Dok. GoalSpanduk yang menyerukan bahwa Catalunya bukanlah bagian dari Spanyol.

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (LFP), Javier Tebas, mengatakan, Barcelona terancam tidak akan bermain di Primera Division jika Catalunya memisahkan diri dari Spanyol.
Catalunya memang sejak lama memperjuangkan kemerdekaannya dan selalu merasa bahwa mereka bukan bagian dari Spanyol. Oleh karena itu, mereka memiliki bahasa dan bendera sendiri.Barca dijadikan simbol rakyat Catalunya untuk merepresentasikan identitas mereka sebagai sebuah bangsa. Saat ini di Catalunya ada dua klub yaitu Barcelona dan Espanyol yang berkompetisi di Primera Division.

“Jika Catalunya merdeka, dengan mempertimbangkan Undang-Undang Olahraga yang berlaku di seluruh Spanyol, maka Barcelona tidak akan diizinkan untuk bermain (di Primera Division),” ungkap Tebas.

“Harus ada perubahan dalam hukum yang dibuat oleh parlemen Spanyol. Jelas, jika hal itu (Catalunya merdeka) terjadi maka akan merugikan bagi sepak bola Spanyol karena kami akan kehilangan Barcelona.”

“Saya tidak dapat membayangkan LFP tanpa Barcelona, sama seperti membayangkan Catalunya tanpa Spanyol. Saya tidak bisa melihat La Liga tanpa Barca. Dan juga jika hal itu terjadi Anda harus menyebut liga nanti apa: Liga Spanyol atau Liga Iberia?” tuturnya.

Wah dah ga ada lagi El Clasico dong ….