amerika Serikat. Gaya rambut ini telah dipakai oleh suku tersebut sejak tahun 1600 – an yang lalu, jadi gaya rambut ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Lalu, apakah tujuan sesungguhnya dari pemakaian gaya rambut ini? Suku Mohawk menggunakan gaya rambut ini sebagai simbol kekuatan mereka. Sebagian ada yang mengatakan jika penggunaan gaya rambut ini untuk memunculkan kesan “sangar” ketika berperang. Hal inilah yang mungkin menginspirasi US 101st Airborne Division membentuk sebuah sub-unit khusus yang bernama Filthy Thirteen. Filthy Thirteen merupakan satuan khusus yang dipilih dan dilatih untuk berbagai misi bunuh diri, dan satuan khusus ini dikenal pemberani ketika mereka berperang di Eropa karena mereka memang dilatih untuk tidak takut mati.


Eitss…ini bukan Jake McNiece ya, tapi artis Hollywood Robert de Niro

Untuk menambah rasa takut musuh, satuan khusus ini menggunakan gaya rambut Mohawk dan mengecat wajah mereka. Jake McNiece, ketua dari satuan khusus inilah yang mengutus anak buahnya menggunakan gaya rambut ini untuk menambah semangat berperang mereka. Oh ya, foto dibawah diambil pada bulan Juni 1944 dan dipublikasikan oleh Stars and Stripes.

Bagi sebagian orang, mungkin foto ini dianggap aneh karena pada tahun tersebut tidak ada yang menggunakan gaya rambut Mohawk, namun sesungguhnya gaya rambut ini telah populer dalam seni perang suku Mohawk. Mengapa ketika berperang satuan khusus Amerika dan suku asli Mohawk menggunakan gaya rambut tersebut ? jawabannnya adalah karena jika rambut mereka panjang, musuh dapat menarik rambut mereka dari belakang dan menggorok leher mereka dengan mudah. Itulah sebabnya mengapa tentara – tentara militer tidak ada yang berambut gondrong.

Jika dahulu gaya rambut ini digunakan sebagai teknik berperang, maka di zaman modern ini gaya rambut Mohawk menjadi sebuah “gaya” yang tidak lepas dari kehidupan anak muda. Apalagi seiring perkembangan zaman, gaya rambut ini mengalami berbagai perubahan. Namun, apakah mereka yang menggandrungi gaya rambut ini telah mengetahui sejarah sebenarnya dari gaya favorit mereka ini ?