Dulu waktu jaman ane SMP ane hoby banget maen PS 1, waktu itu jamannya lagi booming banget lah. Hampir tiap pulang sekolah ane pasti maen ke tempat rental PS, walaupun jaraknya jauh dari rumah ane tapi yang namanya udah kecanduan mah tetap aja dijabanin.

Waktu sudah lama berlalu nih gan, Playstation udah ampe seri ke 4 sekarang, tapi buat ane PS 1 tetep memberikan banyak kenangan, mulai dari bolos sekolah atau mungkin nyolong duit emak buat maen PS … hahaha, semua terlewati begitu saja.

Buat ane mungkin dulu untuk memiliki gadget se keren PS 1 pada jaman itu, mungkin suatu hal yang mustahil. Dan mungkin hanya sebatas angan-angan saja, secara waktu itu harganya emang lumayan mahal kalau ga salah waktu itu untuk harga barunya sekitar 1,2 Juta. Buat ane yang notabene dari kalangan rakyat jelata yang mau beli es aja mesti ngrengek2 dulu ke emak, harga segitu mah ga bakal deh kepikiran buat belinya.

Tapi sekarang alhamdulillah ane udah bisa nyari duit sendiri , dan boleh dibilang rejekinya lumayan lah. Ada kepikiran juga buat nostalgia dan memenuhi hasrat waktu kecil buat beli PS 1, walaupun sekarang jamannya udah PS 4 tapi ane tetep punya hasrat buat mainin lagi tuh gadget penuh kenangan. Setidaknya ya buat mengenang masa lalu lah .. hehe.

Tapi kalau nyari rental PS 1 dijaman sekarang mah udah susah dan mungkin ga mungkin ada, soalnya sekarang nyari rental PS 2 aja udah ga ada. Dan akhirnya ada kepikiran buat nyari second2 lah di online shop, sapa tau ada yang jual.

Dan ane pun browsing2 deh di google , tapi eh …. malah nemu yang namanya Emulator Game. Kalau yang belum tahu apa itu emulator game, emulator game itu kalau secara sederhana ane jelasin itu maksudnya adalah software atau program yang bisa dijalankan di PC / Komputer sebagai pengganti gadget atau konsol fisik game, semisal kayak Playstation, Sega atauNintendo.

Jadi simplenya kita ga usah beli konsol / gadget nya, kita cukup pake softwarenya di komputer kita, dan software ini juga ga perlu di instal cukup langsung di mainin aja. Dan untuk game nya itu dinamakan ROM, kalau boleh dibilang rom ini itu pengganti kaset lah.

Ok deh ga usah banyak basa-basi ini langsung dicoba aja

Bagaimana Cara main game PS1 di PC ?

Bagi yang belum punya Emulator PS1,  Wajib baca ini :

  • Download dulu Emulator PS1 untuk PC, Emulator yang dipakai adalah EPSXE, Download epsxe berikut BIOS dan Pluginnya !. Klik untuk Download. sudah didownload belum ? . kalau sudah lanjut ke langkah selanjutnya…
  • Sekarang Extract Emulator yang baru selesai didownload. gunakan aplikasi WINRAR untuk mengextract file tersebut. caranya klik kanan dan pilih extract here.
  • Buka folder ePSXe emulator hasil extract tadi, lalu akan muncul seperti yang ada digambar, dan klik yang ePSXe nya.
  •  Lalu akan muncul gambar seperti ini dan pilih CONFIG –>> lalu klik WIZARD GUIDE, lalu kemudian muncul seperti gambar 2 lalu  klik CONFIG>>
  • Untuk selanjutnya tinggal ikuti seperti petunjuk memilih Configuring Bios dll nya seperti gambar dibawah ini

 

Kalau udah beres semua sekarang tinggal dimainin deh , tapi sebelumnya cari / download dulu game2nya , atau istilah dalam emulator game itu namanya ROM.

Untuk download game / roms nya di internet banyak banget blog2 yang menyediakan link2nya. Salah satunya bisa di dapat DISINI.

Atau mau yang lebih lengkap dan sudah diurutkan berdasarkan abjadnya bisa klik disini , langsung klik aja di abjadnya :
 
# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

 

https://i1.wp.com/i.imgur.com/1jMCvIL.png

Kalau udah di download gamenya jangan lupa game hasil download itu dimasukan ke dalam folder tersendiri semisal diberi nama “Game Roms PS1” atau yang lainnya. Agar nanti saat kita akan memainkannya kita tidak repot mencarinya.

Itu bisa memainkan game nya caranya yaitu kalau sudah keluar gambar seperti ini ;

Klik FILE kemudian klik RUN ISO, nanti akan masuk folder explorer dan kita tinggal klik aja dimana tadi kita taruh game hasil downloadan tadi, semisal ada di folder “Game Roms PS1” kita tinggal klik aja foldernya nanti akan muncul ROM/Game yang tadi kita download. Dan langsung klik dan mainkan ….

Untuk lebih nyaman sebaiknya sediakan Stick PS USB , soalnya kalau main game pake Keyboard itu biasanya agak susah. Apalagi kalau main bola seperti Winning Eleven. Dan jangan lupa juga atur dulu controlernya di CONFIG lalu klik GAME PAD , setelah itu tinggal atur saja tombol2nya.

 

Sumber ; http://chantaozuo.blogspot.co.id/2015/08/mau-nostalgia-bermain-playstation-1-ayo.html