image

Lebih dari 20 ribu orang menginginkan tayangan Yuk Keep Smile (YKS) dihentikan. Permintaan tayangan YKS dihentikan karena dianggap telah membodohi bahkan lebih merusak dari pada tayangan sinetron.

Penggagas gerakan ini adalah Rifqi Alfian, pemuda asal Gresik, Jawa Timur. Ia menggalang gerakan tersebut setelah orang tua di lingkungannya gelisah terhadap tayangan YKS. Kemudian pada hari Minggu, (30/12/2013), ia kemudian menggalang petisi di Change.org untuk menolak tayangan tersebut.

Sejak petisi tersebut dibuat di laman Change.org, hingga hari ini (03/01/2013) lebih dari 21 ribu orang mendukung dihentikannya tayangan YKS di TransTV.

Menurut Rifqi,  YKS adalah acara komedi yang sangat tidak berkualitas dengan kata-kata kasar, menyiksa orang. Entah itu main tebak-tebakan dengan kaki dimasukkan air es atau menyumpal tepung ke mulut lawan.

“Sampai dengan goyangan tidak jelas yang dilaksanakan full 1 jam dan tidak berubah selama beberapa bulan terakhir, apalagi goyangannya memakai latar musik yang liriknya vulgar serta mengarah ke gerakan vulgar pula,” kata Rifqi seperti di lansir laman change.org

Ia mengungkapkan, yang memprihatinkan adalah prilaku pemain tayangan YKS ini ditiru anak-anak. Seperti di Bandar Lampung, sejumlah siswa sekolah dasar mempraktekkan goyangan caesar sambil membuka ritsleting di depan kelas.

Oleh karena itu, menurut Rifqi, ia meminta kepada masyarakat agar mendukung dihentikanya acara YKS TransTV yang merusak moral tersebut. Ia mengajak masyarakta untuk mengadukan atau menyampaikan keluhan terhadap acara YKS TransTV kepada komisi penyiaran Indonesia di kpi.gi.id/index.php/pengaduan, call center 021-6340626 dan sms ke 08123070000.

http://juaranews.com/entertainment/lebih-dari-20-000-orang-inginkan-tayangan-yks-di-hentikan.html

23.426 Orang Ajukan Petisi Ingin Tayangan YKS Dihentikan

image

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendambakan tontonan mendidik, petisi yang didukung http://www.change.org mendesak stasiun televisi swasta yang menanyangkan Yuk Keep Smile (YKS) untuk berhenti siaran. Sejak diluncurkan 30 Desember 2013, petisi ini sudah didukung lebih dari 23.426 orang pada Jumat (3/1) pukul 17.08 WIB.

Petisi yang digagas Rifqi Alfian di http://www.change.org/Cabut YKS dilatar belakangi keprihatinan melihat anak kecil menyanyikan lagu Buka Sitik Joss yang dipopulerkan melalui tayangan Yuk Keep Smile di stasiun televisi swasta tersebut.

Pendukung petisi http://www.change.org/CabutYKS, Sasmar Aurivan Harya, berkomentar, “Jujur saat ini saya benar-benar merindukan tayangan televisi di tahun 1990 an, dimana tayangannya benar-benar mendidik, apabila tayangan ini dan sejenisnya semakin diteruskan, maka dapat diprediksi mental dan sikap generasi muda saat ini akan semakin bobrok,” tegasnya.

Pro-kontra
Rifqi mengakui dalam perjuangan pasti ada pro-kontra. Ia pun menganggap wajar jika ada sebagian orang yang skeptis terhadap petisi ini. Namun baginya, petisi berpengaruh untuk mendorong kesadaran orang agar tahu dan bertindak jika ada tayangan yang tidak berkualitas.

“Saya mengajak orang-orang untuk menandatangani petisi ini, juga untuk melaporkan acara-acara lain yang memiliki dampak negatif kepada KPI,” tandasnya.

Co-Founder Change.org Indonesia, Arief Aziz mengatakan, “Dalam waktu lima hari, petisi ini berhasil mengumpulkan lebih dari 22.000 dukungan. Ini adalah petisi pertama pada tahun 2014 yang tumbuh sangat cepat. Pada sisi lain, ini menunjukkan netizen peduli siaran TV yang mendidik. Apa yang disajikan kepada mereka di frekuensi publik. Petisi bukan hanya bisa digunakan oleh pemerintahan untuk mendengar aspirasi rakyat, tapi juga oleh perusahaan untuk mendengar suara konsumen.”pungkasnya.

Di lini masa akun Twitter @ChangeOrg_ID, terjadi pro kontra mengenai tayangan yang mendapat rating tertinggi di stasiun televisi swasta tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut petisi itu,dapat meng-update angka petisi terakhir dengan mengunjungi http://www.change.org/CabutYKS. (RO/Syarief Oebaidillah)

http://m.metrotvnews.com/read/news/2014/01/03/205146/23.426-Orang-Ajukan-Petisi-Ingin-Tayangan-YKS-Dihentikan5