Foto Abraham Samad sedang bersama wanita. (Istimewa)

VIVAnews – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad membantah pria yang ada dalam foto mesra yang tersebar di dunia maya adalah dirinya.

Saat dikonfirmasi VIVAnews, Samad mengatakan, foto itu hanya upaya pihak tertentu untuk menjatuhkan kredibilitas dirinya.

“Itu hanya gosip untuk menjatuhkan kredibilitas saya setelah menetapkan status tersangka pada BG,” kata Samad, Rabu 14 Januari 2015.

Ketika ditanya apakah Samad akan melaporkan penyebaran foto mesra itu ke pihak berwajib. “Nanti kita tunggu saja langkah selanjutnya,” jawabnya.

Foto mesra pria yang mirip dengan ketua KPK, Abaraham Samad beredar luas di dunia maya sehari setelah KPK menetapkan calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan gratifikasi saat menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SSDM Mabes Polri tahun 2004-2006 dan jabatan-jabatan lainnya di Polri.
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/577892-beredar-foto-mesra-pria-mirip-abraham-samad

 

 

Bukti Rekayasa Foto Mesra Abraham Samad

Bukti Rekayasa Foto Mesra Abraham Samad

Bukti Rekayasa Foto Mesra Abraham Samad

“Memang dengan kecanggihan teknologi saat ini, semuanya bisa lebih mudah, bahkan dalam hal merekayasa. Sebenarnya untuk melakukan pembuktian terhadap keaslian foto, bisa kita lakukan dengan cara pengamatan secara visual dan metode ini. Sudah dapat dipastikan bahwa foto mesum Abraham Samad adalah hasil dari sebuah rekayasa,” ujar Janner, Rabu (14/1/2015).

Dosen Komputer Universitas Negeri Medan ini menjelaskan, dibutuhkan kepekaan dalam melihat sebuah objek. Menurutnya, foto tersebut diedit menggunakan aplikasi rekayasa dengan memanfaatkan beberapa metode, seperti Blurring (mengaburkan), Smoothing (memperhalus tepi), dan Smudging (memperhalus permukaan objek).

“Sangat disayangkan keahlian yang dimiliki digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik,” ucapnya.

Tindakan tersebut, kata Janner, merupakan sebuah tindak kejahatan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi tanpa batas dan tanpa izin. Ia berharap pihak berwenang segera mengusut kasus penyebaran foto rekayasa tersebut dan mencari tahu siapa penyebarnya.

“Jika seseorang menggunakan komputer atau bagian dari jaringan komputer tanpa seizin yang berhak, ini dapat digolongkan sebagai kejahatan di dunia maya. Proses hukum terhadap pelaku tindak pidana rekayasa foto, dapat dijerat Pasal 72 angka 5 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dan Pasal 27 ayat 1, Pasal 35 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Teknologi Elektronik,” ungkapnya.

 

http://news.okezone.com/read/2015/01/14/337/1092099/bukti-rekayasa-foto-mesra-abraham-samad

 

Agan Harahap: Foto Mesra Mirip Abraham Samad 80 Persen Asli

JAKARTA, KOMPAS.com — Foto mesra yang yang menampilkan pria mirip Ketua KPK Abraham Samad dengan perempuan mirip Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira Wirayanti, tersebar di internet kemarin malam.

Menanggapi hal ini, Abraham mengatakan, foto yang beredar itu hasil rekayasa digital. “Saya pikir itu rekayasa dan selama ini banyak orang yang ketemu dengan saya selalu minta foto,” kata Abraham, Rabu (14/1/2015).

Lebih lanjut, Abraham mengklaim, ada yang sengaja ingin menjatuhkannya setelah KPK menetapkan calon kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka. “Ini upaya untuk menyerang dan menjatuhkan saya setelah pengumuman tersangka kemarin,” Abraham menjelaskan.

Walau Abraham membantah, foto yang tersebar itu dinilai asli oleh praktisi Photoshop, Agan Harahap. “Kalau itu editan, yang edit jago banget. Menurut saya, ini 80 persen asli,” kata Agan saat dihubungi KompasTekno melalui telepon, Rabu siang (14/1/2015).

Agan menilai, foto tersebut diambil dari kamera ponsel atau webcam karena resolusinya rendah. Foto dengan resolusi rendah, kata dia, akan sangat sulit ditempel.

“Kalau diperbesar akan kelihatan banget pikselnya dan saya nggak melihat ada berkas tempelan sama sekali,” katanya.

Namun, Agan tidak dapat memastikan apakah benar pria di foto tersebut adalah Abraham Samad. “Masalahnya, kita tidak bisa memastikan apakah benar orang di foto itu adalah Ketua KPK atau bukan,” Agan menambahkan.

Nama Agan Harahap mulai ramai dibicarakan setelah foto-foto rekayasanya beredar di media sosial. Keisengannya ini berawal dari foto dirinya yang direkayasa sedang bersama selebriti dunia, seperti pentolan band Metallica.

Tokoh dan selebriti Tanah Air lainnya ialah seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan Presiden SBY, Sule, dan lainnya. Saat musim pilpres, Agan sempat merekayasa foto Jokowi dan Jusuf Kalla.

Rekayasa foto yang dibuat Agan kerap mengundang kontroversi. Banyak netizen maupun media terkecoh dengan hasil karya Agan. Foto-foto rekayasa Agan dapat dilihat di akun Instagram melalui tautan ini.

Ramainya pemberitaan foto mesra diduga Ketua KPK juga direspons Agan. Ia menggunggah foto yang jelas-jelas hasil rekayasa. Foto guyon itu menampilkan Abraham Samad sedang dipijat rapper Sean John Combs, yang lebih dikenal sebagai Puff Daddy, dengan latar belakang terlihat artis Snoop Dogg.

Agan Harahap
Foto rekayasa buatan Agan Harahap yang memparodikan ketua KPK Abraham Samad sedang dipijat Puff Daddy.