Foto: Getty Images/ Ed Jones

 

Malem Minggu kongkow dan bergadang rame-rame? Seru abis! Tapi, kalo tiap malem terpaksa bergadang gara-gara susah tidur? Wuah, nggak asik! Paginya di kelas pasti bakal ketiduran. Dimarahin guru lagi…dimarahin guru lagi! So, gimana caranya biar kalo malem mata mau merem?

Do’s:
•   Mandi air hangat!
Biar bisa tidur, badan kudu rileks. Dan biar badan rileks, suhu tubuh kudu turun dulu. Masalahnya, nurunin suhu tubuh tuh nggak gampang! Setelah seharian beraktivitas, suhu tubuh kita kan pasti naik. Trus, gimana dong? Gampang. Mandi air hangat aja! Begitu kepala dan badan keguyur air hangat, pelan-pelan semua sel saraf dan otot bakal lemes. Bikin badan terasa rileks dan ngantuk cepet dateng!

•   Stretching
Stretching alias meregangkan otot-otot, bakal merangsang keluarnya hormon endorfin dalam otak. Nih hormon konon efeknya hampir sama dengan morfin. Selain ngurangin rasa sakit, juga ngurangin aktivitas sel-sel saraf otak. Kalo aktivitas sel-sel saraf otak jalannya slowly, badan pasti rileks. Kalo udah gini, semenit kemudian juga udah pules.

Don’t:

•   Minum air dingin

Jack, air dingin yang masuk ke dalam tubuh tuh bikin organ-organ tubuh jadi shock. Gara-gara itu, suhu tubuh yang mestinya kalo malem udah turun perlahan-lahan, jadi kepental naik lagi. Makanya badan yang tadinya udah mulai layu jadi segar kembali.
•   Ngerokok malem hari
Lo tau dong kalo rokok itu mengandung zat yang namanya nikotin? Nah, nikotin ini punya efek memaksa organ-organ tubuh kerja rodi. Misalnya, bikin detak jantung dan tekanan darah jadi superkenceng. Kalo semua organ kerjanya rodi, gimana badan bisa rileks?
•   Ngelakuin aktivitas yang “seru-seru”
Main game, nonton film action, baca komik silat, atau dengerin musik cadas, bakal memacu produksi hormon adrenalin dalam tubuh. Lha, kalo hormon adrenalin jumlahnya meningkat, badan kan jadi tegang terus. Jack, badan tegang, mana bisa tidur?
•   Maksain tidur
Saking pengennya tidur, dalam otak pasti muncul pikiran, “Gue pengen tidur…gue pengen tidur…” Buntutnya? Wuah, malah nggak tidur-tidur! Ya iya lah, gimana mau tidur kalo otak diajak muter terus gitu. Makanya nggak usah maksa banget deh. Daripada terobsesi sama keinginan pengen tidur, mending lo ngehayal yang enteng-enteng aja.(*)