Jika Anda sering menerima pesan singkat SMS yang berisi Anda telah memenangkan uang dalam jumlah besar dari para penipu di Indonesia, kini Anda harus semakin berhati-hati.

Pasalnya, para penipu itu kini tak hanya datang dari Indonesia, tetapi dari luar negeri.

Cara pertama yang mereka gunakan adalah melakukan miscalled ke nomor yang hendak mereka kirimi SMS. Jika nomor itu aktif, sehari kemudian mereka mengirimkan SMS yang berisi Anda telah memenangkan sejumlah hadiah uang yang cukup besar.

Berikut salah satu isi SMS percobaan penipuan tersebut:
Your Mobile number has won 500,000GBP in the Blackberry Awards. To claim your prize send email to:blackberry.prom.uk@hotmail.com or call +447024098125

Nomor yang menelepon berasal dari Nigeria, yaitu +2347053958037. Negara ini dikenal sebagai pelaku scammer terkenal di dunia atau sering disebut “Nigerian 419 scam”.

Bila Anda menerima SMS dengan isi tersebut, abaikan saja, atau lebih baik langsung hapus saja. Karena bila Anda meresponsnya, misalnya dengan mengirim e-mail ke alamat yang tercantum, selanjutnya Anda akan “dituntun” mentransfer sejumlah uang untuk mengklaim hadiah “palsu” sebesar 500.000 poundsterling tersebut.

Sumber :