Ingin Tahu Semalam Ngigau Apa? Cek Pakai Aplikasi Ini

Apakah Anda penasaran apa yang saja terjadi saat Anda tertidur? Jika iya, mungkin aplikasi berikut ini bisa membantu mencari jawabannya.

‘Sleep Talk Recorder’, begitulah sebutannya. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat merekam apapun yang Anda katakan saat Anda tengah tertidur pulas. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan di Swedia pada tahun 2010 dan hingga saat ini sudah didownload hampir 2 juta.

Ide awal pembuatan aplikasi ini bermula dari sekitar 3 tahun lalu. Saat itu, sang pembuat sedang mengobrol dengan temannya tentang mimpi yang aneh. “Kami berdua berpikir, mungkinkah ada cara yang memungkinkan handphone untuk merekam igauan saat tidur?” jelas Martin Lindau, co-founder Mad In Sweden, perusahaan pemilik aplikasi tersebut.

Menurut Mashable yang dikutip Rabu (12/12/2012), aplikasi ini hanya dapat merekam suara sebentar saja. Jadi setelah Anda terbangun, Anda dapat mendengarkan hasil rekaman yang Anda katakan saat tidur dan membaginya dengan pengguna lain yang memakai aplikasi tersebut.

Salah seorang pengguna aplikasi dari New York menceritakan pengalamannya. “Ada seorang pria yang memiliki masalah saat tidur. Setiap malam, anjingnya sering menjilati muka dan membangunkannya dari tidur. Dia telah mencoba untuk membawa anjingnya keluar atau memberinya makan, tapi dia tidak tahu kenapa anjingnya selalu membangunkannya,” tutur Lindau.

Uniknya, persoalan tersebut selesai setelah pria yang bersangkutan menggunakan aplikasi ini. “Ia baru sadar bahwa selama ini ia selalu mendengkur saat tidur, dan itu yang menyebabkan anjingnya selalu mencoba membangunkannya,” jelasnya lagi.

Meski demikian, Lindau mengaku bahwa hingga saat ini aplikasi tersebut masih berada di tahap awal. Dia berharap pada Desember 2013 aplikasi tersebut dapat disempurnakan. Pada saat ini, ia masih membuka masukan dari masyarakat di seluruh dunia yang memiliki cerita menarik saat menggunakan aplikasi teersebut.

Aplikasi Sleep Talk Recorder dapat digunakan untuk perangkat berbasis Android dan iOS. Untuk Android aplikasi ini dapat didownload secara gratis, namun untuk iOS aplikasi ini dibandrol $0.99. Bagaimana? Penasaran dengan suara igauan Anda, atau mau tahu seberapa keras Anda mendengkur?