Bagi keyakinan Kabbalah, angka 33 mengandung arti yang sangat suci. Dalam struktur keangg otaan Freemasonry, seorang Grandmaster menempati posisi 33°. Dalam banyak hal di dunia ini, secara kebetulan atau tidak, arti 33° ternyata mengandung arti atau makna yang sungguhsungguh penting, dan mencengangkan! Coba sekarang hamparkan peta dunia, lalu cari titik pertemuan antara 33° lintang utara (33°LU) dengan 33° bujur timur (33°BT) dari garis meridian atau yang lebih akrab disebut titik 0 penentuan waktu dunia (Greenwich). Anda jangan kaget jika di titik pertemuan antara 33°LU dengan 33°BT anda akan menemukan sebuah kota yang sangat dekat dan terkenal ke seantero dunia, tempat
terjadinya peperangan akhir zaman (Armageddon), yakni kota Yerusalem (Al-Quds). Titik inilah titik paling panas sepanjang sejarah manusia, tempat peperangan abadi antara al-haq melawan al-bathil, antara hamba-hamba Allah SWT melawan hamba-hamba Iblis, dan tempat di mana Rasulullah SAW bermi’raj ke Sidratul Muntaha, lapisan langit ke tujuh!

Banyak peristiwa penting dan juga misteri besar dunia terjadi di sekitar 33° LU. Peperangan, konflik, tindak kekerasan, pusat hiburan, dan wilayah yang paling banyak dihuni manusia, ternyata juga ada di sekitar 33° LU. Kota-kota besar bersejarah terkait ritual Mason dan juga korban para Mason—yang berada di sekitar lokasi ini antara lain: Washington DC, Las Vegas, Hollywood, Los Angeles, Hiroshima, Kabul- Afghanistan, Teheran, dan Bagdad.
Wilayah 33°LU juga dekat dengan lokasi-lokasi magis dunia seperti Segitiga Bermuda, Pegunungan Harran (kaum Kabbalah di Utara Irak), Piramida Mesir, Laut Mati, New Mexico (UFO 1947), dan juga kota Atlantis yang hilang (dekat Gibraltar).
Segala sesuatu yang terkait dengan keunikan letak geografis ini telah menarik perhatian sejumlah peneliti. Salah satunya adalah James Shelby Downard (1913-1998) yang menulis sebuah artikel berjudul “Sorcery, Sex, Assassination and the Science of Symbolism” yang mencoba menganalisa kaitan antara kasus penembakan JFK yang terjadi pada tahun 1963 dengan letak geografis, nama, serta simbol seputar pembunuhan tersebut. Presiden Kennedy ditembak saat berada dalam limousin di Elm Street, Dallas, sebuah kota yang berada di dekat 33°LU.

Beberapa Peristiwa Penting Masonik Amerika di sekitar garis 33°LU
Pada tahun 1756 bertempat di Charleston, South Carolina, lahir Rite Masonry di Amerika Serikat, dan terletak hanya 15 mil dari garis 33°LU.
Tanggal 12 April 1945, menjelang akhir PD II, Presiden Franklin D. Roosevelt meninggal mendadak akibat pendarahan otak di Warm Springs, Georgia, sebuah wilayah yang terletak di 33°LU. Kata-kata terakhir Roosevelt adalah, “Aku sangat sakit kepala!”. Catatan rekam medisnya hilang, tak pernah ditemukan. FDR merupakan seorang tokoh Mason.
Pengganti Roosevelt adalah Harry S Truman. Huruf S pada namanya bukan sebuah singkatan, tapi setelah duduk di level 33°, Truman diam-diam mengubah huruf S jadi singkatan dari Solomon. Truman pula yang mengawali era nuklir Amerika. Uji coba bom atom pertama dilakukan di daerah Almagordo, White Sands, New Mexico, yang berada di 33°LU.
Tanggal 6 Agustus 1945, pukul 8.15 am, pesawat bomber B29 Enola Gay nomor misi 13,membawa bom atom untuk dijatuhkan di Hiroshima, Jepang. Hiroshima berada di 33°LU.
Yang juga menarik adalah, selain angka 33, angka 13 juga merupakan angka sakralkaum Kabbalah. Tahun 1935, Paul Foster Case pernah menulis bahwa sejak tahun 1776 ketika angka 13 adalah bagian dari simbol “The Great Seal”, angka tersebut telah menjadi bagian penting dalam sejarah Amerika. Tiga belas bagian yang membentuk piramid merepresentasikan 13 periode, di mana tiap periode adalah 13 tahun, atau setara dengan 169 tahun (13 x 13). Jika dihitung, sejak tanggal 4 Juli 1776 sampai dengan tanggal 4 Juli 1945 adalah 169 tahun! Dan dari tanggal 4 Juli 1945 sampai tanggal 6 Agustus 1945 (Hiroshima) berselisih 33 hari! Believed or not?
Pada tahun 1963, Presiden JFK tewas ditembak di Dealey Plaza, Dallas, Texas, yang berada di kawasan 33°LU, tanggal 22-11-1963 (22+11=33?). Dealey Plaza merupakan Loji pertama Mason di Dallas.
Pada 5 Juni 1968, selang beberapa waktu setelah Robert F. Kennedy (RFK) memenangkan pemilihan di California sebagai senator, ia ditembak di Hotel Ambassador di Los Angeles, California, yang terketak di posisi 33°LU. CIA diduga kuat berada di belakang pembunuhan tersebut.
Januari 1991, saat berkobar Perang Teluk, PBB menetapkan zona larangan terbang di 33°LU!
Tahun 1993, di Waco, Texas, yang terletak di sekitar 33°LU berdiri Loji Mason untuk Texas.
Pada 13 Maret 1997, di saat kegiatan syuting “Titanic”, sutradara James Cameron diam-diam pergi ke Phoenix, Arizona, untuk mendapatkan level Mason yang ke 32°. Phoenix adalah kota yang terletak di garis lintang 33°.
Pada 5 November 1998, film Titanic diputar secara perdana di Houston, Texas. Houston adalah sebuah kota yang terletak dekat dengan garis lintang 33°. Pemutaran filmnya secara resmi dimulai pukul 3.33 pm. (thanks for Wishnu Hardi essays “Mason and 33 Degree Parralel”, 2006).

sumber : ZILZAAL: Misteri 33 Derajat