Ok Kita Langsung Ke TKP Gan

~ Sejarah Musik ~

Spoiler for Sejarah Musik:
Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapien yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tiada siapa tahu bila manusia mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun dahulu telah menunjukkan perubahan evolusidari pemikiran otak manusia. Dengan otak manusia yang lebih pintar dari hewan, mereka membuat pemburuan yang lebih terancang sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak ini, mereka bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan mencapai imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara mereka. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan nama panggilan untuk sesorang.
Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanan mereka kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadisuling purba.
Manusia menyatakan perasaan takut mereka dan gembira menggunakan suara-suara. Bermain-main dengan suara mereka menjadi lagu, hymne atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja mereka telah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi kuat. Kulit binatang yang mereka gunakan sebagai pakaian diletakkan pula untuk menutup rongga kayu tersebut besar menjadi gendang.

~ Pengertian Musik ~

Spoiler for Pengertian Musik:
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Oke Gan Langsung Ke Intinya Aja

Spoiler for INTI:
Ane mau notslagia buat para pencinta lagu-lagu jadul seperti Iwan Fals ,Warkop D.K.I ,Godblles ,Gigi ,SLANK ,Melly Goeslaw ,Iwa k ,Dll.
Sekarang sih lagi jamanya budaya luar masuk ke negara kita terutama boy/girl band(asal korea). dan baru-baru ini ada penyanyi solo Internasiona yang gagal masuk ke Indonesia (lady Gaga).
Padahal kita punya banyak penyanyi dalam Negri yg belum tentu terangkum dalam media.
Sudah dulu basa-basinya kita langsung to POINT
Kelebihan lagu-lagu jadul adalah dimana para penyanyi atau band-nya selalu menggunakan hati dalam membuat lirik lagunya jadi lebih bermakna sampai bahkan ketika membawakan lagu itu sendiri.
Sedangkan lagu jamanya sekarang seperti tidak bermakna karna mungkin hampir 60% semunya soal cinta-cintaan terutama boy/girl band. sedangkan lagu jadul mempunyai makna tersendiri seperti Bang Iwan fals telah banyak lagunya untuk rakyat, tetapi lagu jaman sekarang paling hanya di jadikan soundtrack/Ost(opening song themes) yang hanya menjadi lirik pembuka/penutup sinetron yg tak sampai selesai. mungkin budaya kita terkikis sedikit-sedikit oleh lagu dari luar. manakah rasa cinta kita pada budaya kita sendiri terutama soal MUSIK? kita hanya bisa meniru bukan menciptakan
Bukan maksud ane ada maksud menghina sama boy /girl band atau Lady gaga saya hanya mengingatkan Kaum muda untuk dapat bernotsalgia terhadap Penyanyi/Band dahulu.

Berikut Ini Adalah Kelebihan Musik Jadul & Musik Masa Kini ( Soal Makna )

Spoiler for Kelebihan Musik Jadul Dan Musik Masa Kini ( Soal Makna ):

Kelebihan Musik Jadul Dan Musik Masa Kini ( Soal Makna )

Spoiler for Musik Jadul:

-Musik Jadul: lebih Bermakna untuk di dengarkan!. Karna hampir menyangkut semua Aspek hidup
seperti Lagu-lagu Bang.Iwan fals,dan GodBless karena mereka menyanyikan lagunya itu tentang masalah-masalah di negeri kita Indonesia.
Spoiler for Musik Masa Kini:

-Musik Masa Kini : seperti kurang bermakna untuk di dengarkan karna seperti yg saya sudah jelaskan di awal thread tadi bahwa mungkin hampir lagu sekarang 60% soal cinta seperti lagu SM*SH ,CHERRYB*LLE ,7IC*N ,DLL , Tapi terdapat pula musik – musik jaman sekarang yg masih bermakna seperti Wali ,Maher Zain ,ST12 ,Opick ,DLL karna ada aspek yg terkandung dalam lagu tersebut seperti ketabahan hati ,semangat,Religi,DLL.

Berikut Ini Adalah Kelebihan Musik Jadul & Musik Masa Kini ( Soal Lagunya Sendiri )

Spoiler for Kelebihan Musik Jadul Dan Musik Masa Kini ( Soal Lagunya ):

Kelebihan Musik Jadul Dan Musik Masa Kini ( Soal Lagunya Sendiri )

Spoiler for Musik Jadul:

-Musik Jadul: Lagu Musik Jadul memang dibuat demi makna yg khas,makna yg tulus dan Memang di buat melalui Hati. karna lagu dahulu para penyanyi/suatu band itu sendiri tidak terlalu memikirkan uang.
Memang sebagai prasarana EKSPRESI HIDUP seorang SENIMAN.
Spoiler for Musik Masa Kini:

– Musik Masa Kini : Musik Masa Kini memang Berlawanan karena hampir semua lagunya seperti dibuat untuk dijual.
Lihat saja di sinetron-sinetron banyak lagu yg dijadikan OST (OPENING SONG THEME) sinetron itu sendiri dan lagunya pun tidak sampai selesai.

Berikut Ini Adalah Kelebihan Musik Jadul & Musik Masa Kini ( Soal Perjuangan Kepopulerannya )

Spoiler for Kelebihan Musik jadul Dan Musik Masa Kini ( Soal Perjuangan Kepopulerannya):

Kelebihan Musik Jadul Dan Musik Masa Kini ( Soal Perjuangan Kepopulerannya )

Spoiler for Musik Jadul:

– Musik Jadul : Perjuangan Musik Jadul memang lebih berat karna mereka berjuang dengan keras higga terkenal,Dan bisa membesarkan namanya di jajaran lagu Indonesia/Internasional karna jaman dahulu warga indonesia belum terlalu banyak mengenal internet. seperti Bang Iwan fals di Menjual motornya untuk Membuat albumnya sayang sekali tetapi albunya itu sendiri tidak menjadi terkenal dan dia mengamen dengan tujuan mengasah skill dan mengumpulkan uang untuk membuat album kembali.
Spoiler for Musik Masa Kini:

-Musik Masa Kini : Memang tidak terlalu mudah juga untuk menjadi terkenal, tetapi jika sekarang banyak media situs di internet untuk mengupload /mengunggah Video atau lagu seperti Youtube,4*shared,M-you,DLL, Itu akan mempermudah mereka untuk terkenal ( Faktor Keberuntungan Juga Berpengaruh Sih )

Bonus

Spoiler for Bonus:

Perkembangan musik di Indonesia sangatlah pesat dan juga beragam, dari mulai musik dangdut, rock, pop, jazz, keroncong, melayu hingga ke musik indie. Saat ini salah satu perkembangan musik indonesia layak untuk di banggakan, karena musik indonesia juga mampu menjadi tuan rumah di negeri seperti negara-negara lainnya. Bila berpuluh tahun yang lalu masayarakat indonesia lebih tertarik mendengarkan musik dari manca negara, namun saat ini masyarakat indonesia cenderung lebih tertarik mendengarkan musik- musik dari negeri sendiri. Bahkan sudah ada beberapa musisi yang mampu membuat karyanya yang dikonsumsi bukan hanya orang indonesia tetapi juga banyak dari negara tetangga kita yang ikut mengkonsumsinya.

Tapi sayang perkembangan musik ini masih ada yang mengganjal dihati Ane, karena apa? Yah dari beberapa musik yang beredar di tanah air ada beberapa musik yang tidak ada unsur pendidikannya sama sekali dan berdampak pada pendidikan akhlak generasi muda. Ok lah jika itu dianggap sebagai hiburan, tapi apa ya pantas dinyanyikan oleh anak-anak yang dibawah umur ?. Lebih parah lagi syair lagu yang bersifat “aneh-aneh” justru digemari oleh anak-anak dibawah umur. Bisa saja anak-anak mempunya pemahaman lain tentang syair lagu itu.

Coba kita baca pelan-pelan potongan dari lagu tersebut :


“Cucak Rowo (2003)” dipopulerkan oleh Didi Kempot”

Jamane jamane jaman edan

Wong tuwo rabi perawan
Prawane yen bengi nangis wae
Amargo wedi karo manuke
Manuke manuke cucak rowo,
Cucak rowo dowo buntute
Buntute sing akeh wulune,
Yen digoyang ser-ser aduh enake

Ane yakin anda pasti mengenal lagu itu, beberapa tahun yang lalu lagu ini sempat populer. Dan dikomplek Ane, anak-anak kecil sudah hafal betul dengan lagu ini. Lalu kita coba bandingkan dengan syair lagu ini :


“Jarum Neraka” (Ian Antono/Areng Widodo) dipopulerkan oleh Nicky Astria (1985)”

Jarum jarum setan menghujam urat nadi
Wajahmu memucat darah membeku lagi
Kini kuterpaksa namun kutak kuasa
Dirimu terancam dalam bahaya

Jarum jarum setan bisa mencabut nyawa
Bila kau coba berhenti memakainya
Tanpa kau sadari tanpa engkau rasakan
kau bunuh dirimu secara perlahan

Kedua lagu diatas sangat jauh perbedaanya, justru yang di anggap jadul itulah yang menurut saya mempunyai makna pendidikan untuk anak-anak generasi muda. Bukannya saya menjelek-jelekkan lagu yang pertama, cuma saya kurang “sreg” dengan syair dan maknanya. Saya ndak bisa membayangkan, kalau kelak saya punya anak terus nyanyi lagu yang pertama…. hadeehhhhh. Untuk itu cukuplah pertimbangan saya ini sebagai renungan untuk belajar memahami arti hidup itu sendiri.

Itu beberapa kelebihan lagu jadul.
ane nggak bermaksud membeda-bedakan tapi hanya saja memang sepertinya lagu jadul masih pantas ada di jajaran lagu terbaik di masa modern ini!!!

 

http://www.kaskus.co.id/thread/538d3a3da907e7ea5d8b4589/?ref=homelanding&med=hot_thread