Band asal Purwokerto ini memang sangat unik, dengan mengusung musik jazz Faster Band yang di profil ReverbNation ternyata hanya dianggotai 1 orang saja ini yaitu Ian Faster juga memberikan sedikit warna tersendiri di musiknya yaitu bisa didengar di beberapa lagunya yang menggunakan bahasa Jawa Banyumasan. Profilnya bisa dilihat DISINI

Mungkin bagi orang2 yang berasal dari daerah Barlingmascakeb ( Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap & Kebumen ) yang memang menggunakan bahasa Jawa Ngapak akan merasa terhibur dengan lirik2 berbahasa Jawa Ngapak yang dibawakan Faster Band seperti di lagu dengan judul Ora Oraha & Wis Mbandreng.

Faster - Ora oraha

Lirik Lagu ORA-ORAHA

Karo Rika nyong gelisah

Karo rika nyong nelangsa

Karo rika ora tahu bungah

Karo rika nyong cilaka

Karo rika nyong sengsara

Karo rika uripe nyong bisa mubah

(*)

Tapi siki rika bali

Ujug ujug njaluk balik

Ra kemutan dong ganu goli ninggalna

Reff

Ora mungkin nyong balik maning pacaran karo rika

Sumpah busung mlendung yakinlah..

Ora mungkin nyong balik maning pacaran karo rika

Nyong uwis bebeh

Langka rika nyong sumpringah

Langka rika nyong merdeka

Langka rika nyong ora tahu susah

Back to (*) Reff

Wis ora-oraha…Nyong uwis Bebeh…

Seperti di lagu Ora-oraha banyak lirik yang dirasa begitu kental aroma bahasa Banyumasan nya yaitu kata ” Rika” yang berarti kamu, kalau di lingkungan warga Banyumas sendiri sebenarnya kata ” Rika “ itu untuk “sambatan” atau panggilan untuk orang yang lebih tua. Tapi disini kata “Rika” dipakai untuk memanggil seseorang dimana disini diposisikan sebagai kekasih. Mungkin bisa saja kata ” Rika” ini di ganti dengan “Kowe” tapi sepertinya Faster Band itu ingin menonjolkan jati diri mereka kalau mereka itu berasal dari Purwokerto ( Banyumas ) dimana kata ” Rika ” itu hanya dipakai di daerah Banyumas saja. Sedangkan kata ” Kowe “ itu sendiri tidak menggambarkan Banyumas Banget karna dipakai disebagian umum warga berbahasa Jawa.

Kemudian ada satu lagu kalimat di Reff nya yang saya kira begitu kental Banyumasnya , bahkan mungkin kalau di Indonesiakan akan terdengar aneh, yaitu di kalimat ” Sumpah Busung Mlendung Yakinlah…. “. Kalau buat warga Banyumas pasti tahu dari maksud kalimat tersebut.

Saya sebagai warga Banyumas merasa bangga dan salut dengan kreatifitas band ini. Tetap berkarya bro, pokoke musik olih modern n keren tapi aja kelalen karo basa ne dewek … siip maknyoss

Kiye lagune bisa de deleng neng ngisor kiye ..

Berikut Lagu2 karya Faster Band yang bisa di Download