Sekitar sebulan yang lalu blog saya ini tiba-tiba di blokir oleh WordPress, dan sempet membuat saya stres berat. Maklum saya belum pernah mengalaminya, saya ga bisa buka semua artikel yang sudah saya posting dan itu membuat saya kebingungan juga.

Kronologis kejadiannya sendiri saya kurang tahu, saat itu saya lama tidak posting dan seperti biasa saya coba buat membuka blog ini tapi yang terjadi adalah halaman yang bertuliskan ” toelank.wordpress.com is no longer available”. 

Wah saat itu saya langsung kaget gan, saya pun coba log in dan di Dasboard ada pesan dari WordPress yang bertuliskan

“This blog has been deactivated because we believe it does not comply with the WordPress.com Terms of Service or advertising policy.

If your blog is designed to promote affiliate links, get rich quick programs, banner ads, consists solely or mostly of duplicate or automatically generated material, or is part of a search engine marketing campaign, WordPress.com is not the place for you. Please use the Export feature to move your content to a more appropriate hosting service.

Occasionally we make mistakes. If you believe we have misclassified your blog, please click here to contact us as soon as possible so we can fix the problem.”

Yang mungkin kalau diartikan dalam bahasa Indonesia itu seperti ini

Blog ini telah dinonaktifkan karena kami percaya hal itu tidak sesuai dengan Ketentuan Layanan WordPress.com atau kebijakan iklan.

Jika blog Anda dirancang untuk mempromosikan link afiliasi, mendapatkan program cepat kaya, iklan banner, terdiri semata-mata atau terutama dari bahan duplikat atau secara otomatis dihasilkan, atau merupakan bagian dari kampanye pemasaran mesin pencari, WordPress.com bukan tempat untuk Anda. Silakan gunakan fitur Ekspor untuk memindahkan konten Anda ke layanan hosting yang lebih tepat.

Kadang-kadang kita membuat kesalahan. Jika Anda percaya kami memiliki kesalahan klasifikasi blog Anda, silakan klik di sini untuk menghubungi kami secepat mungkin sehingga kita dapat memperbaiki masalah

Dan saat itu juga saya coba tanya2 ke teman2 sesama blogger WordPress di forum, dan say dapat jawaban kalau saya harus meminta maaf kepada WordPress dan mengakui kesalahan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi, lalu saya pun mengikuti langkah tersebut dan pastinya pesan itu harus pakai bahasa inggris.

Dan Seminggu kemudian ternyata blog saya sudah diaktifkan kembali, dan karena ketidak tahuan saya. Saya pun memasang kembali widget2 yang kebetulan sudah di harus oleh WordPress dari side bar. Dan saat itu ada komentar masuk di Tukeran Link Yuh yang meminta memasang link nya dan meminta untuk tukeran link, saya pun memasang link tersebut tanpa saya memeriksa tautan link tersebut. Dan saat saya memasang link itu, seketika juga blog saya langsung diblokir lagi. Waduh saya pun jadi makin stress, ibaratnya sudah keluar dari masalah sekarang saya masuk lagi ke masalah yang sama. Dan saya pun kembali mengulangi langkah2 yang sebelumnya yaitu meminta maaf kepada WordPress. Dan Alhamdullilllah ternyata WordPress begitu baik hati terhadap saya, blog inipun aktif kembali.

Ya sekedar share aja buat para blogger, kalau bisa hati-hati untuk memasang script di side bar karena bisa berakibat blog kita di blokir, dan juga berhati-hati untuk memasang tautan dari komntar2 yang meminta tukeran link, karena bisa jadi link itu merupakan link affiliasi atau blog jualan yang memang tidak dibenarkan oleh WordPress.

So, sekian informasi dari saya selaku admin Toelank’s World Blog sebagai pembelajaran kepada agan-agan semua .