Konon beredar kabar di dunia maya, bahwa Mosque sebenarnya bukan berarti masjid, melainkan sebuah ungkapan yg berkonotasi penghinaan buat Umat Islam.

Konon ada sebuah buku yg berjudul “THE COMPLETE IDIOT’S GUIDE TO UNDERSTANDING ISLAM” (“PETUNJUK IDIOT YANG LENGKAP UNTUK MENGERTI ISLAM) –judulnya aja Idiot’s Guide, jadinya rada meragukan juga sih, hehehe — yang menulis bahwa :

‘Mosque’ diperoleh dari kata dalam bahasa Spanyol, yaitu “Mosquito” (“Nyamuk”). Dinamakan seperti itu karena saat Perang Salib terjadi, Raja Ferdinand berkata bahwa mereka akan berangkat dan membasmi Muslim “like mosquitoes” (“seperti nyamuk-nyamuk”). Lalu tanpa rasa sungkan mereka menyebut “Masjid” sebagai “Mosque”.

Informasi di atas dapat juga dibaca misalnya di : http://ukimedia.wordpress.com/2007/0…-bukan-mosque/

Sebenarnya kata “Mosque” dalam bahasa Inggris yang artinya adalah “Masjid” berasal dari bahasa Spanyol “Mezquita” (BUKAN Mosquito) dari abad ke 15, 16 dan 17 untuk sebutan tempat beribadah kedua terbesar saat itu di Eropa, Mezquita de Córdoba peninggalan Umayyad dynasty of Cordoba.

Kata Mezquita pun merupakan serapan dari bahasa Arab : Masjid, kata tersebut dibawa oleh Umayyad Dynasty ke Cordoba ( Bukan oleh Raja Ferdinand pada waktu perang salib ).

Kata Mezquita kemudian diserap oleh orang2 Eropa menjadi berbagai sebutan, antara lain : “Moseak”, “muskey”, “moschy”, and “mos’keh”, yang pada akhirnya berangsur2 menjadi standard baku di Perancis dgn sebutan : “Mosquee” ( Inggris : “Mosque” )

Penjelasan untuk yang salah mengerti, ada sedikit info dari kamus :

Bhs Indonesia : Nyamuk
Bhs Inggris : Mosquito
Bhs Spanyol : (juga) Mosquito, cínife, zancudo

Bhs Indonesia/Arab : Masjid
Bhs Inggris : Mosque
Bhs Spanyol : Mezquita

Jadi kalo dibilang asal – usul kata Mosque itu dari bhs Spanyol (Mosquito = nyamuk) INI SALAH BESAR.. karena bahasa Spanyolnya Mesjid itu Mezquita yang terlafalkan mirip dgn bhs Arab “Masjid”, bukan “Mosquito”

Kesimpulan : Mosque = Masjid, dan sama sekali nggak ada hubungannya dengan nyamuk atau pembantaian.

Nah, berhati2ah dan pandai2lah memilih informasi yang valid di dunia maya. Banyak pihak yg nggak bertanggungjawab yang suka ngawur dalam menyebar info.

Sumber : http://muftiaziz.javabeanku.com/index.php?act=1001@88