Foto Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tampil pada halaman-halaman situs web Majalah Foreign Policy. | FOREIGN

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dipilih sebagai salah satu dari 134 tokoh terkemuka dunia versi pembaca majalah Foreign Policy terbitan Amerika Serikat. Dalam daftar The Leading Global Thinkers of 2013 itu, nama Jokowi masuk dalam kategori Challengers atau tokoh dengan gebrakan baru berkat aksi blusukan.

Dalam keterangan singkat tentang profil Jokowi pada situs web majalah itu, Foreign Policy menyebut Jokowi sebagai pemimpin sederhana yang keluar dari “pakem” penguasa politik di Indonesia. Majalah tersebut juga menyebut Jokowi seorang penggemar grup musik Metallica yang mau turun langsung dan menyapa warga Ibu Kota.

Jokowi juga disebut sebagai pemimpin langsung yang mengambil tindakan untuk mengeksekusi proyek-proyek pembangunan, antara lain pengerukan sungai untuk mencegah banjir. Ia menjadi sangat populer sehingga kehadirannya di tengah warga selalu disambut antusias. Atas semua hal yang dilakukan itu, Jokowi juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat calon presiden Indonesia.

Foreign Policy juga pernah mengangkat tulisan tentang Jokowi pada 2012 ketika Jokowi masih menjadi Wali Kota Surakarta. Dalam artikel berjudul “The City with a Short Fuse” tersebut, Foreign Policy menyebut Jokowi sebagai tokoh yang berhasil menata ulang Kota Solo, termasuk menata pedagang kaki lima.

Selain Jokowi, tokoh lain yang masuk dalam daftar tokoh terkemuka tahun ini antara lain pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus, dan Edward Snowden, mantan kontraktor pada Badan Keamanan Nasional AS (NSA) yang membocorkan rahasia pemantauan hubungan elektronik badan intelijen AS tersebut. Mantan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati juga pernah mendapatkan penghargaan serupa pada 2012.

Sumber ; http://megapolitan.kompas.com/read/2013/12/11/1406554/Berkat.Blusukan.Jokowi.Dipilih.sebagai.Tokoh.Terkemuka.Dunia