Headline

Rizman Adhi Nugraha akan menjadi turis antariksa asal Indonesia pertama yang akan diberangkatkan ke luar angkasa pada 2015. Kesempatan ini ia peroleh setelah menjadi pemenang kompetisi AXE Apollo Space Academy.

Rizman Adhi Nugraha tidak pernah berpikir dapat melakukan perjalanan ke luar angkasa. Tetapi, setelah berkompetisi melawan lebih dari 100 finalis dari 61 negara, pemuda asal Bangka-Belitung ini dinobatkan sebagai salah satu dari 24 pemenang kompetisi AXE Apollo Space Academy di Florida, AS.

Sebagai pemenang, ia berhak berangkat ke antariksa pada 2015, dengan XCOR Aerospace Lynx, sebuah pesawat luar angkasa komersial.

Ketika para juri yang salah satunya adalah astronot legendaris Amerika, Buzz Aldrin, mengumumkan kemenangannya di Kennedy Space Center, Florida, Rizman masih belum percaya bahwa ialah yang terpilih sebagai orang Indonesia pertama yang akan melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Awalnya Rizman tertarik mendaftar karena melihat iklan di salah satu televisi swasta yang mencari orang Indonesia yang berani berkompetisi untuk berangkat ke luar angkasa. Ahli komputer berusia 24 ini mengaku bahwa saat itu mimpinya sederhana saja.

”Saya hanya ingin bisa bertemu dengan artis-artis di iklan tersebut,” kata Rizman kepada VOA, baru-baru ini.

Tetapi, ketika namanya masuk ke dalam 40 besar nasional, setelah disaring dari 82 ribu pendaftar di Indonesia, ambisi Rizman mulai berubah. Ia mulai bersemangat bisa memenangkan kompetisi ini.

Sumber ; http://teknologi.inilah.com/read/detail/2060681/orang-indonesia-pemenang-tiket-ke-antariksa#.UskmNfJYWSo