[IMG]

Presiden pertama Indonesia, Sukarno, memang dikenal sebagai sosok yang bijaksana, bersahaja dan tegas; dapat dilihat dari caranya berpidato di depan rakyatnya atau di hadapan dewan resmi saat ia masih menduduki kursi kekuasaan. Disamping itu, ternyata ada beberapa hal yang membuat Sukarno terkenal sebagai orang yang sakti. Berikut beberapa kejadian yang bakal bikin kamu tercengang.

Percobaan pembunuhan

[IMG]

Seorang kepala negara memang rentan terhadap ancaman pembunuhan dari lawan politiknya. Sepanjang sejarah

Amerika saja, empat presiden terbunuh. Dan percobaan pembunuhan juga tidak terlepas dari seorang Sukarno. Terhitung sejak menduduki kursi presiden pada tahun 1945, ia terhitung 7 kali mengalami percobaan pembunuhan. Antara lain adalah pelemparam granat di Cikini, serangan bom hingga penembakan saat salat Idul Adha.

Dan hebatnya, ia selamat dari semua usaha tersebut. Apa sebenarnya rahasia pembaca teks proklamasi Indonesia ini?

Dilindungi Tuhan

[IMG]

Sukarno sendiri menyadari adanya ancaman dan usaha pembunuhan atas dirinya yang datang bertubi-tubi. Ia bahkan menyampaikan pendapatnya tentang hal tersebut pada pidato Nawaksara yang disampaikan di penghujung kekuasaannya pada tahun 1966.

“Syukur alhamdullilah, saya dalam semua peristiwa itu dilindungi oleh Tuhan. Kalau tidak, tentu saya sudah mati terbunuh. Dan mungkin, akan saudara namakan Tragedi Nasional,” kata Soekarno dalam pidatonya.

Memiliki pelindung lain

[IMG]

Masyarakat memang banyak yang mengagumi sosok Sukarno juga pidato yang disampaikannya, termasuk pidato Nawaksara yang sangat memukau dan diingat sampai sekarang. Dan sampai saat ini pun orang-orang masih percaya bahwa sebenarnya semasa hidupnya Sukarno memiliki pelindung lain yang menghindarkannya dari kejadian-kejadian buruk termasuk menyelamatkannya dari usaha pembunuhan atas dirinya.

Pelindung itu dalam bentuk jimat yang selalu dibawanya kemana-mana, antara lain Aji Lembu Sekilan. Jimat ini konon dimiliki Patih Gajah Mada. Kehebatan jimat ini sanggup melindungi pemegangnya dari bahaya. Kalau kamu mengamati foto-foto Sukarno, kamu akan mendapati kalau beliau selalu membawa tongkat komando. Tongkat tersebut juga dipercaya sebagai jimat presiden pertama Indonesia itu.

Tongkat komando Soekarno dibuat dari Kayu Pucang Kalak. Kayu jenis ini dianggap memiliki khasiat kanuragan. Bila ditaruh di atas air, maka bayangan kayu ini akan menyerupai ular yang sedang berenang. Di dalamnya terdapat sebuah keris yang merupakan warisan dari ibu Soekarno, Idayu Nyoman Rai yang masih keturunan Raja Singasari.

Sumber