Jiplak Sinetron, RCTI Paling Banyak DikecamSebuah tayangan di Youtube yang membandingkan sinetron asal Korea dengan versi Indonesia.

Dalam sepekan terakhir, selain isu politik para capres, media sosial Facebook dan twitter pun ramai membicarakan isu plagiarisme (penjiplakan) yang dilakukan stasiun televisi swasta.

Isu ini dipicu munculnya dua sinetron, yakni “Kau Yang Berasal Dari Bintang” tayangan RCTI yang dianggap menjiplak drama Korea “You Who Came From The Stars”, dan “Ganteng-Ganteng Serigala” tayangan SCTV yang diduga meniru cerita film “Twilight Saga”.

Adanya indikasi plagiarisme ini tak pelak mengundang para pemilik akun berkicau dan berkomentar di media sosial.

Televisi mana yang paling banyak dituduh plagiat atas sinetron yang mereka tayangkan?

Dari catatan Awesometrics, tudingan kepada RCTI sebagai plagiat lebih banyak muncul baik di media sosial twitter, Facebook, dan forum dibanding SCTV. Tudingan plagiarisme oleh RCTI ini banyak muncul di jejaring twitter yang mencapai 557 percakapan. Sedangkan di Facebook sedikitnya ada 25 status dan 12 kali percakapan di forum.

Sedangkan tindakan plagiarisme SCTV tercatat sebanyak 89 kali dipercakapkan di twitter dan 21 kali di facebook.

Untuk kasus-kasus plagiarisme ini, percakapan tertinggi sama-sama terjadi pada 28 April 2014.

Nada negatif mendominasi percakapan terkait dua sinetron ini.

Siapa Yang Dianggap Paling Plagiat?

Oleh: Yustina Tantri

Jakarta, 5 Mei 2014 – Sepekan terakhir ini, media sosial marak dengan topik plagiarisme (penjiplakan) oleh stasiun televisi, dipicu munculnya dua sinetron, yakni “Kau Yang Berasal Dari Bintang” tayangan RCTI yang dianggap menjiplak drama Korea “You Who Came From The Stars”, dan “Ganteng-Ganteng Serigala” tayangan SCTV yang diduga meniru cerita film “Twilight Saga”. Tindakan plagiat ini rupanya meresahkan publik hingga berkicau di akun media sosial. Televisi mana yang paling banyak dituduh plagiat atas sinetron yang mereka tayangkan? @Afida_13: sinetron sctv plagiat film twilight,sinetron rcti plagiat drama korea,kenapa indonesia jadi plagiator gini? Yuk ikuti bagaimana serunya percakapan di media sosial.

Pembicaraan bahwa RCTI sebagai plagiat adalah lebih banyak muncul baik di media sosial twitter, facebook, dan forum dalam sepekan ini:

Percakapan soal plagiarisme oleh RCTI sangat banyak muncul di jejaring twitter, hingga 557 obrolan, lalu ada 25 status di facebook soal ini, dan ditemukan 12 kali percakapan di forum. Sementara, dugaan tindakan plagiarisme SCTV hanya 89 kali dipercakapkan di twitter dan 21 kali di facebook:

Untuk kasus-kasus plagiarisme ini, percakapan tertinggi sama-sama terjadi pada 28 April 2014 lalu:

Topik Pembicaraan Terfavorit

Topik-topik terkait dua sinetron ini di media sosial yang banyak diretweet condong bersentimen negatif.

Tanggapan dari akun yang diduga milik pemain film Herjunot Ali @Herjuno7Ali atas twit followersnya soal tudingan RCTI plagiat, diretweet paling banyak. Ada pula twit yang memuat komentar balik dari RCTI. Berikut, twit-twit yang paling dianggap menarik untuk diretweet dan disebarkan kembali:

Lalu, berikut ini topik atau twit-twit yang dianggap paling menarik soal tudingan SCTV plagiat, ada konfirmasi langsung dari akun serial “Ganteng-Ganteng Serigala” @GGSSTCV:

Sumber ; http://www.awesometrics.com/blog/siapa-yang-dianggap-paling-plagiat/