Pentas Opera Van Java (OVJ) di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu, 17 Maret 2012, malam, diwarnai oleh kejadian yang unik, yakni Walikota Solo melompat pagar pembatas.

Meskipun telah disediakan tempat duduk VIP di bagian depan panggung, namun Jokowi (sapaan akrab Walikota Solo) lebih memilih untuk lompat pagar dan berbaur dengan penonton yang duduk lesehan beralaskan koran bekas.

“Tadi spontan saja melompat pagar pembatas karena saya ingin bersama warga masyarakat duduk menonton OVJ,” ujar dia, Sabtu, 17 Maret 2012, malam.

Jokowi pun mengaku tidak enak jika menontonnya sambil duduk di kursi VIP yang telah disediakan panitia. “Nggak enak aja mas duduk di kursi padahal warga masyarakat menonton lesehan gitu,” terangnya.

Aksi melompat pagar Jokowi pun terulang lagi ketika dia pindah ke bagian sisi utara panggung pentas lawakan Sule cs. Tak ayal, petugas panitia dari salah satu stasiun televisi tersebut pun kewalahan untuk mengamankan Jokowi.

“Tadi saya pindah lompat pagar ke sisi utara supaya bisa merasakan semuanya. Tadi kan saya juga putar-putar biar bisa menyatu dengan masyarakat,” paparnya.

Ulah Jokowi melompat pagar dan duduk lesehan tersebut pun diacungi jempol oleh komedian Sule. “Pak Walikota Solo memang sangat merakyat karena mau duduk lesehan bersama warga,” tutur dia.