Lagu-lagu klasik Mozart ternyata tidak membuat seseorang meningkat kecerdasannya

LONDON – Banyak para ilmuwan meyakini kalau orang yang mendengarkan musik klasik karya Mozart akan membuatnya menjadi lebih cerdas. Namun yang mengejutkan, sebuah studi baru memaparkan bahwa karya-karya Mozart tidak membuat pintar seseorang.

Lebih dari 15 tahun para ilmuwan beranggapan mendengarkan musik klasik dapat membuat seseorang lebih pintar. Akan tetapi, sejumlah peneliti dari University of Vienna, Austria yang terdiri dari Jakob Pietschnig, Martin Voracek dan Anton K. Formann membeberkan fakta baru kalau bayi dan lagu klasik tidak adanya hubungannya dengan kecerdasan.

Para peneliti tersebut menuangkan riset dalam sebuah karya ilmiah yang diberi nama “Mozart effect”, penelitian ini memang khusus meneliti pengaruh musik klasik karya Mozart terhadap tingkat kecerdasan seseorang.

Pietschnig bersama rekan-rekannya tersebut mengumpulkan 3.000 responden yang semuanya diminta pendapat dan temuan para ahli mengenai dampak musik Mozart terhadap tingkat kecerdasan orang. Hasilnya, mereka tidak menemukan cukup bukti yang mensahihkan peningkatan seseorang saat mendengarkan musik Mozart, terutama bayi yang berada dalam kandungan.

“Saya merekomendasikan Anda memperdengarkan musik Mozart, tapi jangan berharap itu akan mendorong kemampuan kecerdasan Anda,” kata Pietschnig, seperti dikutip Science Daily, Rabu (12/5/2010).

Kabar mengenai lagu Mozart mempengaruhi kecerdasan bermula pada 1993, melalui jurnal journal Nature dari University of California. Dalam jurnal tersebut disebutkan psikolog Frances H. Rauscher dan rekan-rekannya menemukan bahwa setelah diperdengarkan lagu Mozart 1781 sonata yang dimainkan dengan dua piano dalam tangga nama D mayor (KV 448) terhadap beberapa siswa, ternyata dapat meningkatkan kemampuan mengerjakan soal-soal mengenai spasial.

Berita ini pun semakin menyebar setelah surat kabar New York Times menulis dengan mendengarkan musik Mozart dapat menjamin anak-anak mendapatkan nilai sekolah yang baik.

Hal serupa juga dilakukan Gubernur Georgia, Zell Miller pada 1998 yang memastikan setiap ibu yang baru melahirkan anak akan menerima satu paket CD musik klasik. Demikian juga dengan pemerintahan Florida yang mewajibkan setiap sekolah anak-anak untuk melantunkan musik klasik minimal satu jam dalam sehari.