Zhang ZiyiAktris Cina Zhang Ziyi saat ini tengah menjalani investigasi seputar skandal seksnya dengan mantan Menteri Perdagangan Cina Bo Xilai.

Menurut beberapa sumber yang menangani kasus ini, Zhang telah dilarang ke luar negeri selama proses investigasi berlangsung. Hal ini menjawab pertanyaan seputar penyebab dia menolak untuk hadir di Festival Film Cannes, ajang persaingan film terbarunya “Dangerous Liaisons”. Dia juga menolak undangan untuk memberikan penghargaan Palme d’Or dalam festival tersebut.

Keterlibatan Zhang dalam skandal dengan Bo, diyakini telah diatur oleh pejabat pemerintahan lain yang sekaligus rekan Bo, Xu Ming, pemilik dan bos dari Dailian Shide Group.

Zhang setuju untuk tidur bersama Bo dengan bayaran 10 juta Yuan atau Rp 15 miliar. Mereka telah bertemu setidaknya 10 kali antara 2004 hingga 2007, seperti dikutip dari media di Cina.

Dalam kurun waktu 3 tahun, Zhang diduga juga dikenalkan ke pejabat pemerintahan lain melalui Xu, dan tidur dengan mereka. Diperkirakan Zhang Ziyi menerima pendapatan hingga 700 juta Yuan atau Rp 1 triliun dari transaksi-transaksi tersebut.