Pada tahun sekitar 90an dunia musikIndonesia sempat diserbu oleh band-band Malaysia seperti Search,Iklim,Exist,Spoon atau Slam yang kala itu memang mengusung musik bergenre metal alias melayu total yang begitu booming dimasa itu. Dan beberapa tahun belakangan ini musik melayu Malaysia seakan tak pernah terdengar lagi bahkan musisi Indonesia yang banyak merajai tangga-tangga lagu di sana. Musik di Indonesia memang maju pesat dan juga tak monoton seperti Malaysia.

Tapi jangan salah dengan keberadaan musisi Malaysia saat ini, mungkin imej yang tertanam dihati kita kala mendengar musisi Malaysia kita pasti langsung menuju pada musik-musik khas melayu total seperti Search,Iklim dll.  Perkembangan musik di Malaysia juga ternyata sangat pesat,walaupun tak semaju di Indonesia tapi setidaknya muik mereka sudah berevolusi dengan genre-genre musik yang bervariasi. Dan walaupun masih kalah dengan musisi dari Indonesia karya-karya mereka juga masih tetap layak berkompeten dengan musisi-musisi di Indonesia.

Kita lihat saja seperti Hujan Band band yang dimotori oleh NOH – Vocals/Guitar, AG – Guitar, ACER – Drum, JAJA – Bass, HANG DIMAS – Keyboard memainkan genre musik Alternative/Rock. Musik mereka sungguh berbeda dengan band-band Malaysia yang kita tahu selama ini, musik mereka bener-bener sangat bagus. Dengan aliran rock alternative yang mereka usung merekea memberikan nuansa baru di musik Malaysia,bahkan mereka pun pernah menggebrak Jakarta di Hard Rock Kafe dengan single-single mereka seperti Ku Mahu Kau Tahu dan Pagi Yang Gelap.

Selain Hujan Band masih banyak band-band Malaysia juga yang memiliki musikalitas tinggi macam Butterfingers,Singletrackmind,The Strokes atau Meet Uncle Hussein.

Tapi memang musik Indonesia sudah terlalu banyak talenta-talenta barunya hampir setiap hari bermunculan band band baru dengan kualitas yang bagus pula di layar televisi,jadi agaknya musisi Malaysiapun sangat sulit berkompeten di Indonesia dan kembali merajai dunia musik Indonesia seperti era 90 an, Karena bahkan sekarang dunia musik mereka justru dijejali musisi dari Indonesia. Sungguh ironis bahkan legenda musik mereka Amy Search sempat khawatir dengan serbuan musisi Indonesia di Malaysia bahkan banyak pihak juga yang mengusulkan untuk membatasi masuknya hiburan-hiburan dari Indonesia seperti musik,sinetron dan film.

Tapi sepertinya semua itu tetap percuma karena semua kembali lagi ke peminatnya,hampir musisi Indonesia yang hadir disana pastilah booming di sana sementara musisi mereka yang datang ke Indonesia seperti angin lalu dan tak pernah dikenal disini.