Akhir-akhir ini ada banyak sekali teman-teman yang membicarakan MMM Indonesia. Tentang (katanya) bisnis online yang menawarkan profit share 30% perbulan. Sungguh tawaran yang sangat menggiurkan, bahkan Bank nasional maupun internasional (setau saya) belum ada yang mampu menawarkan profit share 30% perbulan.

Berikut ini penawaran yang sempat saya baca di beberapa postingan (promosi) teman-teman facebook dan beberapa blog pribadi mereka:

Suatu Konsep Baru Ekonomi Dunia Yang Jauh Lebih Fair Di Banding Sistem Ekonomi Kapitalis
Yang Telah Memberikan Kontribusi Bagi Kesenjangan Ekonomi Yang sangat lebar Antara si Kaya dan si Miskin.

Kini Telah Hadir Suatu Sistem Yang Jauh Lebih Adil MMM (MANUSIA MEMBANTU MANUSIA)
Suatu Konsep Yang Unik dan Satu-Satunya di DuniaYang Menggunakan People Power Sehingga Memberikan Suatu Potensi Penghasilan Yang Luar Biasa Bagi Anggotanya Puluhan Juta Orang Telah Menikmati Kedahsyatan Program Ini 35.000.000 lebih Member MMM Seluruh Dunia Telah Membuktikannya.

MMM TIDAK MENGEMBANGKAN UANG ANDA Tidak Ada Pengembangan Uang Member di MMM, Uang Member Tidak Diputar Di Trading atau Usaha-Usaha Yang Menghasilkan Keuntungan Uang Member MMM 100% Murni Disalurkan. Dalam Bentuk Bantuan Antar Member MMM Dari Member Untuk Member oleh Member Untuk Kejahteraan Bersama. Mungkin Anda bertanya dari mana Reward 30%/bulan yang diberikan kepada Member dari dana bantuan yang dia memberi kepada member lain ?Reward 30%/bulan yang diberikan MMM dari Dana bantuan member MMM kepada member lain murni diambil dari pendistribusian uang bebas member MMM dalam bentuk bantuan dengan mekanisme tertentuUANG BEBAS adalah uang masyarakat yang tidak terpakai,selama ini masyarakat menyimpan uang bebasnya di bank.

Ini hanya salah satu model postingan teman di facebook. Ada banyak lagi model promosinya dengan kata yang wah dan memikat. Mari sejenak kita gunakan akal, sebagai manusia yang waras.

Jika uang tersebut tidak didagangkan, dari mana 30% bisa kita dapat dalam sebulan? Jawabanya adalah dari member untuk member. Jadi kalau diibaratkan, hari ini saya membantu 1 juta member MMM, bulan depan saya akan dapat 1.3 juta dari member MMM lainya yang saya ga tau siapa. Berlaku kebalikan, jika hari ini saya dibantu 1.3juta, itu artinya ada member MMM di luar sana yang mau memberi bantuan 1.3 juta dan berharap bulan depan dia bisa mendapat 1.3 juta plus 30%.

Dari sini saja sudah sangat tidak masuk akal. Uang akan begitu saja berputar menunggu pendatang baru sebagai pensubsidi 30%, member lama juga dipastikan akan terus menambah jumlah nominalnya (deposit + 30%).

Pertanyaanya adalah jika membernya itu-itu saja, dengan deposit yang tak pernah ditambah, semua member kompak mengambil keuntungan 30%, apakah ini masih bisa berjalan? Pasti nggak. ‘Bisnis’ online ini akan mati dan semua member tidak akan mendapat 30% nya. Jika ini terjadi, tentu semua member MMM harus bersyukur, karena ini adalah skenario terbaik yang ga mungkin terjadi. Terbaik? Yup ini nasib paling baik jika kalian tetap mendapat uang deposit tanpa 30% yang dijanjikan. Karena skenario yang 99% terjadi adalah kalian akan kehilangan semua uang yang kalian setorkan, jika tidak berhenti sekarang (menarik deposit dan 30%nya).

Memang akan selalu ada orang yang bergabung. Seperti bola salju yang menggelinding, semakin lama akan semakin besar. Karena di negeri ini masih banyak orang yang bisa dibodohi. ‘Bisnis’ ini saya taksir paling lama akan bertahan sampai 6 bulan ke depan. Dan setelahnya ditutup.

Prediksi saya, ‘bisnis’ ini ditutup bukan karena sudah tidak ada lagi yang menyetorkan uangnya, tapi ditutup karena sudah mencapai target si pemilik. Kemungkinan dalang dari semua ini punya target (entah berapa milyar atau triliun) yang jika sudah tersentuh, maka dia akan menutup dan menikmati hasil jarahanya.

Tapi saya tau teman-teman saya itu ga akan menghiraukan himbauan ini. Karena mereka hanya mementingkan kantong dan penghasilan yang wah, tanpa mau berfikir logis. Pada dasarnya, dalam hal apapun, baik itu bisnis, hubungan asmara atau politik, kita harus selalu mendengar dari dua sisi. Negatif dan positif. Jika kita hanya mau mendengar yang positif saja, maka akan tiba waktunya kita akan menyesal dan terpuruk. Sama seperti partai sebelah yang para kadernya sudah tak mau percaya media nasional. Ehem.

Menegur, mengingatkan atau apalah namanya, hanya akan membuat hubungan pertemanan merenggang. Saya pernah mengalaminya. Saya masih ingat sekali ketika hampir semua teman facebook mempromosikan Wazzub. Kalau tak salah tahun 2012. Langsung saya counter attack dengan analisa logis. Dengan harapan mereka mau bertaubat dan berhenti, karena meskipun Wazzub tidak meminta membernya uang, tapi akan sangat menyakitkan rasanya jika mereka sudah berusaha wara-wiri mencari downline, kemudian tak dapat apa-apa.

Tapi begitulah, saat ini 70% dari mereka masih belum mau berkomunikasi dengan saya lewat FB (satu-satunya media sosial yang menghubungkan kami sejak 2007). Semua mereka marah saat saya komentari, menganggap saya ga mau diajak sukses. Tapi akhirnya semua orang tau kalau Wazzub memang scam. Dan teman-teman saya tersebut sebagian besar sampai saat ini masih diem-dieman. Mungkin mereka masih marah, mungkin juga malu. Entahlah.

Untuk MMM ini saya ga akan menegur dengan terlalu keras, saya cukup mengatakan “hati-hati penipuan” lewat fitur inbox. Karena kalau saya memaksa mendebat dan mereka kalah argumen, mungkin saya akan kehilangan lebih banyak teman lagi. Karena kalah dalam perdebatan dan dilihat oleh orang-orang yang mereka kenal, mungkin adalah hal yang sangat memalukan.

Jadi ketika saya dibombardir iklan MMM, saya jawab diplomatis “nanti saya fikirkan, lagi di jalan nih”. Atau kalau sudah berkali-kali inbox berikut kata-kata motivasinya, saya jawab dengan kalimat yang membuat mereka berhenti mengajak saya “saya naru di Bank XXX 800 juta, tiap bulan dapat 3,75 juta. Alhamdulillah cukup dan saya belum mau mencari usaha sampingan”. Meski kemudian ada yang malah tambah semangat mengajak dan menyarankan semua uang saya ditarik. Yang lagi-lagi saya jawab dengan santun “sudah kontrak bro sampai tahun depan. Nanti kalah habis kontrak saya join deh ya” tentu saja teman saya ini ga akan mengajak join MMM tahun depan karena insyaallah dia sudah sadar. Hihihi

Jika kekayaan bisa didapat dari cara yang sangat mudah dan sederhana, dengan cara yang semua orang bisa lakukan asal ada modal, maka ga akan ada yang namanya orang miskin. Karena bank komersil sampai rentenir menjajakan dana pinjaman lebih dari 7 hari seminggu. Bayangkan kalau ini benar, setiap orang miskin diberi pinja,an 10 juta, naka dalam 3 bulan saja sudah balik modal. Dan mereka tak miskin lagi. Alahkah indahnya hidup ini? Tapi itu hanya mimpi yang ga akan pernah terjadi.

Persetan dengan istilah uang bebas yang kalian para member MMM maksud, itu hanya teori absurd yang kalain ciptakan sendiri.

Semoga cerita ini bermanfaat bagi kita semua. Untuk Indonesia yang lebih cerdas.

 

Oleh ; Alan Budiman

Sumber ; http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2014/03/04/mmm-indonesia-penipuan-baru-yang-meresahkan-639163.html

 

Sejarah MMM

MMM Indonesia, Arisan Berantai Asal Rusia


MMM didirikan 1989 by Sergei Mavrodi, Vyacheslav Mavrodi, dan Olga Melnikova. Ketiganya menggunakan nama keluarga mereka sebagai nama usaha. MMM bermula dengan usaha jual beli computer dan peralatan kantor. Akan tetapi pada bulan Januari 1992 MMM dituduh menggelapkan pajak. Kasus ini mengakibatkan kebangkrutan. Lalu MMM banting setir ke usaha jual beli saham. Usaha ini pun tidak mendatangkan hasil yang baik.

Bulan February 1994 MMM memulai usaha pyramid scheme atau phonzi. Pyramid scheme atau phonzi yaitu usaha mengumpulkan dana masyarakat dengan iming-iming pengembalian atau profit yang tinggi. Investor juga wajib merekrut member lain untuk menyetor dananya. Usaha ini biasa disamarkan dalam aneka bentuk seperti kospin, MLM, atau aneka bisnis investasi gadungan lainnya.

Dimasa itu MMM mengumpulkan dana masyarakat dengan janji hasil investasi 1.000% setahun! Rakyat Rusia yang sedang dalam masa transisi reformasi berbondong-bondong menanamkan duitnya. MMM berhasil mengumpulkan dana rakyat Rusia dalam jumlah yang sangat besar, sampai mencapai USD50 juta (Rp500 M) per hari! Bisnisnya tetap berjalan karena Pyramid Scheme merupakan usaha legal di Rusia.


Sergey Mavrodi: Jagoan arisan berantai (Pyramid scheme)

Akan tetapi pada bulan July 1994 MMM ditutup pemerintah Rusia karena tuduhan pengelakan pajak. Saat itu, MMM berhutang antara 50 Milyar – 100 trilyun Rubel (mata uang Rusia) kepada para investornya. Wikipedia menyebut setidaknya 50 orang investor bunuh diri karena tidak mendapatkan uangnya kembali. MMM kemudian dinyatakan bangkrut pada bulan September 1997.

Sergey Mavrodi sempat menghilang. Ada yang mengatakan ia pindah ke AS, ada juga yang meyakini ia tetap di Moskow sambil memanfaatkan uang masyarakat yang telah dikumpulkannya. Dari persembunyiannya, Mavrodi dengan dibantu rekan dan kerabatnya masih sempat mencoba usaha yang sama. Kali ini dengan menggunakan bisnis ‘permainan saham’ dengan janji pengembalian investasi 200%. Meski pernah jatuh, bisnis Mavrodi masih menarik minat banyak orang. Tidak lama kemudian, bisnis ini kembali bangkrut dan sekitar 20.000 – 275.000 orang kehilangan uang mereka. Kerugian para korban ditaksir mencapai USD5,5 juta (sekitar Rp50 milyar).

Tahun 2003 Mavrodi ditemukan lalu dijebloskan ke dalam penjara. Ia dihadapkan pada sejumlah tuntutan. Ia baru bebas dari hukuman pada tanggal 22 Mei 2007. Tidak kapok-kapok, Mavrodi kembali menjalankan bisnisnya, kali ini dengan nama MMM-2011. Dengan gamblang Mavrodi menyatakan bisnisnya sebagai bisnis pyramid dimana ‘orang memberi saling memberikan uangnya, tanpa alasan yang jelas.’ Entah mengapa, pada bulan Mei 2012 ia menutup MMM-2011.

Tetapi ditahun 2011 ia telah meluncurkan MMM di India yang disebut MMM India. Beberapa bulan terakhir MMM Indonesia juga telah beroperasi. Member menyetor uang, lalu merekrut member lainnya, kemudian member mendapatkan bonus dari hasil setoran member di bawahnya. Dapat dipastikan MMM hanya akan beroperasi di negara-negara berkembang karena negara-negara maju jelas menetapkan pyramid scheme seperti ini sebagai bisnis terlarang dan illegal.

Tidak Ada Jaminan Investasi?
MMM jelas bukanlah bisnis investasi. Dalam website atau video-video yang ditayangkan oleh MMM, secara gamblang dijelaskan bahwa MMM tidaklah melakukan investasi atau memutar uang tersebut dalam suatu industri atau bisnis tertentu. Uang yang dibayarkan kepada member semata-mata berasal dari member yang menyetor sebelumnya. Betul-betul bisnis murni piramida atau phonzi.
Karena tidak ada jaminan, bisnis ini (katanya) didasarkan atas rasa saling percaya di antara member. Suatu hal yang tentu tidak mudah karena para member sendiri belum tentu saling kenal. Sistim jual beli poin diistilahkan Give Help (‘Membantu’) saat join /membeli poin dan Get Help (Minta Bantuan) saat menjual poin alias menarik dana.

Member yang akan bergabung membeli sejumlah unit poin yang disebut MAVRO. Keuntungan member nantinya ditentukan oleh nilai MAVRO ini. Setiap bulan nilai MAVRO dinaikkan dan diatur secara pribadi oleh Tuan Mavrodi sendiri (hebat ya…). Dengan kata lain, makin lama harga untuk bergabung ke MMM akan semakin naik karena nilai poin akan dinaikkan.Secara sederhana digambarkan bahwa jika saat ini nilai 1 Mavro = Rp. 1000, maka jika Anda bergabung dengan uang Rp 1 juta, Anda bisa membeli 1000 poin Mavro. Bulan depan, nilai Mavro mungkin naik 30% sehingga menjadi 1 Mavro = Rp1.300 (saat tulisan ini diturunkan MMM menjanjikan keuntungan 30% – 55%). Anda yang menjual poin Anda (Get Help alias menarik dana) akan mendapat Rp1,3 juta atas 1.000 poin yang Anda miliki. Disaat yang sama, seseorang yang punya uang Rp1 juta, hanya bisa memperoleh 769 Mavro (Rp1 juta : 1.300) karena MAVRO telah dinaikkan nilainya; demikian seterusnya.

Dengan semikian nilai poin Mavro ditentukan secara pribadi oleh Tuan Mavrodi. Poin ini jelas berbeda dengan hitungan poin dalam investasi sebenarnya seperti asuransi unit link atau reksadana. Dalam investasi yang sebenarnya, uang investor ditanamkan dalam berbagai jenis usaha, sementara di MMM, uang Anda tidak diinvestasikan dalam bentuk apapun. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Anda akan memperoleh keuntungan dari dana orang lain. Peserta MMM menyebutnya, menerima bantuan alias GET HELP.

Jadi MMM bukanlah investasi apalagi bisnis, melainkan money game semata (jika Anda tidak mau menyebutnya arisan berantai). Ohya, dari segi legalitas, MMM tidaklah memiliki izin investasi dari OJK untuk menarik dana dari masyarakat. So, bila terjadi sesuatu, Anda tidak bisa menuntut siapa-siapa, karena Anda telah memasuki bisnis “aku percaya saja” dengan kerelaaan sendiri. Tapi biasanya korban-korban money game tidak pernah menuntut karena malu akan kebodohan sendiri.

Sumber: http://howmoneyindonesia.com/2012/12/18/mmm-indonesia-arisan-berantai-dari-rusia/

 

 Pengakuan Korban MMM Indonesia


[MMM] Temen Om Gw ludes 450-an Juta gegara MMM dlm 1bln

Lapor gan….

Om gw barusan sambangin rumah ane bareng ama temennya yg lagi galau, doi minta tolong ama bokap gw buat minjemin duit buat bayar utang yg jumlahnya naujubile RATUSAN JUTA banyknya

================================================================
Curhat dari Om gw anggota MMM yang sudah keluar ( temennya baru join pas awal Ramadhan) :

SEKARANG MMM sedang menuju SAKRATUL MAUT alias udah mau kolaps

Gw juga ikut mmm sekali waktu bulan januari kemarin waktu ph-gh lancar.
Setelah itu gw stop karena udah profit.

Waktu itu Manager gw bilang kelemahan utama MMM ketika tidak ada member yg PH lagi.

Seandainya Jumlah Uang yang di PH oleh seluruh member dalam satu bulan ada 100 Milyar dengan iming iming bunga 30 % .. berarti setidaknya tuch MMM harus nyedian duit 130 Milyar untuk para anggotanya ..

Pertanyaannya .. darimakakah uang yang 30 Milyar tersebut .. Jika seandainya Bulan tersebut tidak ada yang PH…???

Skema Ponzi adalah skema permainan uang yang mengandalkan orang lain dalam melipatgandakan uang. Contohnya, satu klien bisa mendapat untuk jika ada klien baru yang memasukan uang, dan begitu seterusnya.

MMM, memang butuh banyak anggota. Maklum, dalam sistem MMM tidak ada barang yang diperjualbelikan. Keuntungan yang didapat adalah dari rekrutmen anggota baru atau anggota lama yang mau membantu setoran, uang hanya berputar di antara sesama anggota.

Tapi berhubung gw orang IT dan pernah juga nyobain mmm sekali, gw tau kelemahan lain dari system ini.
Yakni dari Owner dan team admin mmm.
Bayangkan yg join mmm di indo udah kisaran 5.000.000 orang, dan team cro,dispatcher tiap hari menjodohkan ph-gh pastilah bukan pekerjaan yang mudah.
Ga mungkin orang2 rusia tsb orang bodoh yang bekerja sukarela tanpa bayaran.
ditambah biaya server, MT, dan bandwidth internasional

Gw yakin selama ini arisan mmm ph-gh pasti diselipkan account bodong ciptaan admin/owner untuk menerima GH tanpa PH, account bisa bank local (antek2 rusia yang tinggal di indo) yang kemudian dana dikirim ke rusia,

Bisa jadi selama ini uang rakyat indo digerogoti secara terselubung.

MMM tumbuh cepat di indo , kenapa ga tumbuh subur di negara maju? macam jepang yang lokasinya dekat dengan rusia?
Karena sifat bangsa ini yang malas bekerja.
Bayangkan kalo semua orang indo main mmm,
– petani jual sawah utk main mmm
– nelayan jual perahu utk main mmm
– peternak jual hewan utk main mmm
– cewe jual diri ke om2 utk main mmm
– cowo jual diri ke tante2 utk main mmm

–> semua orang ga kerja dpt duid, terus bangsa ini mau dapet beras dari mana? impor dari rusia?
Ini bahaya latent yang sebenarnya dari ideologi rusia yang ingin menghancurkan bangsa lain.

Kesimpulan dr gw hasil browsing2 om gug :
1. Jangan terkecoh dengan tipuan ideologi dari member utk member
2. Main money game yang cerdas bray, jangan terlalu mendewakan money game.
3. Jangan lupa ntar 17 agustus pasang bendera merah putih jangan bendera rusia ato bendera mmm

Setelah saya mengekplorasi sistem bisnis MMM atau yang serupa dapat di simpulkan beberapa hal berikut ini:
(ini pribadi pendapat dan kesimpulan saya yang dapat di perdebatkan)

Kelebihan:
1. MMM bersifat arisan,moneygame, dan half-ponzi..
Kekuatan terletak di website dan sistem yang ada
2.Jaman dulu SMA ada sistem serupa (offline) yang membagikan brosur di atm bca yang persis dengan sistem ini (aplikasi ke dunia online)
3.Sistem terintegrasi tanpa induk, dana tidak ada dikumpulkan di suatu sumber.
4.Jangka waktu untuk mencapai scam tergantung dari manajemen yang terkelola, semakin rapih akan semakin lama..
5.Semakin massive partisipan akan semakin membuat kuat.

—————————-
Kelemahan:
1.Karena bersifat moneygame, dan half ponzi ini jelas ilegal di negara kita ini
2.Karena kekuatan terletak di website dan sistem dan kelemahan juga ada di website dan sistem yang dapat sewaktu2 di blokir oleh pemerintah Indonesia, bisnis ini tidak ada kekuatan hukum alias 100% ilegal
3.Sistem kepercayaan yang menjadi bumerang di sistem ini, dalam hal bisnis tidak ada yang nama nya pure 100% dari kepercayaan saja, semua harus berlandaskan hukum yang ada.
4.kedok membantu dan di bantu menjadi isu utama dalam bisnis ini, padahal kalau di telisik lebih jauh, tidak ada hal membantu dan di bantu dalam bisnis ini, semua berpaku pada sistem dan rule yang ada, bukti didapatkan dari beberapa pengacau yang menyertakan beberapa bukti transferan palsu.. (baca point ke 3 di atas)
5.kembali ke massive, semakin banyak yang mengikuti bisnis ini, akan semakin membuat kuat dan sebalik nya, berhubung bisnis ini ilegal, semakin massive akan membuat semakin bisnis ini terkuak dan terekspos maka akan semakin rawan dari pemblokiran oleh pemerintah (ingat bisnis ini adalaha 100% ilegal tanpa landasan hukum)
6.tiga puluh persen (30%) yang di dapat sudah jelas dari sistem half-ponzi yang ada bukan dari keuntungan mata uang mavrodi (itu hanya kedok) dan hal ini sudah tidak perlu lagi di perdebatkan..

Demikian ceramah gw yang bermutu tinggi d’
semoga berguna dan hidup lo makin jauh

sumber: Om Gw

==================================

Silahkan dibaca untuk direnungi bersama.

*keterangan : (kutip dari salah satu trit promo MMM di forum HYIP)
MMM = Mavrodi Money Mondial.. bisnis MLM asal rusia
org Indonesia yg pertama kali bawa MMM ke indo plesetin jadi
Manusia Membantu Manusia

PH = (Provide Help) Melakukan deposit dana ke rekening orang lain

GH = (Get Help) Melakukan Penarikan Dana

UPDATE :

Sumber ; http://m.kaskus.co.id/thread/53ef7612a09a399c608b4647

 

Ini saya copas salah satu komen dari fans page MMM Indonesia di Facebook (https://www.facebook.com/INDONESIAMMM?ref=br_rs)

Noni Nurjana Yg belum dpt GH artinya kita sama dan senasib. Gak tau komen disini dibaca ato kagak sama pejabat MMM. Sekedar saran krn kesabaran juga ada batasnya.
1. Ada yg tau gak sih siapa pimpinan tertinggi di MMM Indonesia.? Manager 1000000 (maaf kalo NOLnya kelebihan atau kurang)
2. Colek manager tertinggi MMM Indonesia ke fanpage ini, suruh komentar atas keterlambatan GH ini. Admin fanpage ini juga isinya cuman share link doang, gak nyelesain masalah.
3. Kasih kesempatan manager tertinggi buat ngomong atau komentar, meski komentarnya hanya kita disuruh SABAR. Yaa gpp, asal kasih alasan yg masuk akal.
4. Jgn beralasan atau nyalahin: fake account, member abal2, manager abal2, sistem dispatcher gak jalan krn teknisinya gak ngomong, dan yg PARAH nyalahin Bulan Ramadhan krn gak ada konferensi/seminar dll, sehingga sistem MMM tersendat.
5. Semua alasan tsb sudah kami dengar, dan katanya nih katanya sudah teratasi jd jangan menggunakan alasan spt itu lagi.
6. Jika semua kendala teknis sudah teratasi, terus masih pantas menyuruh SABAR lagi, gitu.?
7. Manager yg terhormat, kita sudah sabar. Tgl 24 Juli ada perbaikan, katanya tgl 27 Juli sudah normal… eh ternyata diundur tgl 3 Agustus 2014. Batal deh dpt GH saat Lebaran.
8. Manager yg terhormat, sejak tgl 3 Agustus anda sudah mengatakan member abal2 dan manager abal2 sudah sirna, server telah di upgrade knp sampai skrg GH tetap blum bisa.??? Seharusnya sistem lebih lincah krn telah di upgrade.
6. Manager tertinggi IndonesiaMMM yg terhormat tentunya anda punya data ttg manager2 dibawah anda sampai dgn manager 10. Awas kalo bilang Gak punya datanya. Krn utk manager ada rekomendasi dari manager di atasnya. Suruh manager tsb menampakkan batang hidungnya di fanpage ini. Jgn ada kesan habis manis sepah dibuang.
7. Para manager 10 tentunya sudah lebih dari 1 bulan join MMM, tentunya sudah balik modal, sudah untung, sudah beli mobil, beli rumah, beli motor dst.
8. Suruh manager 10 utk menalangi akun-akun para partisipan yg belum GH. Kalo perlu suruh jual tuh semua yg kemarin dibeli dari hasil MMM yg kemarin digunakan buat propaganda spy kita join di MMM.
9. Trus manager 10 minta ke manager 100 utk menalangi juga begitu seterusnya. Kan di MMM sistem piramida, bottom up.
10. Biar para manager juga merasakan kesabaran yg dialami para partisipan.
11. Jika manager 10 baik dan konsekuen, yaa posting disini, katakan baik. Jika manager 10 mental pengecut, posting juga di sini. Adil kan.?
12. Jadi jangan cuman bilang, grop ini sudah PH 5M, group itu sudah PH 15M. Tapi buktinya partisipan belum mendapat GH.
13. MMM bukan perusahaan tapi kan komunitas jadi yaa People Power. Tuntut manager utk menalangi akun kita yg belum GH, gak usah bilang udah PH Milyaran.
14. Toh… manager bisa mengutak atik akun kita, mau ganti namanya, mau ganti data bank, mau ganti password dll manager kan bisa mengubahnya.
15. Ingat yah… manager sudah mendapatkan keuntungan dari partisipan yg telah gabung dibawahnya.
16. Masih ingat… manager membujuk utk tidak menaruh uang di bank, tapi dimasukkan ke MMM. Sekarang mana buktinya.?
17. Masih disuruh SABAR terus sampai kapan.??? Sampai Monyet Keluar Kandang dan Masuk Kandang Lagi.?
18. Jika manager 10 gak ada duit utk nalangin partisipan, suruh hutang bank. Katanya sistem MMM lebih menguntungkan dari nabung di Bank.
19. Ayo skrg tunjukkin jika anda memang bermental seorang manager. Buktikan kalo tulisan2 di media cetak, media elektronik salah menilai dari komunitas MMM ini.
20. Konsultan yg terhormat masih ingatkan, ketika kami join anda mendapat 10%. Manager yg terhormat masih ingatkan, ketika kami join anda mendpt 5% begitu seterusnya utk manager diatasnya.
21. Beri kami kepastian, jangan hanya sembunyi dibalik alasan SABAR dan SABAR dan Positive Thinking.

 

MMM Diminati Karena Banyak yang Ingin Kaya Mendadak

 

https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2014/08/13/5/aidilakbarmadjid.jpg
Aidil Akbar Madjid
Jakarta -Masyarakat tengah ramai membicarakan ‘investasi’ MMM atau Manusia Membantu Manusia. Banyak yang tertarik bergabung ke sistem yang punya nama asli Mavrodi Mondial Moneybook ini, karena berani menjanjikan keuntungan 30% per bulan.

Menurut Aidil Akbar Madjid, perencana keuangan, MMM bisa tumbuh subur karena sifat ingin mendapat kekayaan secara instan. “Masih banyak orang yang mau mendapat uang dengan cepat, tapi tanpa bekerja. Sifat seperti ini yang membuat sistem piramida bisa berkembang,” tuturnya kala dihubungi detikFinance, Rabu (13/8/2014).

Pada dasarnya, MMM adalah skema Ponzi atau money game. Sistem MMM hanya mengandalkan perputaran uang di antara para anggotanya.

Sistem ini juga disebut piramida, yaitu mengandalkan orang lain dalam melipatgandakan uang. Contohnya, satu klien bisa mendapat untung jika ada klien baru yang memasukan uang, begitu seterusnya. Jika suatu saat tidak ada lagi klien yang mau memasukan uang, maka di situlah permainan berakhir.

“Misalnya 1.000 orang harus transfer ke 100 orang. Untuk meng-cover yang 1.000 itu butuh orang 1.500-2.000 orang lagi. Semakin ke bawah orangnya semakin banyak. Inilah makanya disebut sistem piramida,” papar Aidil.

Dalam sistem MMM, lanjut Aidil, juga tidak ada barang yang diperdagangkan. Bahkan perputaran uang antar anggota, juga tidak ditempatkan dalam investasi apapun.

“Tidak ada bisnis, tidak ada profit. Makanya keuntungan 30% itu tidak masuk akal,” tegasnya.

Namun, tambah Aidil, sistem piramida seperti MMM akan terus menjamur jika sifat ingin kaya secara instan masih ada. “Ingin kaya mendadak, tidak mau berinvestasi dengan benar, tidak sabar, dan sebagainya. Kalau yang seperti itu masih ada ya susah,” tuturnya.