Sekitar akhir tahun 90 an atau awal 2000 an ane dulu hobi banget ndengerin musik di radio gan, maklum jaman dulu belum ada acara musik macam dahsyat, inbox n kanca2nya lah … Dan sampai sekarang pun ane masih suka ndengerin musik walaupun lewat media yang berbeda yaitu internet, kalau TV ane jarang nonton gan soalnya banyak acara2 yang katanya acara musik tapi kebanyakan malah lawakannya, jadi ini acara musik atau acara lawak? makanya ane lebih demen ndengerin musik via internet aja, apalagi di internet musiknya selalu update dan bisa nyari musik yang sesuai selera kita.

Oya kembali lagi ke cerita kesukaan ane di tahun 90 an n awal 2000 an waktu itu ane udah SMP jadi ane udah tahu mana lagu2 yang lagi hits, dulu musik kita bener2 baru bangkit dari yang namanya “penjajahan” musik oleh musisi negeri sebrang ( Malaysia ). Dan banyak musisi2 kita yang bener2 memberikan kemampuan terbaik mereka agar musik kita ga lagi dijajah gan, n membuktikan kalau musik kita lebih hebat dari musisi negeri sebrang. Dan terbukti emang gan sekarang kita malah yang balik menjajah musik mereka gan. Tapi sekarang ane miris gan ama perkembangan musik kita khususnya musik2 yang diusung ama band, banyak band2 yang udah jarang nongol apalagi ngeluarin album baru mereka kalah saing ama gerombolan cheerleader yang goyang2 sambil lipsing atau bahasa kerennya boyband & girlband.

Mungkin selera anak muda sekarang emang jauh ama selera anak muda jaman ane dulu gan. Memang kalau sekarang musik kita bener2 banyak ragamnya mulai dari yang melayu2 ampe yang metalcore pun ada, n mereka punya basis2 pendukung masing2. Tapi yang bikin ane miris yaitu kualitas band2 kita ternyata ga banyak berkembang, terutama menyangkut inovasi musikalitas atau skill mereka dalam bermusik. Kalau dulu ane sering denger2 musik2 yang emang diciptakan itu begitu mateng mulai dari liriknya yang emang diracik sedalem mungkin artinya sampai musiknya yang bener2 yahuud deh gan. Dan terbukti musik2 band2 tahun 90 an – 2000 an masih melekat dihati ane gan sampe sekarang. Beda ama sekarang gan kadang liriknya asal2 an aja n musik juga ala kadarnya yang penting laku n banyak yang suka. Ok deh gan mungkin musik kita sekarang memang orientasinya lebih ke arah materi n popularitas, jadi siapa penyanyi atau band yang musiknya disukai n ngehits pasti bakal banyak penggemarnya n pastinya materinya berlimpah. Dan mereka juga sadar selera musik itu akan berubah-ubah sesuai jaman, dan untuk menanggulangi biar band itu tetap eksis ya itu gan bikin lagu yang sesuai pasar dan akhirnya banyak yang kehilangan ideologi musik mereka dari awal. Mungkin agan bisa lihat contoh Ahmad Dhani dulu dia ane akuin jago banget kalau bikin lagu, soalnya lirik2nya bener2 dalem banget apalagi musiknya bener2 musik yang keren gan, tapi sekarang agan2 bisa denger lah gimana lagu2nya dia sekarang, banyak yang terkesan asal aja kayak contoh lagu neng-neng nong neng.

Emang sih gan namanya musik itu selera telinga masing2 orang, jadi ane pun ga mungkin maksa agan2 yang demen boyband atau girlband buat suka musik2 metal atau rock. Tapi setidaknya musik kita bisa lebih greget lah jangan cuma ngejar materi n popularitas doang tapi kualitasnya juga ditingkatin.

Kenapa jaman dulu banyak band2 yang punya skil diatas rata2 n lagunya bisa abadi sampai sekarang ? itu karena jalur mereka menuju ke dunia musik Indonesia ga instan gan , ga asal masukin video di Youtube ditonton banyak orang terus diminta rekaman. Kalau dulu mereka mesti ngikutin banyak festival2 musik dulu baru bisa rekaman, n pihak labelnya sendiri juga bener2 milih band2 yang kualitasnya di atas rata2 baru mereka orbitin. Kalau sekarang orientasinya bukan lagi skill dan kualitas musiknya tapi lebih ke komersialisasi musik ( waduh bahasanya udah kaya vicky prasetyo nih … hahahaha ) , yaitu musik yang dijual bukan lagi kualitas lagu dan penyanyinya tapi lebih ke popularitas penyanyinya itu sendiri.

Ya udah deh gan dari pada ribut mending ane bawa gan-agan yang dulu suka lagu2 jadul buat nostalgilaan lah ama ane.

Berikut ane kasih link video di Youtube lagu2 jadul yang enak di denger n banyak bawa kenangan buat ane ( kebanyakan lagu2 tahun 2000an awal ), kalau ga suka itu terserah agan. Kan musik itu selera masing2 ..

PADI – MAHADEWI

PADI – SESUATU YANG INDAH

PADI-SEMUA TAK SAMA

NAFF-TERENDAP LARAKU

CAFFEINE-KAU YANG TLAH PERGI

THE RAIN – DENGAR BISIKKU

FLANELLA – BILA ENGKAU

AUDI-MENANGIS SEMALAM

TERE – AWAL YANG INDAH

TERE FEAT PAS BAND – KESEPIAN KITA

THE FLY – TERBANG

DR. PM – TAK HARUS MILIKI

SHIFTER – LUKA

SHIFTER – KAULAH NAFASKU

JIKUSTIK – PANDANGI LANGIT MALAM INI

ELEMENT – MAAF DARI SURGA

TIC BAND – TERBAIK UNTUKMU

WAYANG – DONGENG

TIPE X – SALAM RINDU

ADA BAND – SERIBU BAYANG

THE CAT – KAU DIMANA

DAN BAND – AKU BUKAN MUSUHMU

TIKET – ABADILAH

PETERPAN – YANG TERDALAM

PIXEL – 1001 JANJI

DEWA – ARJUNA

SHEILA ON 7 – DAN

BLUE SAVANA – SETUBUHI NAFASKU

COKELAT – SEGITIGA

SHADEN – DUNIA BELUM BERAKHIR

BASE JAM – HUJAN TANPA AWAN

T FIVE – KAU

D.O.T – JANGAN JANGAN

UNGU – JIKA ITU YANG TERBAIK

SLANK – VIRUS

EXOTIC – KEPEDIHAN UNTUK KITA

Segitu aja dulu deh gan, sebenarnya masih banyak sih lagu-lagunya yang ada di list hape ane … semoga aja lagu-lagu di atas bisa mengingatkan agan-agan sama kenangan masa lalu yang indah …  hehehe …

Kalau yang mau nambahin silahkan gan di komeng aja ….