Bila selama ini kita disuguhi aksi-aksi heroik Captain America, baik di komik maupun di layar lebar, kini muncul aksi serupa dari negeri tirai bambu China. Namanya Captain China.
Menurut Offbeat China, tokoh superhero ini bukanlah sindiran dari warga China kepada pemerintahnya. Komik yang dibuat oleh Chi Wang dan Jim Lai ini diterbitkan oleh Excel Comics. Versi Kindle untuk volume 1 sudah dapat diperoleh di Amazon.
Sebagaimana disebutkan di Amazon, Captain China dimaksudkan sebagai “komik propaganda untuk meningkatkan kesadaran kaum muda China. Cerita-ceritanya menggambarkan pandangan politik China, lingkungan sosial dan perbedaan budaya dengan meramu tokoh-tokoh yang kompleks, informasi sejarah, lokasi geografis, sindiran komedi, dan aksi-aksi menegangkan”.
Volume 1 berjudul “The Return of Captain China” mengisahkan dibangkitkannya kembali Captain China dari tidur panjangnya selama 50 tahun melalui proses cryogenic. Misi pertamanya adalah menyelamatkan presiden Barrack Obama dari pembunuhan saat berkunjung ke China.
Berikut ini cuplikan dari komik “The Return of Captain China”: