Jakarta – Majalah Vogue kembali menjadi buah bibir karena menampilkan seorang anak perempuan pada cover. Aksi anak perempuan yang berdandan bagai wanita dewasa itu mendapat kecaman cukup keras.

Thylane Loubry Blondeau, model perempuan yang baru berusia 10 tahun itu tampil menggoda untuk majalah Vogue Paris edisi Januari. Seperti yang dikutip dari ABCNews, Blondeau berpose layaknya wanita dewasa dengan mengenakan make-up tebal, busana Haute Coture dan hak tinggi.

Hal ini menimbulkan kontroversi dari beberapa organisasi kemanusiaan. Mereka merasa marah karena seorang anak kecil harus menampilkan daya tarik seksual seperti wanita yang usianya dua kali di atasnya. Cover dan foto di dalam majalah tersebut juga dirasa dapat menimbulkan ide-ide tidak sehat mengenai cara pandang anak-anak dan remaja terhadap diri mereka sendiri.

Adanya kasus ini, membuat Reg Bailey, Chief Executive of the Mothers’ Union melakukan tinjauan pada tekanan yang dihadapi oleh anak-anak belakangan ini. Menurutnya yang harus dipertanyakan mengenai masalah ini adalah majalah dan agensi model yang mempekerjakan anak tersebut.

“Kami memiliki keprihatinan serius terhadap agensi model, tempat dimana Blondeau bekerja. Anak itu jelas tidak mengerti apakah foto tersebut baik untuk anak atau orang dewasa,” ujar Bailey.

Sebuah survei mengungkapkan, 88 persen orang tua setuju bahwa anak-anak berada di bawah tekanan untuk menjadi dewasa terlalu cepat, dan 58 persen mengatakan bahwa kasus ini adalah pengaruh selebriti. Para ahli juga memperingatkan mengenai implikasi psikologis anak-anak dan remaja dalam industri model.

Blondeau sendiri merupakan gadis asal Paris, Prancis yang pernah tampil sebagai cover majalah Vogue Enfants, majalah khusus anak dan orang tua serta beberapa halaman fashion untuk majalah Elle. Ia bahkan sempat berjalan di atas runway untuk Jean Paul Gaultier pada usianya baru mencapai 5 tahun.

Pemotretan majalah dengan menggunakan anak perempuan yang berdandan bak wanita dewasa, bukanlah hal yang pertama kali untuk Vogue. Sebelumnya majalah tersebut juga pernah menampilkan foto yang tak jauh berbeda, dan tentu saja menuai kontroversi.

Source : http://www.wolipop.com/read/2011/08/…-paris-dikecam

Keterlaluan.