img

Jakarta – Rencana Honda membangun pabrik baru guna meningkatkan kapasitas produksi mobil di Indonesia akan mendatangkan banyak lowongan kerja. Akan ada 2.000-5.000 tenaga kerja baru yang akan diserap Honda di pabrik barunya nanti.

Honda sendiri mengumumkan rencana peningkatan kapasitas pabrik Honda dari sebelumnya 60.000 unit per tahun menjadi 180.000 unit per tahun dengan investasi sebesar Rp 3,1 triliun.

Fasilitas produksi baru yang dipersiapkan untuk menyongsong pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia itu sendiri berada di belakang pabrik lama Honda yang terletak di kawasan Industri Mitrakarawang, Desa Parungmulya, Jawa Barat.

Dan bila pabrik lama Honda hanya memiliki kapasitas produksi sebesar 60.000 mobil saja per tahunnya, pabrik baru nanti dirancang untuk memproduksi mobil dua kali lipat lebih besar dari pabrik lama yakni hingga 120.000 untuk menjadikan total produksi mobil Honda di Indonesia menjadi sebesar 180.000 mobil per tahunnya.

Sebelum pembangunan pabrik ini, pabrik Honda sebenarnya sudah mampu memproduksi model-model andalan Honda di Indonesia seperti Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed.

Beragam fasilitas juga sudah ada di pabrik Honda mulai dari Stamping, Press, Welding, Painting, Assembling, Vehicle Quality, Road Test, Car Pool, dan Engine Plant.

Selain berproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, pabrik Honda yang mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan tersebut bahkan juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti komponen mesin seperti Cylinder Head dan Cylinder Block.

Komponen-komponen mobil seperti Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood hingga produk utuh seperti Honda Freed ke berbagai negara juga sudah bisa mereka produksi di Indonesia.

“Kami juga berharap bahwa ekspansi pabrik ini juga akan menjadi sinyal yang sangat positif mengenai iklim investasi di Indonesia yang aman bagi industri, mendukung pertumbuhan industri otomotif dan ekonomi Indonesia secara umum, dan tentunya membuka lapangan kerja yang lebih luas lagi bagi masyarakat di Indonesia,” kata Presiden Director PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida.