status.phpKhusus untuk mereka yang mulai memasuki rimba perblogan atau mereka yang sudah lama terlibat pada jurnal pribadi di internet ini, mungkin sudah saatnya mulai berhati-hati. Loh, kenapa harus berhati-hati? Ya, karena kelihatannya blog mulai memunculkan virus baru. Namanya BLOGAHOLIC.
Tak seperti pendahulunya, yaitu WORKAHOLIC, virus ini menyerang secara perlahan-lahan dan memiliki gejala yang jauh lebih hebat. Bahkan virus ini terdiri atas beberapa stadium sesuai dengan masa inkubasi dan penyebarannya dalam diri blogger.

STADIUM 1, biasanya menyerang mereka yang baru saja mempunyai blog. Gejalanya seperti ingin memiliki dan mulai terobsesi dengan blognya. Memasang apa saja yang berkaitan dengan dirinya,mulai dari profil yang sempurna,foto yang sebagus mungkin, dan sebagainya. Bahkan ada obsesi untuk menaruh link-link blogger lain sebanyak-banyaknya.

STADIUM 2, pada level ini blogger akan merasa dua gejala.Pertama,mulai merasakan kalau template atau tampilan blognya sudah kurang menarik karena terlalu biasa. Kondisi ini menyebabkan seseorang terobsesi mencari-cari template yang baru,mulai mengutak atik, copy paste kode html atau script dari blog lain,sampai minta dibuatkan template oleh kenalan.Kedua, obsesi untuk mengisi blognya semakin besar. Gejalanya seperti kebutuhan wajib untuk selalu meng-update atau membarukan setiap entry blognya.

STADIUM 3, virus ini mulai semakin parah. Setiap bangun pagi atau setiap datang ke tempat kerja, hal yang kali pertama dipikirkan adalah bagaimana membuat entry atau postingan baru pada hari ini. Berpuluh puluh menit bahkan berjam-jam dihabiskan hanya untuk browsing atau menguras otak demi menulis sesuatu yang akan dipublikasikan diblog. Jika tidak tercapai serasa ada yang kurang dalam dirinya.

STADIUM 4, jika sudah sampai pada stadium ini, bisa dipastikan kondisi yang bersangkutan sudah terinfeksi virus BLOGAHOLIC yang teramat berat. Gejalanya cukup mudah diketahui, yaitu mulai terobsesi memiliki banyak blog. Dengan banyak blog tersebut, tentu efeknya akan banyak waktu yang dihabiskan untuk sekedar mengusu postingan terbaru, memperbaiki tampilan, menambah link, mengubah warna, dan sebagainya. Tentu saja perlu waktu yang tidak sedikit untuk melakukan hal itu.

STADIUM 5, pada stadium ini, kondisi bloggwer yang terserang virus ini semakin parah. Gejalanya terlihat dari perbandingan berap[a waktu yang digunakan untuk nge blog dibandingkan waktu kerja dalam sehari. Bahkan sampai dirumah atau tempat indekos pun masih terbawa keinginan untuk melakukan sesuatu terhadap blognya. Kalau sudah masuk dalam tahap ini……..hmmmm,kondisinya sudah terbilang membahayakan.

Nah berada di stdium manakah virus BLOGAHOLIC ini menyerang anda?
chatting
Sampai sejauh mana dan seberapa parah virus BLOGAHOLIC menyerang anda? Cukup mudah, tidak sampai sepuluh menit anda akan tahu barada di stadium mana virus itu sudah menyerang anda !

Jawablah pertanyaan ini dengan sejujurnya…….

1. Sejak kapan Anda punya blog?
a. kurang dari enam bulan
b. satu tahunan
c. lebih dari dua tahun

2. Berapa banyak Anda memiliki blog?
a. satu blog
b. dua atau tiga blog
c. lebih dari tiga blog

3. Bagaiman Anda meng update postingan?
a. jarang, kadang seminggu sekali
b. dalam dua atau tiga hari sekali
c. sehari sekali

4. Berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk membuat postingan terbaru?
a. kurang dari 30 menit
b. sekitar satu jam
c. lebih dari satu jam

5. Berapa pula waktu yang Anda perlukan untuk blogwalking atau mengunjungi blog lain?
a. jarang, kadang seminggu sekali
b. dalam dua atau tiga hari sekali
c. sehari sekali

6. Berapa banyak link blog dalam blog anda?
a. kurang dari 10 link
b. antara 10 sampai 30 link
c. lebih dari 30 link

7. Berapa banyak anda memakai dan mengubah tampilan blog?
a. tidak pernah. tampilan blog sejak awal sampai sekarang tetap satu
b. tampilan sekarang merupakan tampilan ke 2 sampai ke 5
c. sudah pernah berganti tampilan lebih dari 5 kali

8. Apakah ketika anda blogwalking dan menemukan ada fasilitas baru atau aksesoris blog seperti gambar, musik, animasi dan sebagainya anda tertarik untuk memilikinya juga di blog anda?
a. jarang
b. cukup sering
c. sering

HASIL ANALISIS

Jika jawaban anda kebanyakan A, anda berada di STADIUM 1 sampai 2 dimana virus BLOGAHOLIC baru menyerang.
Jika jawaban anda kebanyakan B, anda berada di STADIUM 3 dimana virus BLOGAHOLIC sudah berinkubasi dan menyebar dalam benak anda.
Jika hawaban anda kebanyakan C, anda berada di STADIUM 4 dalam taraf bahaya dan bahkan bisa jadi anda berada di STADIUM 5 dimana virus BLOGAHOLIC sudah menjadi diri anda sendiri.

Di Stadium Berapakah Anda??????