Cerita tentang sodom termasuk cerita tertua di dunia disampin cerita-cerita tentang Firaun, bencana banjir Nuh. Kisah sodom merupakan salah satu cerita yang juga dimuat dalam kitab Al quran maupun Injil. Cerita ini menggambarkan kisah dua kota yang namanya yang identik dengan dosa, kemaksiatan, kemerosotan moral. Sodom dan Gomora. Selama bertahun-tahun, cerita tentang apa yang menimpa mereka menjadi perumpamaan tentang degradasi moral yang harus dibayar dengan harga mahal.
Mungkin penggambaran mengenai kehidupan manusia di dua kota ini sangat relevan dewasa ini, dimana manusia telah melakukan berbagai tindakan yang sangat jauh dengan hakekat mereka sebagai makhluk ciptaan yang Maha suci, bobroknya moral, seakan-akan mereka tidak memiliki batasan dalam perbuatan. Dimana Perintah-perintah dari Sang Pencipta dan norma-norma dalam kehidupan bermaysarakat sudah seakan menjadi dongeng turun temurun yang hanya sebatas mereka dengar dan mereka langgar.

Sekitar 4000 tahun yang lalu, Sodom dan Gomora juga memiliki reputasi demikian. Walau Kitab suci Al Quran tak pernah menyebutkan apa perbuatan mereka secara mendetil sehingga bisa bernasib seperti itu. Walaupun demikian, Kitab suci sangat jelas memberikan penggambaran mengenai hukuman yang mereka terima dari Sang Pencipta.

Jika cerita mengenai Sodom dan Gomora memang terjadi seperti apa yang dikisahkan di dalam Al-Quran , maka sangat mungkin terjadi di suatu lahan kosong terpencil di sebelah lautan tanpa kehidupan. Tapi, dimanakah tempat itu?

Seperti yang kita ketahui, banyak tempat yang dikisahkan didalam kitab suci sulit untuk ditentukan dimana lokasi yang sebenarnya. Contohnya didalam Kitab Taurat yang membahas tentang lima kota lembah. Sampai saat ini kita hanya bisa berspekulasi bahwa kelima kota tersebut berada disekitar laut mati.

SUMBER