Penampakan 'Romo Bebek' di puncak Gunung Slamet gegerkan sosmed

Penampakan Romo Bebek di Gunung Slamet. ©2014 merdeka.com/parwito

 Penampakan awan berbentuk mirip dengan seekor bebek atau biasa disebut warga sekitar lereng Gunung Slamet sebagai ‘Romo Bebek’ menggegerkan dan menghebohkan warga. Awan ‘Romo Bebek’ ini muncul Kamis (11/9) siang tadi sekitar pukul 12.45 WIB usai terjadi dentuman diiringi dengan lontaran lava pijar di sekitar lereng Gunung Slamet.

Munculnya penampakan ‘Romo Bebek’ ini terlihat tepat usai terjadinya dentuman dan keluarnya lava pijar dari kawah Gunung Slamet dan terlihat oleh beberapa pengunjung di Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.”Subhanallah! Astagfirullah!” ungkap beberapa pengunjung pos pengamatan Gunung Slamet sambil mengelus-elus dada mereka, Kamis (11/9).

Masyarakat sekitar Gunung Slamet sendiri mempercayainya bahwa Romo Bebek merupakan penguasa Gunung Slamet sebagai gambaran atau tanda-tanda akan ada sesuatu terjadi pada Gunung Slamet.

Selain itu, Romo Bebek ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai perwujudan sang penguasa Gunung Slamet yang merupakan anak asuh atau dalam istilah bahasa jawa ‘angonan’ (asuhan) dari Kyai Slamet yang merupakan nama lain dari Gunung Slamet.

“Kyai Slamet itu kan diibaratkan sebagai Tumenggung dari penguasa Pantai Selatan, Ibu Ratu Kidul yang dipercaya mempunyai kerajaan di Pantai Selatan,” ungkap seorang paranormal Subarno saat ditemui merdeka.com usai kejadian.

Selain menghebohkan warga yang melihat langsung, hasil pemotretan penampakan Romo Bebek dari beberapa warga yang mengabadikan saat ini ramai menyebar di sosial media seperti di Facebook.

Percaya tidak percaya, itulah mitos yang saat ini menjadi buah bibir warga sekitar lereng Gunung Slamet terkait fenomena alam memunculkan tanda-tanda atau orang jawa menyebutkan sebagai gambaran atau fenomena alam terhadap kondisi negara Indonesia saat ini.