pizap.com13592179743122

Beberapa hari yang lalu saya ga sengaja liat sebuah video klip diputar di acara musik disalah satu stasiun swasta ( Klik Antv ). Video klip itu milik band pendatang baru yang punya title New Syclon dan lagunya berjudul ” Hidupku Sepi Tanpamu” . Awalnya sih saya ga begitu memperhatikan lagu tersebut tapi tiba-tiba saya penasaran juga saat mendengar reff lagu tersebut karena ada sedikit yang mengganjal dan membuat saya terus memperhatikan lagu tersebut sampai selesai. Rasa penasaran yang mengganjal itu bukan disebabkan karna musik atau video klipnya ( yang emang kebetulan vocalisnya cakep..hehe.. ) tapi rasa yang mengganjal ituada  di liriknya. Karena saya merasa lirik lagu “Hidupku Sepi Tanpamu ” ini benar-benar mirip dengan lagu band kesukaan saya dari jaman SMA dulu yaitu Shifter Band yang berjudul “Kaulah Nafasku”.

Akhirnya sayapun mulai browsing mencari tahu informasi seputar lagu tersebut. Dan saya temukan fan page milik band New Syclon di facebook, dan sayapun mulai mencari konfirmasi seputar lagu tersebut yang saya akui hampir 95 % mirip dengan lagu milik Shifter Band. Dalam hati saya sebenarnya sudah menebak pastinya band tersebut tidak akan mengakui kalau lagu tersebut adalah hasil jiplakan. Bahkan dari pihak admin FP New Syclon dengan santainya menjawab kalau mereka tidak mengetahui tentang lagu Shifter yang berjudul “Kaulah Nafasku” . Wah saya jadi semakin penasaran aja nih jadinya buat mencecar mereka dengan pernyataan-pernyataan seputar lagu mereka. Dan akhirnya saya dapat jawaban kalau (katanya) gitaris mereka yang bernama Aris lah yang mengarang tersebut. Dan dengan pede nya mereka mengatakan lagu tersebut sudah di ciptakan sudah lama yaitu saat sang gitaris duduk dibangku SMP sekitar tahun 2004.

OK deh mereka mungkin tidak mengakui kalau lagu itu hasil jiplakan tapi disini saya akan mengupasnya, dan kita nantinya akan bisa menilai lagu “Hidupku Sepi Tanpamu” milik New Syclon ini MENJIPLAK lagu Shifter “Kaulah Nafasku” atau tidak.

*INFORMASI SEPUTAR SHIFTER BAND

Awalnya band ini bernama Postteraphy yang terbentuk sekitar tahun 1998-1999 yang dimotori oleh vocalisnya Bodink, dan menelurkan album bertitle “Taman” . Setelah sekian lama bergerak dijalur Indie mereka akhirnya dikontrak oleh label rekaman dan berganti nama menjadi SHIFTER dan mereka menelurkan 3 album yaitu ” USIA DINI” (2001)“YANG TERSEMBUNYI NAMUN NYATA” (2002) dan “BERHARAP” (2009).  Dan terakhir saya mendapat info band Shifter sudah berganti nama menjadi DISADA.

Band ini memang tak setenar band-band papan atas pada masa itu seperti Padi atau Sheila On 7 tapi lagu-lagunya banyak beredar di radio-radio dan merajai tangga lagu di banyak radio di Indonesia.

xftpy

Dan lagu “Kaulah Nafasku” itu ada di album ” YANG TERSEMBUNYI NAMUN NYATA” yang dirilis tahun 2002. Informasinya bisa di check di sini http://sinau4blog.wordpress.com/2010/08/26/discography-of-shifter-band/

Jadi saya membuat artikel ini bukan tanpa alasan ataupun bukti karna lagu “Kaulah Nafasku” sudah ada sejak tahun 2002 sementara New Syclon mengatakan kalau lagu tersebut dibuat tahun 2004 yang mungkin saat itu New Syclon sendiri belum terbentuk ( karna saya sendiri ga tahu New Syclon terbentuk tahun berapa).

*PERBANDINGAN

Sebelumnya kita lihat dulu videonya dan dengarkan lagunya

Berikut lagu milik  Shifter “Kaulah Nafasku”

Lagu tersebut memang tidak ada video klipnya, karena lagu Shifter Band  yang sudah ada video klipnya itu hanya lagu “Luka”

Sekarang kita dengarkan lagu milik New Syclon “Hidupku Sepi Tanpamu”

*LIRIK

Ini adalah lirik lagu “Kaulah Nafasku” milik Shifter Band.

Pernah terlintas di dalam hariku
Untuk pergi jauh tinggalkan dirimu
Pernah terlukis dalam batinku
Mencoba membunuh semua rasa ini

Reff :
Namun ku akui hidupku sepi tampamu
Dan tak ingin ku terpisah denganmu
Karna kaulah nafasku

Kucinta dirimu kubenci hadirmu
Yang slalu runtuhkan teguhnya janjiku
Mengapa kita mesti begini
Satu rasa harus terapung disini

Back To Reff

Kucinta dirimu lebih dari yang kau tahu
Meskipun ku perih bila kau ada disisiku
Dimanakah kini kau tempatkan aku melati
Diriku ingin diakui…

Back To Reff

Dan Ini Lirik Lagu “Hidupku Sepi Tanpamu” milik New Syclon

Pernah terlintas dalam hidupku

Untuk pergi jauh melupakanmu
Dalam batinku pernah terlukis
Mencoba membunuh smua rasa ini

Kucinta dirimu, kubenci hadirmu
Yg slalu runtuhkan teguhnya janjiku
Mengapa kita? Meski begini satu rasa harus terapung disini

Reff :
Namunku akui hidupku sepi tanpamu
Dan tak ingin ku berpisah denganmu. 2x

Apakah anda sudah menemukan persamaan dan perbedaanya?

saya sengaja mewarnai beberapa kata di lirik lagu “Hidupku Sepi Tanpamu” dengan warna yang berbeda itu agar kita bisa melihat dimana letak perbedaan dan persamaannya. Kata di baris pertama dan kedua yang saya beri warna merah itu menandakan kalau ada kata yang dirubah dari lirik “Kaulah Nafasku” dan yang saya beri tanda warna biru itu menandakan kalau kata dibait tersebut tidak dirubah kata-katanya tapi hanya diubah posisinya ( dibalik ) saja. Dan mungkin pembeda lagu “Kaulah Nafasku” dan “Hidupku Sepi Tanpamu” itu ada dikata-kata akhir reff yaitu dimana kalau dilagu “Kaulah Nafasku” ada kata-kata “…karna kaulah nafasku” sementara dilagu “Hidupku Sepi Tanpamu” kata-kata tersebut dihilangkan. Ya pastinya alasan dihilangkan kata-kata tersebut itu adalah untuk mengaburkan dan membuat seakan-akan lagu ini tidak menjiplak, soalnya kata-kata “…karna kaulah nafasku” di lagu milik Shifter tersebut pastinya sangat identik dengan lagu milik Shifter ini dan akan memunculkan opini penikmat musik kalau lagu itu pasti hasil jiplakan dari lagu Shifter karna memang lagu tersebut bertitle “Kaulah Nafasku” .

*PRESENTASE PERSAMAAN

Setelah melihat lirik kedua lagu tersebut diatas maka akan terlihat jelas dimana letak kemiripannya yang saya akui hampir 95 % mirip.

Kita lihat dilirik “Kaulah Nafasku” milik Shifter itu terdiri dari 15 Baris Bait yang jumlah kata-katanya ada 77 kata. Sementara itu lagu “Hidupku Sepi Tanpamu” itu terdiri dari 12 Baris Bait dan ada 62 kata.

*KESIMPULAN

Dilirik lagu “Hidupku Sepi tanpamu”  dapat dilihat ada 3 bait awal yang sedikit berbeda dengan lagu “Kaulah Nafasku”, yaitu adanya kata-kata improve dan perubahan posisi kata.

  • Dimana dibait awal kata kata “hariku” yang ada dilirik lagu “Kaulah Nafasku” diganti menjadi “hidupku”
  • Dibaris kedua kata “tinggalkan dirimu” diubah menjadi “melupakanmu”
  • Dibaris Ketiga posisi katanya diubah yaitu kalau di lagu “Kaulah Nafasku” itu berbunyi Pernah terlukis dalam batinku menjadi Dalam batinku pernah terlukis di lagu “Hidupku sepi tanpamu”
  • Dibagian Reff kata ” karna kaulah nafasku” di hapus
  • Dua baris terakhir lagu “Kaulah Nafasku” juga dihapus
  • Dari 12 Bait di lagu “Hidupku Sepi Tanpamu” 9 Baris bait sama persis dan 2 Bait awal berbeda dikata2 terakhir (improve) dan 1 Bait diubah posisi kata-katanya
  • Dari total 62 kata lagu “Hidupku Sepi Tanpamu” sebanyak 59 kata (urutan kata) sama persis dengan lagu “Kaulah Nafasku” kalau dalam prosentase itu sekitar 95,161 %
  • Urutan Bait dibuat acak yaitu dimana Reff yang ada di tengah diubah menjadi di terakhir

Setelah melihat penjelasan diatas anda bisa menyimpulkan sendiri apakah lagu “Hidupku Sepi tanpamu” milik New Syclone itu MENJIPLAK atau SEKEDAR MIRIP dengan lagu “Kaulah Nafasku” milik Shifter Band.

untitled2

Kalau dibilang itu karna unsur ketidak sengajaan dan murni hasil karya sendri tanpa adanya unsur terinfluens ( karna mereka mengaku tidak pernah mendengar lagu Kaulah Nafasku) itu sepertinya tidak mungkin karna kalau tidak sengaja pasti unsur kesamaannya tidak akan mencapai 9 Bait dan 59 urutan kata.

*PESAN

untitled

Dan sebenarnya tujuan dari pembuatan artikel ini bukan untuk menjugde atau menjatuhkan New Syclon tapi ini hanya sebagai kritikan saja agar lebih peka saat membuat karya. Sebuah kreatifitas memang perlu dihargai wlaupun sekecil apapun itu, dapat kita contohkan musisi sebesar Ahmad Dhani pun bersedia membayar sebuah lagu dari seseorang walaupun lagu tersebut liriknya hanya “neng neng nong neng” saja.

Secara keseluruhan saya akui saya tidak merasa tidak suka atau bahkan membenci New Syclon karna sudah membuat artikel ini, karena saya menghargai karya / lagu-lagu kalian kecuali yang satu ini. Karena sebagai penikmat musik dan penggemar lagu2 Shifter band saya merasa sedikit terganggu dengan adanya lagu “Hidupku Sepi Tanpamu” yang saya akui sangat mirip dengan lagu milik Shifter Band “Kaulah Nafasku”.

So, untuk kedepan mungkin seharusnya New Syclon bisa lebih menghargai karya orang lain dan bisa lebih peka lagi terhadap perkembangan musik di masa lampau.

Dan dari pernyatan2 New Syclon di Facebook saya hanya ingin mengatakan kalau seharusnya anda tahu visi misi dalam bermusik bagi anda itu apa? apakah hanya untuk ketenaran dan uang semata atau untuk memberikan karya terbaik anda untuk menghibur masyarakat.

Kalau hanya untuk ketenaran dan uang saya mungkin akan sedikit maklum kalau akhirnya anda mencoba memplagiat sebuah lagu orang lain ( karna liriknya memang bagus ). Tapi kalau untuk alasan lainnya saya hanya berpesan hargailah karya orang lain jangan seenaknya menjiplak dan mengubah nada serta judul lagu orang lain dan diakui menjadi karya anda.

 

Semoga artikel ini juga bisa memberi pencerahan kepada pihak2 yang merasa tidak terima dengan tuduhan saya.

Terima Kasih