Benarkah ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus?ISIS (Islamic State Iraq and Syam) dan segala sesuatu yang terkait dengannya begitu fenomenal dan menyedot perhatian publik di seluruh dunia. Apa-apa yang dilakukan mereka langsung menjadi bahan pemberitaan dan headline berbagai media cetak dan online di seluruh penjuru dunia.

Salah satu berita yang juga membuat heboh adalah adanya pemberitaan terkait ISIS yang (konon katanya) menghancurkan makam Nabi Yunus di Mosul, Irak. Media luar negeri dan dalam negeri Indonesia juga ramai memberitakan.

ISIS hancurkan makam Nabi Yunus?

Media luar negeri yang memberitakan, misalnya:

  • Extremists destroy Jonah’s tomb, officials say ( http://edition.cnn.com/2014/07/24/world/iraq-violence/ )
  • ISIS destroys ‘Jonah’s tomb’ in Mosul ( http://english.alarabiya.net/en/News/middle-east/2014/07/25/ISIS-destroys-tombs-of-two-prophets-in-Mosul.html )
  • Isis militants blow up Jonah’s tomb ( http://www.theguardian.com/world/2014/jul/24/isis-militants-blow-up-jonah-tomb )
  • Is this the moment ISIS destroyed Jonah’s Tomb in Mosul? Video posted online appears to show jihadists blowing up site holy to Christians and Muslims  ( http://www.dailymail.co.uk/news/article-2706600/Is-moment-ISIS-destroyed-Jonah-s-Tomb-Mosul-Video-posted-online-appears-jihadists-blowing-site-holy-Christians-Muslims.html )
  • After leveling Iraq’s Tomb of Jonah, the Islamic State could destroy ‘anything in the Bible’ ( http://www.washingtonpost.com/news/morning-mix/wp/2014/07/25/after-leveling-iraqs-tomb-of-jonah-the-islamic-state-could-destroy-anything-in-the-bible/ )

Media dalam negeri Indonesia pun ajuga ramai memberitakan, misalnya:

  • ISIS hancurkan makam Nabi Yunus di Mosul ( http://www.merdeka.com/dunia/isis-hancurkan-makam-nabi-yunus-di-mosul.html )
  • Militan ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus ( http://news.liputan6.com/read/2083446/militan-isis-hancurkan-makam-nabi-yunus )
  • ISIS Hancurkan Peninggalan Nabi Yunus ( http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/14/07/31/n9kmsc-isis-hancurkan-peninggalan-nabi-yunus )
  • ISIS Hancurkan Pusat Peradaban Irak ( http://www.tempo.co/read/news/2014/07/28/118596116/ISIS-Hancurkan-Pusat-Peradaban-Irak )
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Inti dari semua pemberitaan di atas sama, yaitu adanya penghancuran dari sebuah simbol peradaban atau sejarah di Irak. Bisa jadi memang demikian.

Tapi, alangkah baiknya juga juga kita bila bisa melihat pemberitaan dari sisi yang lain. Agar berita yang ada bisa berimbang. Benarkan tempat yang dihancurkan ISIS itu adalah makam Nabi Yunus?

Dari berita yang kami dapatkan di al-mustaqbal.net, ternyata Masjid yang dikatakan terdapat makam Nabi Yunus itu adalah klaim dan mitos berdasarkan para saksi dari kota Mosul dan juga saksi di Suriah. Namun itu adalah kuil tempat peribadatan orang-orang Syiah yang mengharap berkah dari Nabi Yunus.

Kuil itu dibuat oleh orang-orang Syiah untuk ritual syirik meminta berkah atau “ngalap berkah” dari kuburan para Nabi. Kuil tersebut dihancurkan agar masyarakat Muslim tidak terkena Dosa Syirik yaitu menyembah kubur, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga melarang kaum muslimin untuk tidak mendirikan masjid yang didalamnya terdapat kuburan, walaupun itu kuburan Nabi. Dan Beliau juga melarang kaum muslimin untuk tidak shalat menghadap kuburan.

Daulah Islamiyah (ISIS) telah menghacurkan 3 Kuil Syiah di kota Mosul, hal ini karena Daulah Islamiya tidak ingin Agama Islam yang murni dari Allah dan Rosul-Nya dicampur-adukan dengan pemahaman musyrik Syiah. Dan Daulah tidak ingin masyarakat muslim mengikuti apa yang dilakukan oleh orang-orang Syiah itu.

Jangan terkecoh, Daulah Islamiyah tidak pernah menghancurkan Makam Nabi Yunus AS, mereka hanya menghancurkan Kuil yang dianggap Masjid oleh orang-orang Syiah yang didalamnya dilakukan ritual syirik.

Berikut ini videonya:

Sekarang terserah pada kita untuk menilai dan mau percaya yang mana. Bukankah media massa adalah alat propaganda yang paling efektif? Siapa yang kuat, maka ia akan menguasai dunia. Bukan begitu?

 

http://nyatnyut.com/2014/08/02/benarkah-isis-hancurkan-makam-nabi-yunus/