Inilah hasil kreasi anak bangsa sendiri, sebuah karya yang patut kita dukung. Begitu mengharukan sekaligus membahagiakan, kini Indonesia berhasil menciptakan sebuah mobil. Meski tidak 100% asli made in Indonesia, tapi tetap merupakan berita yang menggembirakan.

Gambar di samping ini adalah berbagai varian yang berhasil di ciptakan siswa-siwa SMK indonesia. Di prakarsai oleh Depdiknas para siswa SMK itu telah berhasil menciptakan mobil yang di beri nama ESEMKA.

Ada 5 varian yang berhasil di buat yaitu esemka Digdaya (double cabin), Esemka SUV, Esemka sedan, Esemka Zhangaro (pick up), Esemka rosa van ( minibus ). SMK – SMK yang ikut dalam pembuatan mobil itu adalah SMK Singosari Malang, SMK 2 Borobudur Magelang, SMK N 4 Jakarta, dan SMK 1 Cibinong.

SMK Singosari Malang kebagian membuat double cabin yang di beri nama Digdaya dan kemungkinan akan di banderol Rp 80jt. Sedang varian berikutnya di produksi oleh SMK lain. Mesin dikembangkan oleh SMK jakarta dan cibinong.

Mobil yang masih prototype ini dipamerkan dalam Lomba kompetensi siswa SMK akhir mei ini di PRJ. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun tampak bangga ketika menyaksikan mobil kreasi anak bangsa tersebut.

Yang lebih membanggakan mobil Esemka tersebut di selesaikan hanya dalam waktu 3 bulan saja, dan dengan peralatan yang masih sederhana, alias lebih banyak handmade nya. Tapi hasil yang di perlihatkan sungguh patut di acungi jempol. Bahkan untuk esemka digdaya telah diminati oleh pengusaha Cina. Meskipun memang ESEMKA lebih bisa disebut hanya perakitan seperti layaknya pada perusahaan karoseri, namun tanpa kreatifitas yang tinggi mobil ini tak akan pernah tercipta. Untuk mesinya sendiri adalah mesin dari mobil Timor dengan kapasitas 1500cc.

Kita berharap saja, pada suatu hari nanti Indonesia bisa menciptakan mobil yang 100% ciptaan dalam negeri, tanpa menjiplak atau mencomot sana sini. Dan ESEMKA ini juga diharapkan menjadi pemicu para ahli mesin di tanah air untuk bisa menelurkan karya sendiri. Anak SMK saja sudah bisa bikin mobil masa insiyur gak bisa..tul gak.
Maju terus otomotif Indonesia..jangan kalah dengan India.

http://muhta14.multiply.com/journal/item/75?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem