cats
Hari Minggu yang biasanya dulu dijaman dimana anak-anak disuguhkan dengan banyak acara TV kartun-kartun, superhero-superhero dan acara anak lainnya, kini tinggal beberapa saja yang  masih tersisa. Acara kartun hari minggu sekarang paling-paling cuma sampai jam 10.00 pagi aja udah mentok-mentoknya, padahal dulu bisa sampai jam 1.00 siang, dan S*TV yang seingatku sampai siang ada acara kartun kini sudah beralih ke acara musik andalanya. Hari Minggu yang dulu identik dengan harinya anak-anak kini seperti hari-hari biasa saja. Duh, buat yang anak-anak dijaman sekarang yang sabar ya, saya cukup merasa kasihan. Hehe. Meskipun saya sendiri gak tau juga perasaan mereka hidup dijaman sekarang kaya gimana, apakah seneng atau biasa aja. Tapi kalau saya jadi anak-anak lagi di masa sekarang, kayaknya bakalan gak kerasan saya. Haha.
Banyak sekali pengalaman, moment, cerita dan berbagai hal lainnya yang tidak bisa lagi kita dapatkan di era sekarang ini. Dari jajanan yang fenomenal di tahun 90’an, permainan-permainannya yang mengedepankan nilai kebersamaan, dan celoteh-celotehan anak yang bikin ketawa. Dengan postingan kali ini saya mencoba mem-flashback kebelakang tentang dunia 90’an. Apa yang pernah dialami anak 90’an yang tidak dialami anak sekarang. Semoga anak-anak jaman sekarang yang baca bisa tahu tingkah anak 90’an😀
  • Dimuali dari jajanan khas dan fenomenal di tahun 90’an

Coklat Payung

coklat_payung_-_sezaihtiari_tumblr
Banyak banget jajanan bernuansa cokalat di warung-warung deket sekolah atau deket rumah. Salah satunya ya, coklat payung ini. Bentuknya yang mirip payung lengkap dengan gagangnya ini adanya cuma rasa coklat. Tapi ada juga yang rasa campuran, coklat dan strawberry

Coklat Cap Jago

images
Jajanan coklat selanjutnya yaitu coklat cap Jago. Rasa coklat yang begitu khas buat selalu setia beli di warung

Permen Rokok

pERMEN+ROKOK
Apakah ada anak 90’an yang belum pernah makan yang namanya permen rokok ini? pastilah kebanyakan sudah pernah coba permen unik yang satu ini. Biasanya makan sambil pura-pura nongkrong dengan pamer gaya ngrokok. Haha

Anak Mas

jual-anak-mas
Jajanan fenomenal berikutnya yaitu anak mas. Ini jajanan mie kremes paling terkenal di era 90’an. Bumbunya yang asin-asin enak membuat setelah habis mie-nya, bungkus disobek dan dijilatin bumbu yang masih menempel di plastik dalamnya.
  • Selanjutnya yaitu Game Nitendo paling sering dimainin anak 90’an

Super Mario Bros

Super-Mario-Bros-Screensaver_3
berperan sebagai Mario atau luigi, kita harus berpetualang untuk menyelamatkan pricess Toadstool yang di culik sama king Koopa (bowser). Melintasi 8 level (atau sering di sebut stage), yang masing masing Level nya memiliki 4 sub level. Selama pejalanan panjang, mario dan luigi harus berhadapan dengan berbagai macam musuh diantaranya Goombas si jamur jahat, kura-kura rabies, tanaman pemakan daging, ikan piranha ampe peluru meriam. namun tenang aja banyak power up yang mapu mendukung kelangsungan hidup jagoan kita, kayak Jamur, Jamur 1up dan bunga api yang mampu membuat Mario cs mampu melontarkan bola-bola api.

Duck Hunt

images+(1)
Game Shooting pertama yang kumainkan, dalam game ini tugas kita adalah menembak sebanyak-banyaknya bebek2 liar yang berkeliaran di sebuah areal dengan rumput yang panjang, satu semak dengan satu pohon (tempatnya itu2 aja deh), di bantu oleh seekor anjing kurap yang bakal ngenangkap semua bebek yang kita tembak jatuh, dan bakal ngetawain kita apabila bebek kita terbang dan lepas.

Contra

1-5
Game tembak-tembakan paling populer di jamannya, 2 orang jagoan (satu celana merah bolong di tengah, sama celana biru bolong di pantat, dan gak suka pake baju) harus menghancurkan sebuah pulau yang telah di kuasai alien, dengan senjata2 mutakhir kayak S (shotgun, tapi karena masih kecil suka di sebut senjata “sebar” karena pelurunya nyebar),L (laser (yg kalo di tahan bisa kayak light saber) F (fire yang lebih mirip bakso), M (machine gun, yang nampak kayak bakso warna merah) dan R (Rapid).Bos terakhir berupa otak sang alien, yang bersarang di dasar pulau, susah banget deh apalagi kalo main nya sambil koprol depan koprol belakang di jamin susah banget ! Untuk menamatkan game ini dengan 3 nyawa, adalah sangat susah, maka dari itu ada satu kode untuk menghadapinya. Nyawa 30 : Di layar judul tekan Up, Up, Down, Down, Left, Right, Left, Right, B, A, Start.Sekarang tinggal serang alien-alien itu!
  • Ada juga barang-barang khas dari anak 90’an



Tempat Pensil yang Komplit Sekomplit-komplitnya

images+(2)
Mau naruh apa aja bisa disini. Haha. Tempat pensil bolak-balik. di samping ada rautan. Kadang bertingkat kaya rumah susun. Ada tempat rahasianya juga buat nyimpen uang. Hehe.

Tazos

6699005043_80879f2925
Biasanya dapet Tazos dari hadiah makanan ringan sebangsa chiki dan kawan-kawan. Ada gamabar-gambar tokoh kartun yang beraneka ragam yang kalau di lihat dari berbagai sisi, gambarnya bisa berubah. Biasanya dimainin untuk dipasang-pasangin layaknya puzzle.

Tamiya

6699008065_e878b9c691
Anak Cowok tahun 90’an pasti pernah yang namanya main tamiya. Sampai otak-atik mesinnya yang cuma modal ngawur dan iseng-iseng ikut kompetisi tamiya yang diadain di kampung. Tamiya dulu juga pernah menjadi barang hadiah dari berbagai macam merek sepatu. Jadi kalau beli itu sepatu, maka berhadiah tamiya. Tapi biasanya tamiya hadiah begitu, 2-3 hariudah rusak gara-gara nabrak tembok. Haha

Tamagotchi

images+(3)
Meskipun belum sempet yang namanya main Tamagotchi, tapi di era 90’an mainan ini menjadi daya tarik bagi anak-anak yang bisa dibilang memiliki jiwa ke-ibuan/ke-bapakan. Haha. Pasalnya tamagotchi ini seperrti layaknya anak kita, yang harus kita beri makan supaya tidak mati.

Sumber : http://bimoinbox.blogspot.com/2013/05/mengenang-kembali-masa-90an.html

cats
Melanjutkan postingan saya mengenai Mengenang Kembali Era 90’an, namun kali ini sedikit berbeda walaupun bertema sama yaitu Era 90’an. Di postingan saya kali ini, saya akan membahas seputar mitos yang berkembang dikalangan anak-anak pada masa 90’an. Untuk masa anak-anak dulu, mitos-mitos ini layaknya suatu yang dianggap sangat penting untuk tidak dilanggar. Namun kenyataannya mitos-mitos anak 90’an jika kita bahas lagi, mungkin bukannya takut malah ketawa geli. Hahaha.

1. Pensil Pendek Sekelingking

ppendek
Nah, mitos yang berkembang dengan benda yang satu ini yaitu, jika kita masih menyimpan sebatang pensil yang panjangnya hanya sekelingking maka harus cepat-cepat dibuang. Karena banyak yang bilang kalau tetep digunakan nanti ibunya cepet meninggal. Anak 90’an rata-rata percaya sama mitos ini. haha

2. Minum Bareng Satu Sedotan

segelas-berdua
Ini dia mitos yang kalau kita nalar sekarang, gak mungkin banget. Haha. Cuma minum segelas berdua aja di bilang bisa bikin hamil kalo cewek sama cowok. Tapi namanya anak-anak, dulu saya percaya banget sama mitos ini. Haha.

3. Ngantongin Batu Kalau Kebelet Boker

Optimized-BatuKoralBengkulu-1
Mitos yang satu ini sepertinya masih sampai sekarang ya. Jika kebelet boker, ambil aja batu terus di masukin ke kantong. Banyak juga dulu yang bilang berhasil, tapi kalau menurut saya itu cuma sekedar sugesti. Hehe.

4. Utang Darah Kalau Ngelangkahin Orang Tidur

4504562_20130330010419
Menurut saya, ini mitos yang paling absurd. Apa hubungannya nglangkahin orang tidur sama utang darah? Haha. Jadi mitos yang berkembang gini, jika kita nglanglahin orang yang sedang tidur maka kita harus balik lagi nglangkahin orang itu dari arah berlawanan supaya gak utang darah.

5. Minta Duit Sama Halikopter

hli
Sama absurd-nya dengan mitos sebelumnya, tapi yang ini gak parah-parah banget. Jadi kalau lagi di dalam rumah terus denger suara halikopter lewat, maka cepet-cepet keluar rumah sambil neriakin tuh halikopter (tak lupa ‘da-da-da-da’) buat nurunin duit. Hahaha.

6. Bintik Putih di Kuku yang Menentukan Jodoh atau Musuh

gariskuku
Tiap hari pasti di sekolah liat-liatan kuku sama temen buat tau siapa yang suka sama kita dan yang benci sama kita. Jika di kuku kanan ada bintik putih 3-misalnya, maka ada 3 orang yang lagi suka sama kita. Kalau sebaliknya itu di tangan kiri, maka ada 3 orang yang benci sama kita. Haha.

7. Kasih Napas Pesawat Kertas

pskrtas
Anak 90’an pasti sering main pesawat-pesawatan dari kertas. Namun sebelum menerbangkannya, ada ritual tersendiri yang wajib untuk dilakukan. Yaitu dengan kasih napas di ujung depan pesawat dengan mulut yang katanya bikin pesawat jadi bisa terbang jauh.

8. Menentukan Jumlah Anak dari Pergelangan Tangan

pergelangan+tangan
Coba lihat di pergelangan tangan deket nadi, kalau ada jendolan kaya telur kecil satu berarti nanti kalau nikah punya anak satu, kalau dua anaknya dua, dst. Permainan anak 90’an banget. Haha.

9. Pulpen Harum

132-382-thickbox
Anak 90’an pasti pernah punya pulpen yang baunya wangi. Tapi ada juga yang bilang kalau jangan mencium bau pulpen itu, karena mengandung narkoba yang berbahaya. Sampai sekarang, gak tau juga itu mitos bener apa enggak..

10. Gak Boleh Dudukin Bantal

bantal
Ini mitos sebenarnya bagus juga buat etika. Soalnya bantal kan untuk kepala, gak enak kan kalau tidur di bantal bekas di dudukin orang. Tapi tetep gak masuk akal juga kalau duduk di bantal bisa bisulan. Haha.
Itulah beberapa mitos yang berkembang di tahun 90’an. Sebenarnya masih banyak lagi mitos-mitos yang belum saya sebutkan. Seperti, jangan nunjuk makam, jangan main sampai maghrib nanti bisa di culik wewe gombel, dan mitos-mitos lainnya. Mitos-mitos unik tersebut masih adakah di kalangan anak-anak sekarang? Hahaha.

Sumber : http://bimoinbox.blogspot.com/2013/05/mitos-anak-90an.html

 

100 Gaya Hidup ABG 90an Yang Mungkin Pernah Kamu Alami

 

Gaya hidup anak muda jaman sekarang mungkin berbeda dengan gaya ABG jaman dulu taun 90′an. Banyak hal yang unik lucu dan gokil yang sekarang udah gak dilakukan alias udah gak jaman. Tapi apa salahnya kita coba mengingat masa 90an dulu, lumayan bikin ketawa, bisa-bisa ngakak abis dah. Di pertengahan tahun 2010 ini, udah 10 tahun lebih gaya hidup ABG berubah, masih ingat ga yah hal-hal di tahun 90an berikut yang bikin kita ketawa ato nyengir dikit lah :
Inilah 100 Gaya Hidup ABG (Anak Baru Gede) Taun 90an :
1. Make sepatu ala ABRI merek Dok Mart (ngerengek pengen dibeliin)
2. Make wardrobe merek ALIEN WORKSHOP (pokoknya paling keren dijaman itu )
3. Menjadi Korban Celana Bergaris (KCB) merek MAMBO
4. Ga lupa beli juga sepatu La Gear Light (yang bisa nyala itu loh)
5. Motong rambut ala Andy Lau n Jimmi Lin (Belah Dua nya ga nahan…)
6. Yg cewek ga mau kalah, minta dipotong ala DEMI MOORE (idol jaman 90an)
7. Yg kurang suka Andy Lau, bisa minta ala Jambul Tin Tin
8. Maen DingDong pake Koin
9. Game fav pas istirahat : Game Watch (baca : GIMBOT) yg diiket pake aki yg maennya sambil jongkok, truz kalo dah abis si mangnya bilang… “Mang nya mau pulang”
10. Ngoleksi Kartu Basket (Michael Jordan paling dcari jaman itu,,hehehehe)
11. Ngoleksi Kartu Dragon Ball (ada yg hologram, ada yg Double)
12. Yg cewek ngoleksi dan tuker2 an stiker luthu-luthu .
13. Yg cewek juga maen BP, itu lho org2an(banyaknya sih gambar cewe) dari kertas, yang bisa diganti2 bajunya (dari kertas juga) yg dijual di emang2…
14. Maen TAMIYA. sampe ikut pertandingannya juga… walopun ngerakitnya ga bisa- bisa…
15. Ngemil ANAK MAS COKLAT SUPERMAN, COKI-COKI…
16. Beli COKLAT AYAM (kalo ga salah harganya 50 perak jaman itu)
17. Makan permen karet YOSAN, skalian ngumpulin huruf2nya Y- O– S – A – N (tp yg “N” susyeee bner dapetnya..lupa diproduksi kaliiie yeee)
18. Makan JAGOAN NEON biar lidahnya berubah warna…
19. Beli sablonan ADIDAS buat di sablon di tas,clana, dll
20. Ga pernah ngelewatin SI DOEL ANAK SEKOLAHAN (Sekarang dh jadi si Doel wakil bupati)
21. Nonton kartun Remi, Lika Liku Laki-Laki,Gara-Gara, pake kacamata 3 Dimensi (bela-belain buat beli kacamata 3Dnya)
22. Setelah era alien berlalu gantian Pake baju ala POINT BREAK
23. Bangga make tas tipis merk ALPINA
24. Beli GULALI yg bisa dibentuk macem2, yg warnanya ijo ama merah (paling seneng beli yg bisa di tiup..sambil makan sambil priiiiit)
25. Nonton KOTARO MINAMI jadi Ksatria Baja Hitam dan DORAEMON (sampe sekarang belum tamat-tamat)
26. Berharap di Indonesia ada acara kaya TV Champion dan Takeshi Castle
27. Penggemar setia AIRWOLF, KNIGHT RIDER, dan the legend MACGYVER
28. Nonton film dewasa BEVERLY HILLS, MELROSE PLACE n FRIENDS (sekarang dah season berapa yah !)
29. Anak-anak pada suka corat- coret tembok ma papan tulis pake tulisan macem-macem : SLANK dan DEWA 19
30. Nyolongin resleting YKK atau ALPINA buat jadiin gelang or kalung
31. Beli Tas Pinggang (wakakak, skarang kaya tukang kredit ajeee,,)
32. Belum ada HP?? PAGER lagi ngeHITS !
33. Ctak Ctuk pake TUTUP GATORADE
34. Kriminal kelas teri, Ga mau rugi nelpon? Pake aja KOIN GANTUNG (ini yang bikin TELKOM bangkrut)
35. Beralih ke SKA atau BRITPOP
36. Mantengin KUIS RAHASIA KELUARGA bareng Izur Muhtar
37. Nonton TAK TIK BOOM ama Pak Dede Yusup, APA INI APA ITU bareng Jefri Woworuntu, PIRAMIDA ma Roni Sianturi, KATA BERKAIT bareng Nico Siahaan…
38. Berusaha keras nelp biar bisa ikutan kuis JARI-JARI (baca: jareee jareeeeee)
39. Mau bisa bhs Inggris? gampang, ada SESAME STREET
40. Nonton berita di TV tentang KERUSUHAN MEI
41. Ngumpulin TAZOS dari yang Loney Toons ampe Pokemon dari Chiki, dkk.
42. ayo sukseskan GN-OTA (tau donk kepanjangannya)
43. Sedih, gara2 TIMOR TIMUR lepas dari RI
44. Melihara binatang/Bayi ala TAMAGOTCHI (ampe ada yang nangis pas tamagotchi-nya mati)
45. Maen MARIO BROS MORTAL KOMBAT , STREET FIGHTER, KONTRA di NINTENDO & SEGA
46. Make NECKERMAN or CARVILL
47. Deg2an nonton SUSI SUSANTI, ALAN BUDIKUSUMA,HARIYANTO “smash 100watt” ARBI, dan RICKY-REXI
48. Ngikutin pilem SI MANIS JEMBATAN ANCOL (si manis,suit suit, seksi bner kamu)
49. RIA ENES-SUSAN lg sering nongol di tivi
50. Di saingi oleh duet BONDAN PRAKOSO-ENNO LERIAN (si Lumba-lumba, makan dulu……..) Dan sederetan artis cilik lainnya… Maisy, Chikita Meidi, Cindi Cenora, Trio Kwek-Kwek, Agnes Monica.
51. Bibit sinetron baru2 aje muncul, kaya ABAD
21,TERSANJUNG, BELLA VISTA, NOKTAH MERAH PERkimpoiAN, (inilah cikal bakal penghancur bangsa,,hqhqhqhq…)
52. AMKM (anda meminta kami memutar) di TPI lg hot2nya(duuuh, jeng rina gunawan, masyii kuruuuus bgt looow)
53. Ga bisa kluar rumah? Gampaaaaaang, belanja aja lewat TV MEDIA (masi inget smart-mob, pisau GINSU,ABDOMINIZER, AURY??? Cuma 999.999 !!!! ) wakakakakaak
54. Make jam G-SHOCK (walaupun abal2 yg penting G- SHOCK)
55. Ngikutin WILD ROSE (Rosaaaa…..) ..wakakakakak, telenopela pertamaaaa tuuuh… diikuti oleh Marimar dll
56. Make Rautan Kaca di sepatu buat ngintip (bibit cabul mulai keliatan..)
57. Serial Jepang RINDU-RINDU AISAWA (yang lagunya Tetes air mata mengalir sedih…. Aku pun menangis dalam bayang sepi… ) Keren deh…
58. Jam 7 malem dan Jam 9 malem mesti nonton DUNIA DALAM BERITA
59. Jokes uang GOPEK versi gambar MONYET (Asalamualaikum… Iwannya ada??…ooow, ada di belakang, kamu ke blakang aja…!)..basii
bgt tuh jokeeee,,tp okelah jaman itu..
60. Telat ngaji gara-gara nonton LEGENDA ULAR PUTIH truz kisah cinta YOKO DAN BIBI LUNG…
61. Mesti ngapalin RPUL – RPAL – BUKU PINTAR
62. Kalo 80an punya speda bmx, 90an punya FEDERAL..canggiiih.. Perjuangan Belajar Sepedah yang Jatuh Bangun…
63. Make kalimat “E GE PE” (emang gue pikirin…!! ….yaa ga usa dipikirin)
64. Sering ngomong “AU AAAH, ELAAAAP”..( hahaha,memang jaman kegelapan tuh 90an)
65. Dapet salam dari EKO…(eko siapa??)..EEEE, KOOK LOYOOO!!!!.. .(hahahahaha)
66. Ngikutin kata-kata iklan “SAYA MAU YANG PALIING ENAAAAK”
67. Iklan juga ” AAAAHH, TEORRRRIII”
68. Godain mbak2 penjaga tol dengan ngomong“XON-C nya MANAAAA????”
69. Maen “DONAL BEBEK, MAJU TIGA LANGKAH, MUNDUR 3 LANGKAH” (lupa-lupa-inget terusannya..)
70. Ngata-ngatain temen dengan nama BAPAKnya..(gue banget nihh pling demen kalu ngatain tmn yg d’taksir karna shy shy cat* malu malu kucing, hahahaa jadi maen kata kataan nama bapak kalau udah parah nama ibu juga ikutan, wakakakaka ga jelas banget)
71. Sering ngomong “DI, DI, YUK MAEN BOLA LAGI”..
72. Maen GIMBOT yg bisa ngomong“BEGO LO!… OKE JUGA LO” TETRIS JUGA EKTRIS…EKSIS maksudnya…
73. Maen TANK BAJA (kedua tangan kita digabung ama tangan temen kta, trus disilangin.. misiii, tank mau lewaaaat)
74. Bulan Puasa Ngisi TTS…
75. Si KOMO bikin macet jakarta (lebih dulu daripada busway tuh)
76. COBOY, COOL COLOR, ME lg naek daooon
77. Ngerap bareng IWA K dan DENADA
78. Ngoleksi komik CANDY- CANDY
79. Yg cowok baca KUNG FU BOY dan DRAGON BALL
80. Beli penghapusan bentuk huruf2 yg atasnya ijo and berbau wangi
81. Kertas Surat (Kertas Binder ) yang gambarnya macem- macem Tokoh Kartun…
82. Pengganti warkop? Ya PADHYANGAN PROJECT
83. DENGAN KEKUATAN BULAN… AKAN MENGHUKUMMU… Hyahahah… SAILOR MOON
84. Ayayayay… Ayayayay… Alfa dipanggil POWER RANGGER…
85. Penghapus berbentuk buah- buahan juga banyak beredar… Hadiah dari TWISKO kalo ga salah
86. Hati-Hati Pulpen Harum berisi narkoba…
87. Pulpen yang bisa dikalungin juga….
88. Baju Kodok Punya ? Nyambung dari atas kebawah…
89. Ngumpulin hadiah dari HAPPY MEAL…
90. Ngabur N Ngiprit Kalo mau di suntik Imunisasi di sekolah….
91. Maen Gambar… Kadang- kadang jadi Bandar…
92. Kelereng… A.K.A Gundu… mengisi sore hari jaman jadul….
93. Kuis DangDut…. Apaaan Tuh….
94. Film Vampir…. Setiap Sabtu di RCTI…
95. Boboho juga jadi idola… Sekarang Dah gede kali yah…
96. Ajang Pencarian bakat di taun 90an ASIA BAGUS….
97. Lagu-lagu Malaysia rame di Indonesia… EKSIS, AMI SEARCH, apa lagih yah…
98. DENPASAR MOON, SARMILA, jadi lagu wajib….
99. Acara tangga lagu musik pertama kalo ga salah tu DELTA…
100. Ditunggu-tunggu setiap malem minggu… SPONTAN… UHUUUUYYY

Gimana menurut agan2 100 gaya hidup ABG tahun 90′an ke atas sampe thun 2000′anawal lah, masih inget semuanya ga tuh? Buat yang pernah ngalamin pasti bener kan, tapi buat ABG sekarang jadi tau gimana ABG taun 90′an dulu, kali aja masih ada yang mau ngikutin

Sumber : http://dhahnd371.wordpress.com/tag/mengenang-masa-lalu/
Itulah sekilas bagi kita untuk mengenang kembali masa-masa dimana kita sebagai generasi 90’an merasa ingin kembali ke jaman itu. Semoga postingan saya kal ini bisa mengobati kerinduan akan masa di era 90’an. Jika ada waktu lagi, saya akan share lagi tentang dunia 90’an yang fenomenal itu. Jangan lupa beri komentarnya ya😀