Foto : Obama bersama Michelle dan anjingnya, Bo (AP)

 Isu penanganan hewan peliharaan khususnya anjing, cukup mewarnai kampanye pemilu Presiden Amerika Serikat (pilpres AS). Presiden Barack Obama cukup mendapat kritikan karena pernah memakan anjing, namun Mitt Romney sempat mengurung anjingnya di kandang dan mengikatnya di atas mobil.

Pembahasan mengenai isu anjing muncul ketika istri dari Romney, Ann Romney menceritakan anekdot tentang keluarganya yang berlibur ke Kanada pada 1980 silam. Dalam perjalanan ke Kanada, Romney memasukkan anjingnya yang bernama Seamus ke kandang dan menaruh kandang anjingnya di atas mobil yang mereka tumpangi.

Aktivis pecinta hewan cukup menyesalkan perilaku Obama ketika seorang blogger mengatakan, Obama pernah menyantap daging anjing saat dirinya tinggal di Indonesia. Cerita Obama memakan anjing bahkan tertuang dalam buku yang berjudul Dreams from My Father yang ditulis sendiri oleh Obama pada 1995 silam. Buku itu menceritakan ayah angkat Obama Lolo Soetoro.

“Bersama Lolo, saya belajar bagaimana memakan paprika kecil berwarna hijau dengan nasi putih yang cukup banyak. Saya juga diperkenalkan dengan daging anjing, ular, dan belalang,” demikian yang ditulis Obama dalam bukunya, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (19/4/2012).

Selain memusatkan perhatiannya dalam menyusun rangkaian strategi politik, tim kampanye Obama dan Romney juga saling menghasut dengan membuat cerita-cerita yang memenuhi headline media massa.  

Tim kampanye Obama bahkan mengunggah foto Obama bersama anjingnya, Bo, di dalam mobil Presiden AS. Foto yang diunggah di jejaring sosial twitter itu terlihat menjadi tamparan bagi Romney yang mengurung anjingnya dan menempatkannya di atas kap mobil. Meski demikian, tim kampanye romney langsung menuliskan komentar di foto itu dengan mengatakan, “ada sosok mengerikan di belakang anjing itu.”

Di tengah maraknya perang anjing antara tim kampanye Obama dan Romney, mantan Kandidat Presiden AS, Senator John McCain langsung membalas komentar.

“Wow, itu bukanlah pemilu yang hebat bagi seorang pecinta anjing! Keluarga saya punya empat anjing dan orangtua saya terobsesi untuk memelihara mereka #hanyabercerita,” ujar McCain dalam akun twitternya