Ilustrasi pendaratan Curiosity di Mars
Setelah beberapa foto permukaan planet Mars terungkap, kini muncul gambar baru yang mengungkapkan perjalanan Curiosity, kendaraan robotik atau rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Mengutip situs NASA, gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa HiRISE NASA itu menangkap gambar menakjubkan dari pendaratan rover. Pesawat tersebut mengungkapkan seberapa persis jauhnya rover telah menjelajahi planet merah.

Dalam gambar yang ditampilkan, jejak ban rover ini jelas terlihat, juga jejak di daerah di mana Curiosity mendarat. Para ahli berencana untuk menggunakan gambar tersebut untuk melacak Curiosity saat bergerak melintasi Mars.

NASA telah mengumumkan bahwa Curiosity baru saja menyelesaikan perjalanan terpanjang, setelah bepergian lebih dari 100 kaki atau 30,48 meter pada tanggal 4 September lalu. Rover melaju dari bagian Tenggara, dengan langkah ‘siku-siku’ untuk menghindari beberapa pasir berbahaya, yang jelas terlihat pada gambar di atas.

Jejak Curiosity di Mars yang diambil oleh pesawat ruang angkasa HiRISE

Perjalanan tersebut merupakan perjalanan tunggal terpanjang oleh NASA, yang total jarak yang ditempuh mencapai 358 kaki atau 109,18 meter. NASA menambahkan bahwa rover dalam ‘kesehatan yang bagus’.

Gambar baru lainnya juga mengungkapkan tempat peristirahatan terakhir yang membawa Curiosity di permukaan Mars.

Pesawat berteknologi tinggi mencapai bagian atas atmosfer Mars pada kecepatan 13.000 mph, dan kemudian perlahan-lahan diturunkan oleh ‘derek angkasa’ secara bertahap sebelum dengan hati-hati tiba di kawah besar Mars.

Operator kini telah memfoto tempat pendaratan akhir sky crane dalam versi berwarna. Foto juga memperlihatkan parasut dan pelat belakang dari pendaratan, yang dijuluki saat tujuh menit yang menegangkan karena kompleksitas saat itu.

 

SUMBER