Inilah postingan selamat datang Presiden Megawati di Korsel (foto: Facebook)

Inilah postingan selamat datang Presiden Megawati di Korsel (foto: Facebook)

JAKARTA – Sebuah spanduk bertuliskan ‘Selamat Datang Ibu Presiden Megawati Soekarnoputri di Busan Indonesia Centre’, Korea Selatan beredar di media sosial Facebook. Spanduk selamat datang tersebut tertera penyambutan 18 Oktober 2015.

Adalah Jonru, pemilik akun Facebook tersebut dan mengunggah foto spanduk kontroversial dan menarik perhatian puluhan ribu pengguna medsos.

“Presiden Indonesia sudah ganti? Oleh-oleh dari Busan, Korea. Foto dikirim oleh beberapa teman di Twitter. NB: Yang bikin saya penasaran, kok tanggalnya 18 Oktober 2015?,” tulis Jonru di akun Facebook miliknya, Senin (12/10/2015).

Atas postingan yang dilakukan Jonru tersebut, foto spanduk itu disukai oleh 11.845 orang dan dibagikan kepada 4.622 pengguna medsos lainnya.

Entah apa maksud dari pembuat spanduk tersebut yang jelas-jelas menuliskan Presiden RI bukanlah Joko Widodo, namun hingga berita ini ditulis, baik pemilik akun maupun berbagai pihak terkait belum juga memberi komentar. (MSR

http://news.okezone.com/read/2015/10/13/337/1230844/beredar-spanduk-selamat-datang-presiden-megawati-di-korsel

Disambut ‘Spanduk Presiden’, Sebenarnya Apa Tujuan Megawati ke Korsel?

Disambut Spanduk Presiden, Sebenarnya Apa Tujuan Megawati ke Korsel?

Jakarta – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri disambut spanduk ‘Selamat Datang Presiden’ dalam kunjungannya ke Korea Selatan. Sebenarnya, apa tujuan Megawati ke Korsel?

Informasi yang diterima detikcom dari PDIP, dijelaskan ada serangkaian kegiatan Megawati di negeri ginseng. Salah satu yang utama adalah Megawati akan menerima gelar doctor honoris causa.

“Kami informasikan bahwa Ibu Megawati akan menerima gelar kehormatan Doctor Honoris Causa pada tanggal 19 Oktober 2015,” demikian penggalan bunyi informasi dari PDIP yang dikutip detikcom, Selasa (13/10/2015).

Tak disebutkan dengan gamblang institusi pendidikan mana yang akan memberi Megawati gelar honoris causa. Namun dijelaskan, Megawati diundang oleh Gubernur Provinsi Jeju dan Korea Maritime and Ocean University.

Ketum PDIP itu akan berada di Korsel pada 15-21 Oktober 2015. Pemberian gelar doctor honoris causa akan dilakukan pada 19 Oktober 2015.

Selain itu, Megawati juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Korsel dan Ketua Partai Saenuri. Partai Saenuri adalah partai penguasa Korsel saat ini.

Soal spanduk ‘Selamat Datang Presiden’ yang sudah dipasang di Busan dalam rangka menyambut Megawati, KBRI Seoul sudah memberi penjelasan. Spanduk itu dipasang oleh Warga Negara Korsel pemilik Gedung Busan Indonesia Center (BIC) tanpa berkonsultasi dengan KBRI Seoul.

Berikut penjelasan lengkap KBRI Seoul soal spanduk tersebut:

KLARIFIKASI KBRI SEOUL MENGENAI SPANDUK DI BUSAN INDONESIA CENTER

1. Spanduk dibuat oleh Warga Negara Korea yang merupakan pemilik gedung yang dinamakan Busan Indonesia Center (BIC) tanpa berkonsultasi dengan KBRI Seoul.
2. KBRI Seoul menyewa sepetak ruangan di gedung BIC untuk pelayanan kekonsuleran.
3. KBRI Seoul telah meminta pemilik gedung untuk memperbaiki spanduk tersebut dengan penyebutan Presiden RI ke-5.