Suporter Timnas Indonesia ternyata sempat diserang oleh suporter Timnas Malaysia yang menamakan dirinya Ultras Malaya. Penyerangan terjadi menjelang laga Timnas Indonesia melawan Timnas Laos di Minggu (25/11/2012) petang di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Ketika itu, sebanyak 15 suporter Indonesia yang hendak mendukung perjuangan Andik Vermansyah dkk berada di luar stadion. Mereka hendak memajang spanduk untuk foto-foto bersama.

Tanpa diduga, puluhan Ultras Malaya mendekat dan menyerang. Mereka menendang dan memukuli. Spanduk yang hendak dipasang pun dirampas. “Teman-teman tidak bisa melawan. Maklum kita kaget dan kalah jumlah. Kita hanya 15 orang sementara mereka jumlahnya puluhan. Bahkan, ada ratusan yang ada di situ. Tapi yang menyerang memang hanya puluhan,” turut Imam Mudhofar, salah satu saksi mata, Senin (26/11/2012) pagi ke beritajatim.com melalui BBM.

Pria berdarah Sunda yang mencintai Persib, Persebaya, dan Liverpool itu mengaku tidak ikut kena serangan. “Saya posisi agak jauh. Jadi tidak ikut terkena. Tapi juga tidak berani membantu. Mereka banyak sekali,” ujar mahasiswa Unair Surabaya yang berada beberapa bulan di Malaysia dalam rangka program pertukaran pelajar dengan Universitas Malaya Malaysia.

Ditambahkannya, suporter Timnas Indonesia sebenarnya lumayan banyak juga. “Mungkin ada ribuan tapi kita berpencar-pencar. Tidak bergerombol. Ketika kejadian, ada juga yang sudah berada di dalam stadion. Jadi teman-teman yang berangkat jam 2 siang, mereka selamat. Termasuk Bonek Malaysia, mereka berangkat siang. Tapi yang jam 5 sore, itu yang diserang,” katanya.

Yang cukup membuat Mudhofar kecewa, aparat keamanan Malaysia hanya menonton saja. “Melihat teman-teman diserang, polisi Malaysia tidak ada reaksi sama sekali. Mereka diam saja. Untung teman-teman tidak ada yang terluka parah,” katanya.

Mudhofar memprediksi, situasi panas bakal kembali terulang ketika Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia pada hari Sabtu (1/12/2012). “Tidak tahu ini kita berangkat atau tidak. Selain repot dengan tugas, kita takut akan ada serangan lebih keras,” katanya.

Sekadar diketahui, pada laga kemarin, Indonesia ditahan imbang dengan skor 2-2 oleh Laos. Sementara itu, Malaysia dipermalukan 0-3 oleh Singapura.