Gunung pelangi di Cina via Huffingtonpost

Pada umumnya di negeri kita, gunung terlihat hijau gelap karena ditumbuhi oleh pepohonan lebat. kadang juga kuning gelap untuk gunung yang gundul. Sedangkan di Jazirah Arab, gunung umumnya terlihat berwarna coklat kehitaman karena warna batu-batu yang ada di gunung tersbut. Namun, tahukah kamu jika ada gunung pelangi? Gunung ini tak hanya berwarna hijau atau kuning saja, tapi memang banyak warna yang mewarnainya, sehingga gunung ini disebut gunung pelangi. Hal ini menjadi salah satu kebenaran Alqur’an yang ada pada Surat Fathir Ayat 27.

Ketika turun surat Fathir ayat 27 yang menyebutkan adanya gunung beraneka warna, banyak orang arab yang tak mengetahuinya, bahkan tak bisa membayangkannya. Hal ini wajar karena di Arab gunungnya memang terlihat berwarna kuning keitam-hitaman.

Allah SWT berfirman:

“Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.”  (QS. Fathir: 27)

Dalam tafsir Ibnu Katsir, beliau mengatakan : “Dia menciptakan gunung-gunung yang beraneka ragam warnanya sebagaimana yang dapat kita saksikan, ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah. Pada sebagiannya ada yang bergaris-garis.”

Gunung berwarna-warni di Cina via Huffingtonpost
Indahnya gunung pelangi di Cina via Huffingtonpost

Di atas adalah foto sebuah gunung asli. Yap, inilah gunung pelangi yang dimaksud pada awal artikel tadi. Gunung ini berada di Cina, tepatnya di Provinsi Gansu. Gunung tersebut memili luas sekitar 300 kilometer persegi. Gunung ini memiliki banyak warna yang bergaris-garis, mulai dari merah, biru, hijau, coklat dan kuning. Oleh karena itu, gunung yang menjadi bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park itu disebut sebagai Rainbow Mountains (Gunung Pelangi).

Warna-warni dari gunung tersebut berasal dari lapisan batuan berpasir dan mineral dengan berbagai macam warna yang menyatu sejak berjuta-juta tahun lalu, yang kemudian membentuk hamparan gunung berwarna-warni yang sangat mengangumkan seperti sekarang ini.

Sejak tahun 2010, gunung pelangi di Cina ini telah menjadi salah satu UNESCO World Heritage Site, (situs warisan dunia UNESCO), dimana Candi Borobudur juga pernah masuk di dalam UNESCO World Heritage Site.

Jika dikaitkan dengan surat Fathir ayat 27 yang berarti “Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” Gunung pelangi di Cina ini adalah salah satu kebenaran Firman Allah SWT.

Surat Fathir ayat 27 ini termasuk surat Makkiyah, yang berarti surat ini turun di Mekah. Lebih dari 14 abad yang lalu surat Fathir ayat 27 turun dan saat itu orang-orang Arab tak tahu ada gunung pelangi di Cina. Jadi, dari mana Nabi Muhammad SAW tahu jika tidak dari Allah, Tuhan semesta alam? Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

http://www.catatankecilku.net/2015/04/gunung-pelangi-di-cina-salah-satu-bukti.html