KPI Berhentikan Sinetron “Ganteng-ganteng Serigala”

KPI Berhentikan Sinetron "Ganteng-ganteng Serigala"

“Ganteng-ganteng Serigala” live saat HUT SCTV ke-24 (SenoSusanto/BION)

KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menjatuhkan sanksi serius untuk sinetron Ganteng-ganteng Serigala (GGS).

Sinetron yang tayang di SCTV itu mendapat sanksi pemberhentian sementara selama tiga (3) hari berturut-turut, yaitu tanggal 21, 22 dan 23 Oktober.

KPI memberikan sanksi tersebut karena ditemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) pada tayangan 16 Agustus 2014.

KPI menemukan pada episode tersebut, ada karakter remaja perempuan melompat ke dalam api. KPI juga mendapati adegan remaja laki-laki dan perempuan berseragam sekolah berpelukan di lingkungan sekolah.

Sebelumnya, KPI menemukan adanya adegan siswa dan siswi berpelukan di sekolah pada tayangan tanggal 30 Mei 2014.

Dilansir situs resminya, KPI Pusat menilai bahwa inti cerita program sinetron GGS tidak mengandung nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan dan budi pekerti.

Selain itu tampilan yang muncul di sinetron ini tidak sesuai dengan perkembangan psikologis remaja serta bertentangan dengan etika yang ada di lingkungan pendidikan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 6 ayat (2) huruf b dan Pasal 37 ayat (1) dan (2) SPS.

Dikarenakan sinetron GGS ini telah mendapat sanksi administratif sebanyak 2 (dua) kali, yakni pada  20 Mei 2014 dan 16 Juni 2014, maka pelanggaran yang timbul selanjutnya mengakibatkan sinetron ini harus dihentikan sementara.

Rapat Pleno KPI juga memutuskan bahwa pihak SCTV juga dilarang menyiarkan program dengan format sejenis pada waktu siar yang sama sesuai dengan pasal 80 ayat (2) SPS.

SCTV berkewajiban pula memperbaiki keseluruhan alur cerita program sinetron Ganteng Ganteng Serigala yang sesuai dengan tujuan, arah dan fungsi dari penyiaran sesuai dengan Pasal 2, Pasal 3 dan Pasal 4 SPS.

Tindakan penjatuhan sanksi penghentian sementara ini juga sudah melewati forum klarifikasi dengan pihak SCTV yang dihadiri oleh Harsiwi Achmad selaku Direktur Program dan Produksi SCTV.

 

 http://tabloidbintang.com/articles/film-tv-musik/kabar/13463-kpi-berhentikan-sinetron-gantengganteng-serigala

 

Dihentikan Sementara, KPI Minta Cerita GGS Diperbaiki

Dihentikan Sementara, KPI Minta Cerita GGS Diperbaiki

Tindakan tegas dilakukan KPI terhadap sinetron GANTENG GANTENG SERIGALA (GGS) yang tayang di SCTV setiap pukul 19.30 WIB. Mereka memutuskan penghentian sementara pada tanggal 21, 22 dan 23 Oktober 2014.
Sanksi itu dijatuhkan lantaran sinetron yang kerap menduduki rating no 1 ini melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS). Pada tayangan 30 Mei 2014 ditemukan adegan remaja berseragam bermesraan di lingkungan sekolah sehingga mendapat dua kali teguran.

Pada 16 Agustus lalu kembali ditemukan hal serupa serta adegan gadis remaja lompat ke dalam api. Karena itulah, langkah lebih lanjut terpaksa dilakukan KPI lantaran tak digubrisnya  teguran yang dilayangkan.

GGS distop tayang sementara ©KapanLagi.com/Bambang E Ros
Melalui rapat Pleno, KPI memutuskan bahwa pihak stasiun televisi dilarang menyiarkan program dengan format sejenis selama GGS tidak tayang.Hal ini tentunya menjadi kabar yang cukup mengejutkan bagi para penikmat sinetron tersebut.

Tak hanya itu saja, KPI juga meminta kepada SCTV untuk memperbaiki alur cerita GGS agar sesuai dengan tujuan, arah dan fungsi penyiaran. Seperti yang tercantum pada Pasal 2, 3 dan 4 Standar Program Siaran.

Tindakan penjatuhan penghentian sementara ini telah melalui forum klarifikasi dan dihadiri Direktur SCTV, Harsiwi Ahmad.

GANTENG GANTENG SERIGALA sendiri pertama kali muncul pada 21 April 2014 dan mendapat respon positif masyarakat. Keberhasilan tayangan ini mempopulerkan para pemainnya seperti Aliando, Kevin Julio, Jessica Mila, dan Prilly Latuconsina.

 

http://www.kapanlagi.com/showbiz/televisi/dihentikan-sementara-kpi-pinta-cerita-ggs-diperbaiki-957dda.html