Misteri Kamar Soekarno di Loji Gandrung Solo

Dok Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Foto: Bramantyo/okezone)

SOLO – Rumah besar kuno peninggalan zaman Belanda menyimpan banyak misteri di dalamnya. Rumah berbentuk klasik yang terletak di Jalan Slamet Ryadi dan terletak di jantung kota Solo itu merupakan rumah dinas Wali Kota Solo.

Bangunan megah itu dikenal dengan nama Lodji Gandrung. Merupakan kediaman bagi walikota dan sudah turun temurun. Terakhir setelah Joko Widodo alias Jokowi melepas masa jabatannya sebagai Wali Kota Solo, rumdin itu ditempati oleh penerusnya yakni Wali Kota FX Hadi Rudyatmo.

Bangunan sarat sejarah itu adalah peninggalan jaman Hindia Belanda. Pada masa awal Kemerdekaan RI, loji gandrung sering ditempati oleh Presiden Soekarno.

Oleh sebab itu, sampai hari ini masih banyak peninggalan yang dulu sering digunakan oleh Soekarno masih dirawat dengan baik dan dipajang di Loji Gandrung.

Kamar tidur yang masa itu sering dipakai Presiden pertama RI ketika berkunjung ke kota Solo itu masih utuh dan belum berubah. Ada piano, lemari, kursi tamu, dan berbagai perabotan rumah tangga lainnya yang terlihat masih utuh terawat dengan baik.

Wali Kota FX Hadi Rudyatmo mempunyai pengalaman mistik di kamar tidur Bung Karno. Kamar yang berukuran cukup besar seperti layaknya bangunan Belanda kini tidak ada yang berani untuk menempatinya dan dibiarkan kosong, hanya sesekali saja dibersihkan.

“Di sana ada foto ukuran besar Soekarno. Kadang tercium bau kembang melati dari kamar dan itu sudah lama terjadi bahkan sampai sekarang,” jelas Rudi beberapa waktu lalu kepada Okezone.

Rudi juga menceritakan dirinya pernah mencoba untuk tidur di ruangan tersebut. Namun dirinya sering mendengar suara organ berbunyi di malam hari. Kadang juga terdengar suara gemericik air dalam kamar itu.

“Ketika dilihat air tidak menyala dan kering. Yah wis biasa wae. Wong yen turu kono aku ra tau neng dhuwur, tapi neng karpet (Ya sudah biasa saja. Orang setiap tidur di kamar tersebut tidak pernah di ranjang tetapi di karpet),” kata Rudi sambil tertawa lepas.

Tak hanya itu saja, menurut salah satu staff penjaga di rumdin yang enggan disebut namanya menceritakan konon kamar yang sudah lebih dari 50 tahun tak pernah ditempati itu juga sering terjadi penampakan empat sosok orang Belanda berpakaian zaman dulu.

 

http://jogja.okezone.com/read/2014/06/04/511/994077/misteri-kamar-soekarno-di-loji-gandrung-solo