Terkadang, dalam sebuah karya musik memang suka ditemukan kesamaan nada. Tapi, lagu band Wali berjudul ‘Tobat Maksiat’ disebut-sebut dijiplak oleh musisi kamboja secara keseluruhan dari nada dan aransemen lagu. Waduh!

Sebuah lagu berjudul Chob Paroy milik penyanyi asal Kamboja, Keo Veasna, disebut sangat mirip dengan lagu Tobat Maksiat (Tomat) milik Apoy cs. Dalam video yang diunggah di YouTube, 30 Juli 2012, tampak Veasna membawakan lagu Chob Paroy tersebut di atas panggung.

Setelah didengarkan secara seksama, yang membedakan dari ‘Tobat Maksiat’ dengan ‘Chob Paroy’ hanyalah dari lirik. Mulai aransemen, nada, hingga gaya bernyanyi juga sama persis.



“Memang kami baru dapat kabar ini dua hari lalu, ini sungguh kabar yang sangat mengejutkan buat kam,” ucap Faank sang vokalis ketika ditemui di Pulogadung Trade Center, Jakarta Timur.Ketika mendengar kabar tersebut, para personel Wali langsung membandingkan lagunya dengan lagu Keo Veasna. Bagaimana pendapat mereka?

“Satu persennya lirik beda, 99 persen sama,” ujar Faank sambil menambahkan jika mereka merilis lagu tersebut sejak 2009 lalu.

“Kami sangat ingin bertemu langsung dengan mereka. Sekarang masih kami rencanakan,” tambah Faank.

BERIKUT LAGU CHOB PAROY YANG MEMILIKI KESAMAAN DENGAN LAGU TOBAT MAKSIAT
DAN INI LAGU ASLINYA MILIK WALI