detail berita

Ilustrasi (Foto: ZDnet)

CALIFORNIA – Anggapan bahwa foto yang dihapus di Facebook benar-benar lenyap, ternyata salah. Dilaporkan oleh pengguna Facebook, foto tersebut masih bisa diakses bahkan tiga tahun setelah dihapus.

Dilansir Daily Mail, Selasa (7/2/2012), dihapusnya foto di Facebook, tidak hilang tapi masih bisa diakses oleh siapa saja dengan link yang dimiliki oleh foto tersebut. Hal ini pun diakui oleh Facebook, bahwa sistem perusahaan tersebut tidak selalu menghapus gambar dalam jangka waktu yang wajar.

Tentu saja berita yang tersebar itu mengejutkan bagi pengguna, yang pernah mengandalkan fungsi penghapusan untuk menghilangkan foto yang mereka anggap memalukan. Meskipun tidak semua foto yang dihapus masih tetap ada, tapi dilaporkan jumlahnya cukup signifikan.

Normalnya, foto yang dihapus memang menghilang dari jejaring sosial tersebut jika membuka album foto. Tapi yang tidak diketahui adalah, foto akan tetap terlihat oleh siapa saja dengan URL link yang dimiliki foto tersebut.

Itu berarti, jika foto telah beredar melalui email maka akan tetap dapat dilihat bagi siapa saja yang memiliki link dan meng-kliknya. Terbukti ketika situs teknologi, Ars Technica melaporkan bahwa gambar seorang balita telanjang, yang dianggap telah dihapus pada 2008 masih terlihat pada Februari 2012.

Pihak Facebook pun telah berulang kali berjanji untuk memperbaiki masalah dengan sistem yang digunakan untuk menghapus foto. Hal itu dilakukan, setelah pengguna jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut menyatakan bahwa gambar yang yang dihapus cenderung masih tetap ada.

http://techno.okezone.com/read/2012/02/07/55/570795/foto-facebook-yang-dihapus-tidak-lenyap-3-tahun