// //

Jakarta – Bagi sebagian besar musisi, penghargaan hanyalah sebagai bonus atas sukses karier mereka. Namun jika penghargaan tersebut benar sampai ke tangan mereka, tentunya akan jadi kebahagiaan tersendiri.

Ajang penghargaan untuk insan musik terbesar di Amerika, Grammy akan digelar untuk ke-53 kalinya pada 13 Februari 2011 di Staples Center, Los Angeles. Siapakah yang akan beruntung kali ini?

Sebelumnya, mari kita intip siapa saja musisi yang telah berkarier belasan bahkan puluhan tahun namun belum sempat disenggol Piala Grammy yang dikompetisikan. Dilansir Spinner, Selasa (8/2/2011) ini dia musisi hebat yang belum beruntung itu:

Diana Ross

Perempuan bernama asli Diana Ernestine Earle itu memulai kariernya sejak 1959. Berbagai penghargaan disabetnya seperti Golden Globe, American Music Award juga Tony Award. Perempuan yang kini berusia 66 tahun itu memiliki dua bintang Hollywood Walk of Fame. Satu sebagai solo artis, lainnya sebagai anggota The Supremes. Diana telah berhasil menjual 150 juta kopi album selama kariernya. Diana sudah 11 kali mendapat nominasi di Grammy Awards tapi belum sekalipun berjaya.

Janis Joplin

Janis Joplin hanya sempat berkarier di dunia musik selama 8 tahun. Janis berkarier bersama Big Brother and the Holding Company dan Kozmic Blues Band. Ia juga punya album solo. Janis belum pernah bersaing dengan musisi lain untuk Piala Grammy Award. Namun ia akhirnya menerima Grammy Lifetime Achievement Award pada 2005.

Bob Marley

Siapa yang tak mengenal Bob Marley? Pria bernama Nesta Robert Marley itu adalah vokalis band ska reggae The Wailers juga Bob Marley & the Wailers. Bob dikenal seluruh dunia dengan misinya menyebarkan musik Jamaica dan pergerakan Rastafari. Bob mulai melalang buana di dunia musik pada 1962 dan berhenti pada 1981 setelah meninggal karena sakit. Sepanjang kariernya ia menjual 20 juta keping album. Semasa hidup, ia hanya meraih penghargaan Band of the Year dari majalah Rolling Stone pada 1976 dan mendpatkan Peace Medal of the Third World dari PBB pada 1978. Ia kemudian meraih Grammy Lifetime Achievement Award pada Februari 2001.

Jimi Hendrix

Jimi meninggal pada 18 September 1970 setelah 7 tahun aktif di dunia musik. Ia diakui sebagai salah satu gitaris hebat di sejarah musik dan menjadi inspirasi bagi musisi lintas genre. Ia menerima berbagai macam piala dari kancah musik rock. Pada 1992 dia akhirnya mengantongi Grammy Lifetime Achievement Award.

Queen

Queen bisa diartikan sebagai banyak hal. Sedikit rock, sedikit pertunjukan paduan suara, funk dan opera. Tapi walaupun mereka menginspirasi banyak musisi seperti Flaming Lips, Red Hot Chili Peppers dan George Michael, Queen ternyata belum bisa mengantongi Grammy seperti para juniornya itu. Sepertinya hits mereka ‘We Are the Champions’ sedikit berlebihan?

Led Zeppelin

Band rock kenamaan dunia ini pernah sekali masuk nominasi sebagai Best New Artist Grammy Awards pada 1970. Namun mereka berhasil dikalahkan oleh Crosby, Stills & Nash kala itu. Mereka diakui sebagai band rock n roll terbesar sepanjang waktu. Grammy Lifetime Achievement Award didapatkan Led Zeppelin pada 2004.

The Doors

Tak bisa dipungkiri kalau The Doors meraih popularitas justru setelah sang vokalis Jim Morrison meninggal dunia. Namun sepanjang karier mereka, single ‘Light my Fire’ dan ‘Hello, I Love You’ menjadi nomor satu di masa kejayaan mreka. Namun ternyata lirik puitis terkenal Jim belum sanggup membuat piala Grammy jatuh pada The Doors.

Para musisi di atas hanya sebagian saja. Masih banyak musisi hebat lainnya yang belum sempat mendapat apresiasi dari Grammy Award. Sebut saja Chuck Berry, Neil Young, The Beach Boys, The Grateful Dead, The Kinks, Lynyrd Skynyrd, Buddy Holly dan banyak lainnya